Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 12 Januari 2024 - 16:26 WIB

Mendorong Pencapaian SDGs, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan dan Pemasangan Poster Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Doc. Kegiatan Penyuluhan dan Pemasangan Poster Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap (Istimewa)

Doc. Kegiatan Penyuluhan dan Pemasangan Poster Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap (Istimewa)

Bulu Tellue, 12 Januari 2024 – Mahasiswa Posko 32 PBL II FKM Unhas melakukan penyuluhan dan pemasangan poster pentingnya imunisasi bagi bayi dan balita di kantor desa Bulu Tellue, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Imunisasi adalah suatu upaya untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan sehingga sangat penting anak diimunisasi sesuai jadwal yang direkomendasikan agar terhindar dari berbagai penyakit yang seharusnya bisa dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Penyuluhan dan pemasangan poster Imunisasi Dasar Lengkap dilaksanakan berdasarkan data yang telah dikumpulkan pada PBL 1 bahwa ada beberapa jenis imunisasi yang cakupannya masih di bawah 80%. Oleh karena itu, diadakan penyuluhan mengenai pentingnya imunisasi dasar lengkap guna untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta, sehingga diharapkan bisa meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap anak di Desa Bulu Tellue.

Baca Juga  Seminar Awal Mahasiswa PBL 2 Posko 12 FKM Unhas: Upaya Peningkatan Kesehatan di Desa Kabba

Penyuluhan dilakukan dengan sasaran Ibu hamil, orang tua yang memiliki anak usia baduta maupun balita. Penyuluhan ini juga dihadiri oleh kader-kader kesehatan. Materi penyuluhan dibawakan salah satu anggota posko 32 oleh Nurul Kalbi dan dimoderatori oleh Putri Ainayah Salsabila. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah yang diawali dengan pengisian pre-test dan di akhiri dengan pengisian post-test. Mahasiswa Posko 32 juga membagikan leaflet berupa penjelasan singkat dari materi yang dijelaskan agar dapat dibaca kapan dan dimanapun. Selain itu, dilakukan pemasangan poster di beberapa titik, seperti Puskesmas Pembantu dan Posyandu Cahaya Bakti dengan tujuan memberikan informasi dengan sasaran yang lebih luas mengenai imunisasi dasar lengkap dan jadwal imunisasi.

Baca Juga  Berantas Penyakit Tidak Menular : Mahasiswa Posko 9 Praktik Belajar Lapangan (PBL) II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Melakukan Deteksi Dini dan Penyuluhan Hipertensi Bersama Puskesmas Kalabbirang
Doc. Penyuluhan dan Pemasangan Poster Imunisasi Dasar Lengkap (Istimewa)

Dengan dilakukannya serangkaian penyuluhan dan pemasangan poster imunisasi dasar lengkap pada anak, diharapkan adanya peningkatan dan kesadaran para orang tua bahwa pentingnya memberikan imunisasi secara lengkap pada anak.

Kegiatan penyuluhan dan pemasangan poster imunisasi mendorong pencapaian target tujuan SDGs poin ke-3, dengan memberikan perlindungan terhadap penyakit menular yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian, seperti campak, polio, dan difteri. Dengan memprioritaskan imunisasi, masyarakat dapat bergerak menuju tercapainya berbagai SDGs yang bersifat holistik, menciptakan dunia yang lebih sehat, berkeadilan, dan berkelanjutan untuk semua.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa Posko 2 PBL II FKM UNHAS Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS di Balocci Baru Melalui Penyuluhan Interaktif dan Kreatif

Berita

WFH BEM FKM Unhas: Promosi Hidup Sehat Tanpa Hipertensi di Kelurahan Untia, Makassar

Berita

TIM PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) FKM UNHAS MENERIMA BANTUAN MODAL USAHA

Berita

Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan FKM Unhas siap menggelar The 1st International Conference on Health Policy and Public Health (ICHP-PH) 2024

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Edukasi CTPS di SDN Padang 03, Selayar untuk Penurunan Stunting

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Keluarga Berisiko Stunting Tentang ASI dan MP-ASI di Desa Bontosunggu

Berita

Posko 31 FKM UNHAS Menggelar Seminar Awal PBL II: Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Biraeng

Berita

Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas Turut Berperan dalam Penurunan Stunting dengan Dinas Kesehatan Pangkep