Home / Berita / Pendidikan / Regional

Minggu, 6 Agustus 2023 - 23:07 WIB

WFH BEM FKM Unhas: Promosi Hidup Sehat Tanpa Hipertensi di Kelurahan Untia, Makassar

Doc. Winslow for Humanity (WFH) (Istimewa)

Doc. Winslow for Humanity (WFH) (Istimewa)

Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar menjadi lokasi sasaran intervensi program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin yang berlangsung selama dua hari, yaitu 5 Agustus 2023 dan 6 Agustus 2023. Program Kerja BEM FKM Unhas kali ini bertajuk Winslow for Humanity (WFH) Tahun 2023 dengan mengusung tema “Reaktualisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas): Edukasi dan Perilaku Hidup Sehat sebagai Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan”.  Pembukaan rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Informasi Kelurahan Untia dan dihadiri oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Untia, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas, Ketua dari tiga lembaga mahasiswa FKM Unhas, dan perwakilan masyarakat Kelurahan Untia.

Doc. Kegiatan (istimewa)

Presiden BEM FKM Unhas, Muhammad Resky Maulana berharap bahwa hadirnya program “WFH BEM FKM Unhas 2023” akan menjadi bentuk kebermanfaatan dari mahasiswa FKM Unhas sebagai insan yang berpendidikan, dengan mengimplementasikan ilmu dari pendidikan formal mereka melalui pengabdian kepada masyarakat, terkait dengan mewujudkan peningkatan derajat kesehatan. Dalam program ini, Dr. Wahiduddin SKM MKes, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas, menyatakan bahwa kehadiran program pengabdian ini tidak hanya menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat, tetapi juga memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan melalui interaksi dengan masyarakat. Melalui proses pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa dapat memperoleh perspektif dan pengetahuan yang berharga tentang kehidupan masyarakat.

Baca Juga  Mahasiswa PBL II FKM Unhas Edukasi Masyarakat Mengenai Pengolahan Sampah Melalui Media Poster untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Pemilihan Kelurahan Untia menjadi lokasi sasaran intervensi program ini dilandasi oleh data dari Dinas Kesehatan Kota Makassar tahun 2022 bahwa salah satu dari 10 penyakit tertinggi periode Juni-Desember 2022 adalah penyakit hipertensi dengan jumlah kasus 12.705. Kemudian setelah dilakukan pengamatan kasus penyakit tingkat kecamatan diperoleh hasil Kecamatan Biringkanaya menempati posisi tertinggi kasus terbanyak penyakit menurut perhitungan proporsi. Berdasarkan data dari 4 puskesmas di Kecamatan Biringkanaya diperoleh hasil rasio kasus tertinggi terjadi pada wilayah kerja Puskesmas Bulurokeng yaitu 30% dibandingkan dengan data puskesmas lainnya. Wilayah kerja Puskesmas Bulurokeng terdiri dari dua kelurahan, salah satunya adalah Kelurahan Untia. Adapun penyakit tertinggi berdasarkan data periode Januari-Maret di Puskesmas Bulurokeng adalah Rinitis Akut 233 kasus, Hipertensi 188 kasus dan Diare 33 kasus.

Winslow For Humanity (WFH) BEM FKM Unhas Tahun 2023 dari tiga tahap yaitu observasi, intervensi dan evaluasi. Tahap pertama, yaitu observasi telah berlangsung sebelumnya dengan membagikan kuesioner kepada masyarakat Kelurahan Untia untuk mengetahui masalah yang masyarakat alami di kelurahan tersebut. Kemudian Intervensi yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu Sabtu 5 Agustus 2023 dan 6 Agustus 2023. Pada hari pertama dilaksanakan pemeriksaan tekanan darah secara gratis bagi masyarakat Kelurahan Untia kemudian dilanjutkan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pencegahan dan penanggulangan kejadian penyakit hipertensi. Pada hari kedua intervensi dimulai dengan mengadakan kegiatan senam hipertensi bersama masyarakat Kelurahan Untia dan ditutup dengan pembagian leaflet sebagai bahan ajar serta bahan informasi  yang mampu disimpan selama masyarakat kembali ke rumah mereka masing-masing. Selanjutnya, akan dilakukan tahap evaluasi beberapa minggu setelah intervensi untuk mengetahui bagaimana hasil dari intervensi yang dilakukan sebelumnya.

Baca Juga  MEMBANGGAKAN!!! LD AL-AAFIYAH FKM UNHAS LOLOS PENDANAAN PPK ORMAWA TAHUN 2024

Pada rangkaian Laporan Koordinator Teamwork WFH BEM FKM Unhas, Adinda Ariesta Permatasari berharap kehadiran program ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kelurahan Untia khususnya menekan angka kejadian penyakit tidak menular, yaitu hipertensi. Kemudian kehadiran program ini disambut baik oleh Ibu Jamrud selaku Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Untia. Beliau menyatakan dengan dihadirkannya program ini, mahasiswa dapat membantu masyarakat memahami lebih baik mengenai pencegahan dan penanggulangan kejadian hipertensi dan cara-cara untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Share :

Baca Juga

Berita

SOSIALISASI BUKU KURIKULUM PROGRAM DOKTORAL ILMU KESEHATAN MASYARAKAT BERBASIS RISET

Berita

Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13: Pemberdayaan Keluarga, Menuju Rumah Sehat tanpa Kehadiran Asap Rokok

Berita

Tim BKKBN – Unhas Lakukan Pertemuan Lintas Sektor di Kabupaten Bantaeng

Berita

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM UNHAS berhasil mendapatkan Pendanaan Program Penguatan Kapasita Organisasi Kemahasiswaan (PPK-Ormawa)

Berita

Posko 21 PBL 2 FKM Unhas Menggelar Seminar Awal PBL 2: Pemaparan Program Intervensi Kesehatan di Desa Punranga

Berita

Universitas Hasanuddin Siap Mendirikan Program Studi Profesi Dietisien

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Berpartisipasi dalam Unhas Open Day 2024

Berita

Atasi Masalah Sampah, Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Demonstrasi Pengolahan Sampah Organik Bagi Ibu PKK Desa Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan