Home / Berita / Pendidikan / Regional

Rabu, 5 Juli 2023 - 19:20 WIB

Kerjasama Pembinaan Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi antara FKM Unhas dan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Doc. MoU (Istimewa)

Doc. MoU (Istimewa)

Makassar, 5 Juli 2023 – Ruang Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menjadi saksi penting dalam terjalinnya kerjasama pembinaan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes) Banjarmasin. Dalam pertemuan tersebut, hadir Dekan FKM Unhas beserta Wakil Dekan Bidang Akademik & Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset & Inovasi, Direktur Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Parellangi, S.Kep, Ners., M.Kep, serta Tim Asosiasi Institusi Pendidikan Guru Indonesia (AIPGI) Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan penjaminan mutu di bidang kesehatan, serta mengembangkan program studi S2 dan S3 terutama dalam bidang Administrasi Kesehatan (AKK ) dan Kesehatan Lingkungan (Kesling). Selain itu, kerjasama ini juga mencakup penelitian yang terindeks dalam SCOPUS, magang mahasiswa dan dosen dari Poltekkes Kemenkes Banjarmasin di FKM Unhas.

Salah satu hal penting dalam kerjasama ini adalah ketersediaan dana yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan untuk pengembangan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, terutama dalam pengembangan SDM dosen melalui peningkatan jumlah artikel dosen yang terindeks di SCOPUS. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan peran Poltekkes Kemenkes Banjarmasin dalam penelitian yang berkontribusi pada perkembangan ilmu kesehatan.

Selain itu, kerjasama ini juga memberikan potensi pengembangan studi bagi mahasiswa S1 Poltekkes yang ingin melanjutkan ke jenjang S2, terutama dalam bidang AKK dan Kesling. Dengan adanya kesempatan ini, diharapkan akan terbentuk tenaga ahli yang berkualitas di bidang administrasi kesehatan dan kesehatan lingkungan di Banjarmasin.

Kerjasama ini sejalan dengan arahan Kementerian Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan di Banjarmasin. Pengembangan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Dekan FKM Unhas dan Direktur Poltekkes Kemenkes Banjarmasin mengapresiasi kerjasama ini sebagai langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan SDM di bidang kesehatan. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua institusi dan masyarakat luas, khususnya dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Banjarmasin dan sekitarnya.

Share :

Baca Juga

Berita

TIM PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) FKM UNHAS MENERIMA BANTUAN MODAL USAHA

Berita

Seminar Series, FKM Unhas Menghadirkan Pembicara dari U.S. CDC Indonesia

Berita

Seminar awal di Posko 16 Praktik Belajar Lapangan II Kelurahan Bonto-Bonto Sukses diselenggarakan dengan kehadiran langsung Camat Ma’rang

Berita

Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan FKM Unhas siap menggelar The 1st International Conference on Health Policy and Public Health (ICHP-PH) 2024

Berita

Seminar Awal PBL III FKM Unhas Sukses Digelar di Posko 20 Desa Pitue

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Perkenalkan Makanan Kaya Zat Besi dan Cara Pencucian Luka Gigitan Anjing di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Dekan FKM Unhas Terima Kunjungan BAPANAS dan AIPGI, Teken Perjanjian Kerjasama Program Genius untuk 25.000 Siswa di 10 Provinsi

Pendidikan

Inovasi Game Tebak Gambar:Posko 15 Attangsalo PBL II FKM Unhas sebagai Media Edukasi Dini HIV/AIDS pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Attangsalo untuk mendukung Pencapaian SDG’s 3