Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 24 Juli 2023 - 16:27 WIB

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Lakukan Program Rematri Bebas Anemia di MTsN 2 Selayar untuk Cegah Stunting

Posko 3 KKNT Unhas Gelombang 110 Penurunan Stunting Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar menyelenggarakan kegiatan edukasi untuk remaja putri (Rematri Bebas Anemia) pada hari Senin, 24 Juli 2023. Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam mencegah stunting dengan memberikan edukasi tentang bahaya anemia dan bagaimana mencegahnya melalui pola hidup sehat.

Doc. Kegiatan Edukasi (Istimewa)

Edukasi ini dilaksanakan dengan tujuan utama memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada remaja putri tentang anemia dan pencegahannya guna menghindari kejadian stunting pada generasi berikutnya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 13 remaja putri dari MTSN 2 Selayar dan berlangsung di wilayah Kecamatan Bontoharu.

Muhammad Rachmat, DPK KKNT Unhas dan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas menjelaskan kaitan anemia dengan kejadian stunting. “Remaja putri yang menderita anemia berisiko menjadi ibu hamil anemia, dan meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dan stunting,” ujar Muhammad Rachmat.

Baca Juga  Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas Adakan Penyuluhan Pemilahan Sampah

Ayu Arista, selaku penanggung jawab kegiatan ini mengungkapkan antusiasme mahasiswa dan peserta pada kegiatan ini. “Kami sangat bersemangat dalam menyelenggarakan kegiatan Rematri Bebas Anemia ini. Anemia merupakan masalah kesehatan serius yang dapat menyebabkan stunting. Melalui edukasi ini, kami berharap para peserta dapat mengetahui cara-cara mencegah anemia dan menjalani pola hidup sehat,” ujar Ayu Arsita.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan, perkenalan, dan pre-test untuk mengukur pemahaman awal peserta tentang anemia dan stunting. Setelah itu, para peserta mendapatkan materi edukasi yang disampaikan secara interaktif dan menarik. Salah satu kegiatan atraktif adalah “Games ABCS; Aksi Bersama Cegah Stunting” yang dirancang untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mencegah anemia dan stunting.

“Games ABCS” adalah permainan kartu yang berisi sebuah informasi tentang stunting, termasuk mengenai anemia. Permainan ini dilakukan dengan membagi peserta menjadi 3 kelompok. Lalu kartu yang berisi informasi anemia dibagikan kepada masing-masing kelompok. Masing-masing kelompok harus menentukan apakah informasi anemia tersebut benar atau salah. Lalu salah seorang dari masing-masing kelompok akan memaparkan jawabannya kemudian akan dibahas oleh mahasiswa. Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif para peserta, kegiatan ini juga melibatkan sesi pemberian hadiah.

Baca Juga  Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Gelar Edukasi Antenatal Care Untuk Ibu Hamil dan Ibu Balita
Doc. Kegiatan Edukasi (Istimewa)

Para remaja putri juga mendapatkan Buku Saku Rematri (Remaja Putri) Bebas Anemia yang berisi informasi penting tentang anemia serta tabel pengingat untuk mengonsumsi tablet tambah darah. Kegiatan ini juga mencakup pengukuran berat dan tinggi badan peserta untuk memantau status gizi mereka. Data ini akan memberikan gambaran tentang kondisi kesehatan peserta, kemudian dilakukan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) oleh mahasiswa KKNT Unhas yang didampingi oleh pendamping gizi setempat, Ibu Rena Devi Safitri.

KKNT Unhas Posko 3 Penurunan Stunting berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan edukasi seperti ini guna menciptakan generasi yang sehat, tangguh, dan berkualitas di Kepulauan Selayar.

Share :

Baca Juga

Berita

Prodi S2K3 FKM Unhas Adakan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin melaksanakan Yudisium terhadap 108 Wisudawan Program Sarjana, Magister, dan Doktor Periode Juli 2024

Berita

Mahasiswa KKN-T Stunting Kabupaten Kepulauan Selayar Gelar Penyuluhan DAGUSIBU Obat untuk Tingkatkan Kesadaran Pengelolaan Obat di Masyarakat

Berita

Mahasiswa PBL FKM Unhas Mengadakan Intervensi Terkait Bahaya Merokok dengan Tema PINTAR; “Pelajar Interaktif Tolak Asap Rokok” di SDN 38 TamarUPA, Desa Tamarupa

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Rancang Peta Persebaran Stunting di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Besar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Berita

FKM Unhas: Pelepasan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka PMM 3 dan MSIB Batch 5 Kemdikbudristek

Berita

Tingkatkan Cakupan Imunisasi, Mahasiswa PBL II Posko 09 FKM Unhas Bagikan Kalender Jadwal Imunisasi Posyandu di Kelurahan Kalabbirang