Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 5 Juli 2024 - 20:23 WIB

Mahasiswa Posko 1 dan 33 PBL III FKM UNHAS Laksanakan Seminar Akhir di Kelurahan Balleanagin, Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep

Doc. Seminar Akhir Kelurahan Balleangin Posko 1 dan 33 (Istimewa)

Doc. Seminar Akhir Kelurahan Balleangin Posko 1 dan 33 (Istimewa)

Jumat, 5 Juli 2024,  Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan (PBL) Posko 33 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan posko 1 laksanakan kegiatan seminar akhir di Kantor Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep sebagai penutup kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL). Seminar akhir ini merupakan bagian dari PBL III sebagai bentuk pelaporan atas evaluasi program intervensi yang telah berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 24 Juni hingga 8 Juli 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh sekretaris camat Balocci, jajaran pemerintah Kelurahan Balleangin, tokoh agama, tokoh masyarakat, kader posyandu serta dihadiri secara online oleh ibu Rizky Chaeraty Syam, SKM., M.Kes (Supervisor Posko 1) dan bapak Arif Anwar, SKM., M.Kes (Supervisor Posko 33).

Setelah serangkaian kegiatan yang dilakukan mulai pada pelaksanaan PBL 1 hingga PBL 3 menjadi akselerator dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kelurahan Balleangin. Kegiatan yang dimulai dengan pengumpulan data, intervensi dan evaluasi melibatkan berbagai pihak, diharapkan kegiatan PBL ini dapat memberikan dampak positif dan baik bagi mahasiswa maupun masyarakat.

Baca Juga  Posko 19 III FKM UNHAS Evaluasi Intervensi Penyuluhan HIV-AIDS melalui Permainan Ular Tangga di SMPN 1 Labakkang untuk Capai SDGs Poin ke-3

Koordinator Kelurahan posko 33 Affifah Nisa memaparkan bahwa,”Seminar akhir bertujuan untuk memaparkan hasil evaluasi intervensi program yang sebelumnya telah dilaksanakan pada saat PBL II. Rangkaian kegiatan PBL ini sangat berhubungan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada tujuan ke-3 yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

“Hasil evaluasi yang dilakukan di Kelurahan Balleangin tepatnya di Rw 4 Ce’lae, Rw 5 Demmanggala dan RW 6 Bonto-Bonto ditemukan bahwa dari 7 program intervensi yang dilakukan terdapat 6 program yang berhasil dan 1 program yang perlu dilakukan rekonstruksi. Program tersebut yaitu pemasangan papan wicara dengan model rekonstruksi berupa advokasi kepada Pemerintah Kelurahan Balleangin sebagai pemangku kebijakan tertinggi tingkat kelurahan” sebutnya.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Gizi Seimbang dan Rembuk Stunting di Desa Pamatata, Selayar

Lebih lanjut di sampaikan bahwa hasil evaluasi intervensi kesehatan yang telah dilakukan selama dua pekan terakhir dapat membawa dampak positif khususnya bagi masyarakat keluarahan Balleangin terutama pemerintah dalam menjalankan program kesehatan terkait. Diakhir sesi, disampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung penuh kegiatan PBL I hingga III di Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep hingga pada hari penarikan mahasiswa.

Share :

Baca Juga

Berita

Tim PKM E-Health School Report Gelar Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMAN 7 Takalar

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM UNHAS Menggelar FGD Pemuktahiran RPS Mata Kuliah

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Gizi Seimbang dan Rembuk Stunting di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Mendorong Pencapaian SDGs, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan dan Pemasangan Poster Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Keluarga Berisiko Stunting Tentang ASI dan MP-ASI di Desa Bontosunggu

Berita

Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas Turut Berperan dalam Penurunan Stunting dengan Dinas Kesehatan Pangkep

Berita

Inovasi Mahasiswa KKNT Unhas: ‘Kelor Seduh’ Melawan Stunting di Desa Bontosunggu, Selayar

Berita

Mahasiswa FKM UNHAS meraih prestasi di Final The 2nd Indonesian Public Health Olympiad (IPHO)