Home / Berita / Pendidikan / Regional

Rabu, 17 Januari 2024 - 13:43 WIB

Peningkatan Awareness HIV AIDS Di Desa Coppo Tompong Melalui Pemasangan Media Edukasi Poster Oleh Mahasiswa PBL II FKM UNHAS

Doc. Kegiatan Pemasangan Poster mengenai HIV AIDS di Desa Coppo Tompong (Istimewa)

Doc. Kegiatan Pemasangan Poster mengenai HIV AIDS di Desa Coppo Tompong (Istimewa)

Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan II dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) sukses melaksanakan kegiatan pemasangan media edukasi berupa poster mengenai HIV AIDS di Desa Coppo Tompong. Kegiatan ini dilakukan selama empat hari, mulai 14 hingga 17 Januari 2024, dengan penempatan poster di tujuh lokasi strategis di Desa Coppo Tompong.

Keberhasilan pelaksanaan intervensi ini dapat tercapai berkat dukungan maksimal dari para pemangku kepentingan yang terlibat. Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D, selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan kegiatan ini. Begitu juga dengan Dr. Nurzakiah, SKM, MKM, sebagai Supervisor Posko 26, yang turut andil dalam memastikan kelancaran intervensi dan pencapaian tujuan yang diinginkan. Tidak kalah pentingnya, Kepala Desa Coppo Tompong, Bapak Makmur, juga turut serta dalam memberikan dukungan sepenuhnya terhadap kegiatan ini. Partisipasi dan dukungan dari pihak desa merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan intervensi yang berdampak positif pada masyarakat.

Baca Juga  Tingkatkan Pengetahuan HIV/AIDS pada Masyarakat, Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Adakan Nobar Short Film di Masjid Desa Panaikang sebagai Upaya Mendukung Tujuan SDGs ke Tiga

Pemasangan poster dilakukan di empat Posyandu (Posyandu Samelang, Baronang, Cakalang & Titang), satu di Poskesdes, satu di Sekolah Desa Coppo Tompong, dan satu di Poskamling Kajuara. Inisiatif ini dimulai dengan kunjungan ke tujuh lokasi yang menjadi sasaran, di mana mahasiswa PBL II FKM Unhas tidak hanya melakukan pemasangan poster, tetapi juga berdiskusi dengan warga sekitar tempat pemasangan. Diskusi tersebut bertujuan untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga poster agar dapat bertahan lama dan memberikan manfaat maksimal bagi warga sekitar.

Kegiatan ini memiliki tujuan utama, yaitu memberikan informasi yang komprehensif mengenai HIV AIDS kepada masyarakat Desa Coppo Tompong. Pemasangan poster di tempat-tempat strategis ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap risiko HIV AIDS, serta memberikan pengetahuan dasar mengenai pencegahan dan penanganannya.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Penurunan Stunting Lakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak SD di Selayar

Pemasangan media edukasi poster HIV AIDS ini sangat relevan dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini berkontribusi pada pencapaian Target 3.3 SDGs, yang menekankan pengendalian penyakit menular, termasuk HIV AIDS. Selain itu, upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat di bidang kesehatan juga mendukung Indikator 3.3.1 yang menuntut pengurangan insiden HIV AIDS.

Dengan dilaksanakannya Praktik Belajar Lapangan (PBL) II, harapan besar terletak pada kontribusi yang signifikan yang dapat diberikan oleh mahasiswa Posko 26 FKM UNHAS dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Fokus utama dari praktik ini adalah terkait pencegahan HIV AIDS di Desa Coppo Tompong, Kabupaten Pangkep. Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan intervensi yang efektif, serta memberikan edukasi yang bersifat preventif dan informatif.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Bimbing Ibu-ibu Desa Bontotangnga dalam Pembuatan Makanan Sehat: Bolu Kukus Daun Kelor

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Berpartisipasi dalam Unhas Open Day 2024

Berita

Dukung Agenda SDGs, Tim Departemen PKIP FKM Unhas Latih KAP Kader Posyandu untuk Tingkatkan Cakupan Imunisasi Rotavirus

Berita

WFH BEM FKM Unhas: Promosi Hidup Sehat Tanpa Hipertensi di Kelurahan Untia, Makassar

Berita

Universitas Hasanuddin Menggelar Kuliah Tamu Bertema “Ekuitas Termal: Perlunya Pendinginan yang Adil dan Inklusif Untuk Mengatasi Krisis Iklim di Perkotaan Asia Tenggara

Berita

Mahasiswa PBL FKM Unhas Mengadakan Intervensi Terkait Bahaya Merokok dengan Tema PINTAR; “Pelajar Interaktif Tolak Asap Rokok” di SDN 38 TamarUPA, Desa Tamarupa

Berita

Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Training of Trainer KAP Unicef di Tangerang

Berita

Tim Dosen Unhas Bersama BKKBN Percepat Penurunan Stunting di Bantaeng