Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 12 Januari 2024 - 17:19 WIB

Posko 5 PBL II Gelar Seminar Awal di Kelurahan Tonasa : Membahas Intervensi Kesehatan untuk Peningkatan SDGs Point 3 “Kehidupan Sehat dan Sejahtera

Doc. Seminar Awal Posko 5 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Seminar Awal Posko 5 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Tonasa, 12 Januari 2024 – Posko 5 Praktik Belajar Lapangan II (PBL 2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin yang beranggotakan 7 mahasiswa menggelar kegiatan seminar awal pada Jum’at, 12 Januari 2024 di Aula Kantor Kelurahan Tonasa, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Seminar awal ini dihadiri oleh Lurah Kelurahan Tonasa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kassi dan Tonasa, Guru BK SMP dan SMA Semen Tonasa, Ibu Kader Posyandu, serta para ketua RT dan RW Kelurahan Tonasa.

Doc. Rangkaian Kegiatan Seminar Awal Posko 5 (Istimewa)

Kegiatan ini telah didukung langsung oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D. Adapun tujuan dari PBL 2 ini yaitu agar mahasiswa mampu menyusun, melaksanakan program, advokasi, kemitraan, dan pemberdayaan masyarakat di tingkat masyarakat secara tepat.

Baca Juga  Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Salobar Untuk Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Seminar awal PBL II ini diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Koordinator Kelurahan, sambutan Lurah Tonasa, dan dilanjutkan dengan pemaparan program oleh masing-masing penanggung jawab.

Seminar awal ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi mengenai intervensi yang akan dilakukan. Intervensi tersebut disusun berdasarkan prioritas masalah yang didapat dari data primer dan data sekunder yang telah didapatkan pada PBL I (10 Juli – 24 Juli 2023). Kemudian dilanjutkan pada PBL II (10 Januari – 24 Januari 2024) yang berfokus pada program kerja atau intervensi kesehatan seperti penyuluhan, pembagian buku saku, pemasangan papan informasi kesehatan, pemasangan stiker, dll. Intervensi kesehatan ini sekaligus sebagai bentuk peningkatan Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pada point 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Baca Juga  Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas Adakan Penyuluhan Pemilahan Sampah

“Saya selaku Koordinator Kelurahan Posko 5 PBL II Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas berharap semoga dengan dilakukannya intervensi terkait Tablet Tambah Darah, Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), MP-ASI, dan Urgensi Kepemilikan Alat Penanganan Darurat dapat memberikan manfaat yang besar terhadap Kelurahan Tonasa sekaligus sebagai bentuk peningkatan SDGs terutama pada point 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera”. Hal tersebut telah disampaikan oleh Nurul Fiqrani Tasya selaku Koordinator Kelurahan Posko 5.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Tanam Pohon Kelor dengan Media Polybag di Desa Bontosunggu

Berita

TIM PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) FKM UNHAS MENERIMA BANTUAN MODAL USAHA

Berita

Dosen dan Mahasiswa FKM UNHAS Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Minasa Upa, Maros

Berita

POSKO 18 PRAKTIK BELAJAR LAPANGAN (PBL) II FKM UNHAS TELAH MENYELENGGARAKAN SEMINAR AWAL DI DESA PADANG PADANG LAMPE

Berita

Mahasiswa Posko 4 PBL I FKM Unhas Gelar Seminar Akhir di Kantor Desa Tompo Bulu, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Berita

ICONS Unhas dan UNICEF Indonesia Gelar Kuliah Umum Bahas Pedoman WHO Terbaru tentang Wasting dan Edema Gizi

Berita

Mahasiswa Posko 1 dan 33 PBL III FKM UNHAS Laksanakan Seminar Akhir di Kelurahan Balleanagin, Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep

Berita

Seminar Awal Posko 35 PBL II FKM Unhas Desa Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkajene Kepulauan