Home / Berita / Pendidikan

Senin, 26 Juni 2023 - 17:05 WIB

Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Akhir PBL III di Kelurahan Bone, Pangkep

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Pada hari Senin (26/06/2023), mahasiswa Praktik Belajar Lapangan (PBL) III dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) sukses melaksanakan seminar akhir di Kelurahan Bone, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep. Acara yang dilangsungkan di aula kantor kelurahan ini dihadiri oleh Sekretaris Kelurahan Bone, Ibu Arwini, para ketua RW/RT, serta beberapa warga.

Kegiatan seminar akhir ini bertujuan untuk memaparkan hasil evaluasi intervensi kegiatan yang telah dilaksanakan 6 bulan sebelumnya dalam PBL II di Posko 32 Kelurahan Bone. Tim PBL III terdiri dari Koordinator Kelurahan, A. Azisah Bari’ah Putri Irawan, serta anggota St.Salwiah Ramadani, Putricia Khaila Audinata, Alika Tasya Devana, Erik Ryan Setyawan, dan Dzakiah Resky Annisa. Dosen supervisor Muh. Fajaruddin Natsir S.KM., M.Kes juga turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam seminar akhir ini, Koordinator Posko 32, Andi Azisah Bari’ah Putri Irawan, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan PBL III di Kelurahan Bone. Ia juga memohon maaf atas segala kesalahan yang terjadi selama kegiatan tersebut sebagai salam perpisahan.

Sekretaris Kelurahan Bone, Arwini, juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa PBL III yang telah turun langsung ke masyarakat dalam pelaksanaan evaluasi program. Ia berharap kehadiran mahasiswa PBL bisa memberikan manfaat dan pelajaran bagi masyarakat Kelurahan Bone serta memohon maaf jika pihak kelurahan kurang membantu dalam pelaksanaan PBL.

Rangkaian acara dalam seminar akhir PBL III ini mencakup pemaparan hasil evaluasi program intervensi oleh Koordinator Posko 32, Andi Azisah Bari’ah Putri Irawan. Berdasarkan pemaparannya, PBL II yang telah dilaksanakan 6 bulan sebelumnya melibatkan 6 intervensi, termasuk 4 intervensi non-fisik dan 2 intervensi fisik. Evaluasi program menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap peserta dalam beberapa intervensi non-fisik, seperti pentingnya air bersih, pengolahan dan pemilahan sampah, praktik cuci tangan menggunakan sabun, dan bahaya merokok bagi kesehatan. Namun, intervensi fisik masih belum memenuhi indikator keberhasilan, sehingga dilakukan rekonstruksi program dengan pemasangan ulang poster terkait bahaya merokok dan larangan membuang sampah.

Diharapkan dengan adanya evaluasi ini, program PBL III dapat memberikan kontribusi yang positif dalam mendukung peningkatan Sustainable Development Goals (SDGs) dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan di Kelurahan Bone.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Bimbing Ibu-ibu Desa Bontotangnga dalam Pembuatan Makanan Sehat: Bolu Kukus Daun Kelor

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Menggelar “Launching Misi Zero Botol Plastik”

Berita

Pelatihan Bibliometrik oleh Pusat Studi Manajemen Pelayanan Kesehatan (PS-MPK) FKM Unhas

Berita

Posko 29 PBL FKM UNHAS, Gelar Intervensi Penyuluhan dan Demonstrasi Cuci Tangan Pakai Sabun di Air Mengalir (CTPS) di SDN 19 Tamarupa

Berita

Mahasiswa FKM UNHAS Pimpin Implementasi Ilmu Kesehatan Lingkungan di Lombok Sebagai Delegasi Terpilih

Berita

Langkah Inovatif: Pemasangan Papan Wicara Terkait Penguraian Sampah dalam Mendorong Kesadaran Lingkungan di Desa Punranga

Berita

Mahasiswa Universitas Hasanuddin Edukasi Siswa SMPN 1 Mandalle tentang Bahaya Merokok: Langkah Nyata Dukung SDGs No. 3 Kesehatan yang Baik

Berita

Peserta Training of Trainer KAP Unicef Indonesia Lakukan Praktik Lapangan