Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 6 Oktober 2023 - 07:39 WIB

Dosen FKM Unhas Ajak Mahasiswa Universitas Mandala Waluya Kendari Terapkan KAP

Doc. Peserta Praktikum Dasar Kesmas FKM Mandala Waluya Kendari (Istimewa)

Doc. Peserta Praktikum Dasar Kesmas FKM Mandala Waluya Kendari (Istimewa)

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengajak mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mandala Waluya Kendari (FKM UMW) yang mengikuti Praktikum Dasar Kesehatan Masyarakat di FKM Unhas untuk menerapkan metode Komunikasi Antar Pribadi (KAP). Hal ini disampaikan saat mahasiswa melakukan Praktikum PKIP sebagai bagian dari Praktikum Dasar Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan Praktikum PKIP dilaksanakan selama dua hari pada Rabu dan Kamis, 4 dan 5 Oktober 2023. Penyampaian materi KAP dilakukan oleh dosen departemen PKIP Muhammad Rachmat bersama tim yaitu Andi Dewi Chandra, Aliftia Salsabila, dan Nailah Hafizhah. Muhammad Rachmat telah mengikuti standarisasi fasilitator KAP dari Kementerian Kesehatan tahun 2021 dan ToT KAP Intensif Angkatan 1 yang difasilitatsi oleh Unicef Indonesia tahun 2023.

Doc. Praktikum Dasar Kesmas Metode KAP (Istimewa)

Komunikasi Antarpribadi merupakan komunikasi dialogis yang terjadi secara tatap muka langsung di mana petugas kesehatan bertemu langsung dengan sasaran. Dalam konteks kesehatan masyarakat, komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pengetahun, mengubah sikap, dan membentuk perilaku masyarakat terkait kesehatan. Komunikasi kesehatan yang efektif berperan sebagai pondasi dalam menyampaikan informasi yang akurat, mengedukasi, serta mempengaruhi keputusan masyarakat terkait kesehatan mereka.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Gerakan Bersih Desa di Pamatata, Selayar

Materi yang disampaikan dalam sesi tersebut berupa praktik KAP dengan mengambil tema Imunisasi Rotavirus dan Pencegahan Anemia Remaja. Kegiatan dimulai dengan yel-yel dan bina suasana kemudian dilanjutkan dengan bermain dan belajar tepuk virus-finish dan tepuk les-lemah, kemudian diakhiri dengan kunci komitmen. Setelah praktik edukasi kelompok tersebut, Muhammad Rachmat kemudian menjelaskan konsep dasar edukasi kelompok yaitu meliputi tahap pemanasan, tahap bermain & belajar, tahap belajar & bermain, dan terakhir tahap kunci komitmen.

“Keempat tahapan ini cukup longgar, tidak kaku. Sangat tergantung kelompok sasaran,” jelas Muhammad Rachmat. Selain membahas tentang KAP, pada kelas A di hari pertama Muhammad Rachmat melakukan sharing isu kesehatan terkini yaitu Imunisasi Rotavirus. Imunisasi Rotavirus untuk mencegah diare berat pada bayi ini diberikan sebanyak tiga dosis dan tersedia secara gratis di Puskesmas.

Baca Juga  FKM Unhas Gelar Edukasi Jajanan Sehat Bagi Siswa SDN Lakkang dalam Program Bina Desa
Doc. Praktikum Dasar Kesmas Metode KAP (Istimewa)

Pada hari kedua untuk kelas B topik yang dibahas mengenai pencegahan anemia pada remaja putri. Anemia dianggap sebagai masalah yang penting dibahas, karena banyak orang menganggap anemia sebagai masalah sepele. Remaja putri khususnya sangat rentan anemia karena mengalami siklus menstruasi setiap bulan. Untuk itu, remaja putri perlu konsumsi gizi seimbang yang kaya zat besi, menghindari zat penghambat penyerapan zat besi, konsumsi zat yang membantu penyerapan zat besi, dan tidak lupa minum tablet tambah darah satu butir setiap pekan dan satu butir setiap hari selama menstruasi.

Share :

Baca Juga

Berita

Tim Dosen Unhas Perkuat Keterampilan Emo-Demo Kader Pendamping Keluarga di Bantaeng

Berita

Seminar awal di Posko 16 Praktik Belajar Lapangan II Kelurahan Bonto-Bonto Sukses diselenggarakan dengan kehadiran langsung Camat Ma’rang

Berita

Puncak Kegiatan Praktik Belajar Lapangan II, Mahasiswa FKM Unhas Gelar Exploring Creativity 2024

Berita

Mendukung Tercapainya Tujuan SDGs Ke-3, Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Intervensi Senam Hipertensi dan Edukasi Isi Piringku

Berita

6 Mahasiswa FKM Unhas Ikuti Program Pertukaran Internasional dengan Universitas Okayama

Berita

FKM Unhas Sukses Laksanakan Workshop Tata Kelola Dinas Kesehatan Maluku Tengah

Berita

FKM Unhas Gelar International Guest Lecture tentang “Waste Water Microbiology”

Berita

Peduli Keselamatan, Posko 21 PBL II FKM Unhas Melakukan Intervensi Non Fisik Berupa Penyuluhan K3 Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Punranga