Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 27 Mei 2024 - 13:32 WIB

Generasi Baru Kesehatan Masyarakat : Yudisium Mei 2024 FKM Unhas

Doc. Peserta Yudisium Periode Mei 2024 (Istimewa)

Doc. Peserta Yudisium Periode Mei 2024 (Istimewa)

Senin, 27 Mei 2024-Aacara yudisium dan pelepasan alumni periode Mei 2024 tahun akademik 2023/2024 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM UNHAS) diselenggarakan di ruang Prof. Dr. Nur Nasri Noor, MPH, K-225, lantai 2 FKM UNHAS. Pimpinan FKM Unhas, termasuk Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Program Studi S1, S2, dan S3, Pimpinan Departemen, Guru Besar, IKA FKM Unhas, Lembaga Kemahasiswaan FKM Unhas, dan staf akademik, hadir di acara tersebut.

Berdasarkan laporan dari  Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes, Total peserta yudisium periode Mei 2024 sejumlah 43 orang yang terdiri atas 20 orang dari Program Sarjana, 20 orang dari Program Magister, dan 3 orang dari Program Doktor.

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin sangat terkenal dengan pencapaian akademik mereka yang luar biasa. Banyak di antara mereka lulus setiap tahun dengan IPK tinggi dan masa studi yang efektif. Prestasi tersebut kembali terbukti dengan hadirnya sejumlah mahasiswa yang berhasil lulus di Periode Mei 2024 ini dengan predikat Cum Laude. Menurut predikat kelulusan, sebanyak 16 orang dari Program Sarjana dan 9 orang dari Program Magister yang menerima predikat Cum Laude, sedangkan untuk Program Doktor, semua lulusan pada periode ini menerima predikat sangat memuaskan.

Baca Juga  FKM Unhas Lanjutkan Semangat PKKMB dengan Penanaman Bibit Pohon (Ketapang, Kencana & Tabebuya) dan Gerakan Unhas Hijau

Secara khusus, beberapa siswa menonjol karena mampu menyelesaikan sekolah dalam waktu yang lebih singkat dari biasanya sambil mempertahankan IPK yang luar biasa. Prestasi ini menunjukkan kecerdasan, dedikasi, dan kerja keras mereka untuk penelitian. Contoh nyata pada periode ini adalah dengan pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik Program Studi S1, S2, dan S3 tingkat FKM Unhas berdasarkan SK Dekan No. 00533/UN4.14/KEP/2024 terpilih Husnun Maisarah dari Prodi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat yang meraih IPK 3,99 dengan masa studi selama 3 tahun 8 bulan, Nur Astuti dari Prodi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan yang mencapai IPK 4,00 dengan lama studi 1 tahun 2 bulan, serta Nilam Noorma yang meraih IPK 3,97 dengan lama studi 3 tahun 7 bulan. Ketiga alumni terbaik mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan taplus masing-masing sejumlah Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah).

Doc. Lulusan terbaik Program Studi S1, S2, dan S3 (Istimewa)

Pada acara yudisium tersebut juga dilakukan pula proses penyerahan secara simbolis lulusan kepada ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) yang di wakili oleh Ketua Harian IKA FKM Unhas, Dr. Azri Rasul, SKM., MSi., MH. yang menekankan dalam sambutannya agar para alumni selalu memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan diri agar bisa bersaing nantinya pada saat proses mencari peluang selepas wisuda. Beliau juga berpesan kepada para peserta yudisium agar dapat  memberikan peranan tak hanya kepada masyarakat namun kepada almamater tercinta khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas yang dapat dimulai dengan berkontribusi untuk program dana abadi.

Baca Juga  Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas adakan Gerakan Sadar Gizi

Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, M.Sc.PH, Ph.D, juga turut mengucapkan selamat kepada para lulusan atau peserta yudisium melalui sambutannya. menekankan betapa pentingnya untuk mempertahankan semangat belajar. Beliau sangat menganjurkan siswa untuk terus belajar setelah lulus. Prof. Sukri juga mengimbau siswa untuk memanfaatkan kesempatan belajar di luar negeri, terutama di universitas yang telah bekerja sama dengan FKM Unhas. “Kami memiliki banyak mitra internasional yang siap menerima mahasiswa kami untuk melanjutkan studi mereka di sana.” Beliau menyatakan bahwa ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk memperluas wawasan, memperoleh pengalaman berharga, dan membawa ilmu pengetahuan yang lebih luas kembali ke Indonesia. Diharapkan para lulusan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam bidang kesehatan masyarakat di tingkat nasional dan internasional.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelar Seminar Program Kerja untuk Penurunan Stunting di Bontoharu, Selayar

Berita

Dosen FKM Unhas Ajak Mahasiswa Universitas Mandala Waluya Kendari Terapkan KAP

Berita

Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas di SMAN 9 Makassar: Pendampingan SUNSAGI (Sekolah Unggul Sadar Gizi)

Berita

Posko 17 PBL FKM Unhas Ajak Ibu Balita di Kelurahan Ma’rang untuk Wujudkan Generasi Cemerlang melalui Imunisasi Dasar pada Anak

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Gelar PKKMB 2023: Memperkenalkan 7 Karakter Unggul Mahasiswa Baru

Berita

FKM Unhas Adakan FGD untuk Rancang Konsep PBL 2023

Berita

FKM Unhas:Raih Gelar Juara 1 dalam Lomba Bulutangkis antar Fakultas se-Unhas

Berita

FKM Unhas Lanjutkan Semangat PKKMB dengan Penanaman Bibit Pohon (Ketapang, Kencana & Tabebuya) dan Gerakan Unhas Hijau