Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 15 Januari 2024 - 17:56 WIB

Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan 2 Posko 23 FKM Unhas Melaksanakan Program Penyuluhan dan Praktik Pijat Laktasi dalam Upaya Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs): Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui di Desa Tamangapa, Kabupaten Pangkep

Doc. Penyuluhan dan Praktik Pijat Laktasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Istimewa)

Doc. Penyuluhan dan Praktik Pijat Laktasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Istimewa)

Tamangapa, 15 Januari 2024 – Dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu hamil dan menyusui, sebuah program inovatif yang berfokus pada penyuluhan dan praktik pijat laktasi telah dilaksanakan di Desa Tamangapa, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep.

Dengan upaya untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), mahasiswa PBL 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin membawa inovasi melalui program ini, yang secara khusus ditujukan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang pijat laktasi kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Pijat laktasi dianggap sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan produksi ASI dan kesejahteraan ibu serta bayi.

Baca Juga  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Menggelar "Launching Misi Zero Botol Plastik"

“Besar harapan bahwa program ini dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak dan program ini dapat diimplementasikan secara mandiri” ucap penanggung jawab program, Nadya Dwi.

Program ini diimplementasikan di Poskesdes Butiti, Desa Tamangapa dengan dihadiri oleh sejumlah kader kesehatan dan bidan desa, sebagai upaya nyata kerjasama pusat kesehatan masyarakat untuk mendukung peningkatan kesehatan. Harapannya, program ini tidak hanya memberikan manfaat sekarang, tetapi juga menciptakan perubahan positif jangka panjang dalam hal kesehatan dan kesejahteraan.

Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan menyusui dengan mendorong praktik pemberian ASI eksklusif untuk memberikan nutrisi optimal kepada bayi, mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, sesuai dengan target SDGs 3.4. Selain itu, program ini diharapkan mampu memberikan dampak positif melalui edukasi dan tindakan nyata. Pemberian pengetahuan dan praktik ditujukan untuk menambah pengetahuan ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga  Workshop Pemutakhiran Kurikulum K-23 Prodi S1 dan S2 Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS

Dengan adanya program ini, diharapkan kesehatan ibu hamil dan bayi di Desa Tamangapa dapat ditingkatkan, menciptakan generasi masa depan yang lebih sehat dan kuat.

Share :

Baca Juga

Berita

Tingkatkan Wawasan Mahasiswa Mengenai Kesehatan Global, Departemen AKK FKM Unhas Menggelar Kuliah Tamu Internasional

Berita

Tim Pengabdian FKM Unhas Gelar Pelatihan Peer Educator di SMA Negeri 7 Takalar

Berita

FKM Unhas dan BAPANAS Teken Kerjasama untuk Penguatan Pangan dan Gizi

Berita

Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Besar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan HIV/AIDS Melalui Media Poster Untuk Mendukung Tercapainya SDGs 3.3 di Kelurahan Attangsalo

Berita

Mahasiswa PBL II Posko 16 FKM Mengintegrasikan Edukasi Pada Siswa SD Terkait Jenis Sampah Melalui Games Recycling Sort Relay

Berita

Dihadiri Langsung oleh Lurah Bonto-Bonto, Posko 16 PBL II Sukses Melaksanakan Edukasi Bahaya Perilaku Merokok pada Pemuda di Kelurahan Bonto-Bonto

Berita

Penandatanganan IA/MoA Antara Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin dengan Universitas Okayama