Home / Berita / Pendidikan / Regional

Rabu, 17 Januari 2024 - 20:26 WIB

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Berhasil Gelar Program Intervensi Anti-Merokok di Desa Kabba

Doc. Salah Satu Titik Pemasangan Papan Wicara (Istimewa)

Doc. Salah Satu Titik Pemasangan Papan Wicara (Istimewa)

Makassar, 17 Januari 2024 – Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan (PBL) II dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin sukses melaksanakan program intervensi untuk mengurangi perilaku merokok di Desa Kabba, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kegiatan tersebut, yang bertajuk “Pemasangan Papan Wicara Mengenai Perilaku Merokok,” berlangsung pada Senin, 15 Januari 2024.

Berdasarkan hasil observasi PBL I, ditemukan bahwa masih banyak masyarakat Desa Kabba yang mengonsumsi rokok. Oleh karena itu, mahasiswa PBL II Posko 12 FKM Universitas Hasanuddin merancang program intervensi ini dengan tujuan utama mengurangi konsumsi rokok di masyarakat setempat. Program ini tidak hanya berfokus pada aspek kesehatan individu, tetapi juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya dalam mencapai Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Perilaku merokok diidentifikasi sebagai potensi penyebab berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan kanker. Dengan memasang papan wicara di tiga titik strategis di Desa Kabba, yaitu lapangan bola, pasar, dan di bawah jembatan rel kereta api, mahasiswa PBL II berharap dapat memberikan himbauan kepada masyarakat agar mengurangi konsumsi rokok demi kesehatan dan kesejahteraan diri dan keluarga.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari kepala desa dan masyarakat setempat, memastikan kelancaran pelaksanaan program intervensi. Seluruh mahasiswa PBL II secara aktif terlibat dalam memasang papan wicara, dibantu oleh salah satu staf kantor desa. Tempat-tempat yang dipilih sebagai lokasi pemasangan merupakan area umum yang sering dikunjungi oleh masyarakat, sehingga pesan anti-merokok dapat lebih efektif disampaikan.

Dengan berjalannya program ini, diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam perilaku merokok masyarakat Desa Kabba. Selain memberikan edukasi mengenai dampak negatif merokok, program ini juga menciptakan kesadaran akan pentingnya kehidupan sehat dan sejahtera bagi seluruh lapisan masyarakat. Mahasiswa FKM Universitas Hasanuddin berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Share :

Baca Juga

Berita

Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas Gelar Penyuluhan Pencegahan DBD dan Pembuatan Ovitrap

Berita

Posko 1 dan Posko 33 Kelurahan Balleangin Bersinergi Selenggarakan Seminar Awal PBL 1 FKM Unhas

Berita

RS UNHAS Gelar Orientasi Peserta Didik Program Studi DIII Kebidanan STIKES Pelita Ibu Kendari: Membangun Generasi Bidan Milenial yang Siap Menghadapi Era 5.0

Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION PENYUSUNAN BUKU KURIKULUM DOKTOR BERBASIS RISET FKM UNHAS

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Tanam Pohon Kelor dengan Media Polybag di Desa Bontosunggu

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Ibu-ibu Cegah BBLR dan Stunting di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Departemen Epidemiologi FKM Unhas Menggelar FGD untuk Rekonstruksi Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Berita

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Program Studi Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS: Memahami Visi dan Misi untuk Masa Depan yang Berkualitas