Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 4 Januari 2024 - 17:19 WIB

FKM UNHAS GELAR PENERIMAAN REWARD UNTUK MAHASISWA BERPRETASI NASIONAL DAN INTERNASIONAL SERTA EVALUASI KEGIATAN PEMBINAAN PRESTASI MAHASISWA

Doc. Mahasiswa Prestasi FKM Unhas 2023 (Istimewa)

Doc. Mahasiswa Prestasi FKM Unhas 2023 (Istimewa)

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas menggelar Acara Pemberian Reward Prestasi Mahasiswa Nasional dan Internasional serta evaluasi kegiatan pembinaan prestasi mahasiswa tahun 2023 pada Kamis, 4 Januari 2024. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Prof Dr. Nur Nasry Noor, MPH dan secara hybrid melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKM Unhas, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sumber Daya dan Alumni, Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat dan Program Studi S1 Ilmu Gizi, Pimpinan Departemen, serta Dosen Pendamping kegiatan dan juga para mahasiswa penerima reward.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kecintaan dan juga wujud apresiasi kepada mahasiswa FKM Unhas yang selama tahun 2023 memberikan kontribusi yang luar biasa bagi FKM. Secara keseluruhan tercatat lebih dari 100 prestasi yang dicapai oleh mahasiswa FKM Unhas pada tahun 2023, mulai dari tingkat fakultas, universitas, regional, nasional, hingga internasional. Prestasi tersebut dari berbagai bidang, seperti saintek, organisasi kelembagaan, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, seni, dan olahraga.

Kegiatan diawali dengan laporan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswan, Dr. Wahiduddin, SKM., M. Kes. Dalam laporannya, beliau memaparkan berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa FKM Unhas di tahun 2023. Sejauh ini, FKM Unhas diketahui masuk dalam jajaran 10 besar dalam hal prestasi mahasiswa di level Universitas Hasanuddin.

Baca Juga  Mahasiswa Universitas Hasanuddin Gencar Dukung SDGs: Demonstrasi Keselamatan Penggunaan Tabung Gas di Desa Mandalle
Doc. Pemberian Reward Prestasi Mahasiswa Nasional dan Internasional (Istimewa)

Mahasiswa FKM Unhas diketahui rutin mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (puspresnas) dan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), seperti Program Kreativitas Mahasiswaan (PKM) yang pada tahun 2023 mengirimkan 93 proposal, dimana 23 di antaranya berhasil mendapatkan pendanaan. Selain itu, untuk pertama kalinya FKM Unhas berhasil mengirimkan salah satu tim untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS dalam bidang PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT). Selain itu, pada kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), Unhas untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam kegiatan Abdidaya Ormawa 2023 yang diselenggarakan di Jember dan dalam hal ini diwakili oleh BEM FKM Unhas.

Doc. Pemberian Reward  Prestasi Mahasiswa FKM Unhas 2023 (Istimewa)

Mahasiswa FKM Unhas yang menjadi perwakilan Unhas dalam berbagai kompetisi lainnya juga mencetak prestasi yang tidak kalah membanggakan, seperti Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Indonesia, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Kompetisi Karate Nasional, dan lain sebagainya. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan reward kepada mahasiswa yang dalam hal ini diberikan langsung oleh Dekan FKM Unhas.

Baca Juga  Mahasiswa PBL II FKM Unhas Berhasil Gelar Program Intervensi Anti-Merokok di Desa Kabba

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa prestasi ini tidak hanya menjadi pencapaian bagi pihak fakultas sebagai pengelola dan penyelenggaraan pendidikan di FKM Unhas, melainkan usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh mahasiswa itu sendiri. Beliau juga turut mengapresiasi seluruh dosen pembimbing dan tenaga pendidikan yang tanpa henti mengawal serta memfasilitasi dalam proses tersebut.

“Secara keseluruhan ini merupakan tradisi yang sangat baik. Atas nama pimpinan fakultas saya sangat mengapresiasi usaha adik-adik semua. Terima kasih banyak dan saya berharap semoga di tahun-tahun selanjutnya kita dapat mencatat prestasi lebih banyak lagi.” Ujar Prof. Sukri Palutturi SKM., M. Kes selaku Dekan FKM Unhas.

Selain pencapaian, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Evaluasi Kegiatan Pembinaan Prestasi Kemahasiswaan. Bapak Dr. Wahiduddin, SKM., M.Kes sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan memaparkan sejumlah prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa FKM Unhas sepanjang tahun 2023. Di akhir sesi dibuka pula diskusi terkait upaya pengoptimalan potensi mahasiswa serta pendampingan dalam berbagai kegiatan mendatang agar FKM Unhas dapat meningkatkan prestasi. Beberapa mahasiswa dan dosen pendamping kegiatan mahasiswa turut memberikan saran dan masukan terkait proses pembinaan prestasi kemahasiswan yang nantinya akan dilakukan ke depannya.

Share :

Baca Juga

Berita

Tingkatkan Cakupan Imunisasi, Mahasiswa PBL II Posko 09 FKM Unhas Bagikan Kalender Jadwal Imunisasi Posyandu di Kelurahan Kalabbirang

Berita

Mendorong Pencapaian SDGs, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan dan Pemasangan Poster Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Berita

Mahasiswa PBL FKM UNHAS Posko 21 Cegah Hipertensi dengan Upaya Meningkatkan Aktivitas Fisik Masyarakat Desa Punranga Menuju Gaya Hidup Sehat

Berita

EDUKASI DAN PENGENALAN DETEKSI DINI KANKER SERVIX OLEH DEPARTEMEN BIOSTATISTIK/KKB UNHAS

Berita

Dosen FKM Unhas Ajak Mahasiswa Universitas Mandala Waluya Kendari Terapkan KAP

Berita

Wujudkan Wilayah Bebas AKI dan Stunting melalui Pelatihan TPK oleh Tim Pengabdian FKM Universitas Hasanuddin di Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar

Berita

Dukung Agenda SDGs, Tim Departemen PKIP FKM Unhas Latih KAP Kader Posyandu untuk Tingkatkan Cakupan Imunisasi Rotavirus

Berita

Berkah Ramadan, Prodi S2K3 FKM Unhas Raih Predikat Unggul