Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 11 Januari 2024 - 10:01 WIB

Posko 31 FKM UNHAS Menggelar Seminar Awal PBL II: Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Biraeng

Doc. Seminar Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan PBL II Posko 31 (Istimewa)

Doc. Seminar Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan PBL II Posko 31 (Istimewa)

Dalam memulai rangkaian kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin posko 31 Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasateā€™ne Kabupaten Pangkep telah menyelenggarakan seminar awal PBL 2, yang bertempat di aula Kantor lurah Biraeng pada hari Kamis, 11 Januari 2024.

7 mahasiswa yang tergabung dalam posko 31 sukses menggelar seminar awal PBL 2 berkat dukungan dari dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D, pengelola PBL Dian Saputra Marzuki, S.KM., M.Kes, dan Basir, S.KM., M.Sc selaku Supervisor Posko 31.

Hal tersebut tergambar dari kehadiran sebagian besar tamu undangan mulai dari perangkat desa dan jajarannya yakni lurah,sekretaris lurah, ketua tiap RW dan RT, jejaring Puskesmas, kader dan bidan penanggung jawab posyandu serta perwakilan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Biraeng. Antusiasme dari peserta kegiatan seminar awal juga menunjukkan respon yang baik, yakni aktif mengajukan pertanyaan di sesi diskusi yang berkaitan dengan teknis kegiatan PBL yang nantinya akan diselenggarakan.

Baca Juga  Mahasiswa Posko 20 PBL II FKM Unhas Menggelar Penyuluhan Pengolahan Sampah dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) di SDN 6 Pitue, Kabupaten Pangkep

Kegiatan Seminar diawali dengan sambutan dari koordinator Posko 31 (Angelina Toding) dilanjut dengan sambutan oleh Supervisor Posko 31 (Basir, S.KM., M.Sc) kemudian sambutan dan pembukaan secara resmi oleh lurah biraeng ( Rustam, S.IP) serta sambutan dari Babinsa (Serma Rudi) dan Bhabinkamtibmas Kel. Biraeng.

Kegiatan seminar awal kemudian dilanjut dengan sosialisasi mengenai program intervensiĀ  di PBL 2 sebagai bentuk alternatif penyelesaian masalah dari output PBL 1 yang nantinya akan dilaksanakan di Kelurahan Biraeng.

Baca Juga  Implementasi SDGs Desa melalui Intervensi Kesehatan Posko 19 PBL II FKM Unhas 2024 di Desa Pitu Sunggu

Disampaikan pula terkait jenis-jenis program intervensi yang akan dilaksanakan nantinya, salah satunya adalah Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Anemia bagi Remaja Putri dengan Media Buku Saku dan Kartu Kontrol Konsumsi TTD. Program intervensi bagi rematri ini merupakan salah satu upaya dalam mencapai tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang ke- 3 yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan, hal mencakup inisiatif untuk meningkatkan kesehatan perempuan, termasuk peningkatan kadar darah atau kebutuhan gizi khusus selama masa rematri.

Oleh karena itu, melalui pelaksanaan Praktek Belajar Lapangan II (PBL II) yang dilakukan oleh mahasiswa Posko 31 FKM UNHAS diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di Kelurahan Biraeng, Kabupaten Pangkep.

Share :

Baca Juga

Berita

Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas mengadakan Workshop MBKM Mandiri dalam rangka Mendukung Implementasi Kurikulum 2023 (K-23)

Berita

Mahasiswa S3 Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unhas raih juara 1 Kategori Rintisan dalam Kegiatan Talenta Wirausaha

Berita

Dosen dan Mahasiswa FKM UNHAS Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Minasa Upa, Maros

Berita

Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan FKM Unhas Berperan Aktif dalam Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Program BIAS

Berita

Mahasiswa Kesehatan Lingkungan FKM Unhas melakukan Kunjungan Lapangan ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Nipa-Nipa Antang, Kota Makassar

Berita

Workshop Pemutakhiran Kurikulum K-23 Prodi S1 dan S2 Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS

Berita

Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Lolos Sebagai Delegasi Program Beasiswa Internasional

Berita

FKM Unhas Sukses Menyelenggarakan Edukasi Gizi Seimbang dan Pengukuran Antropometri dalam Program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2024