Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 15 Januari 2024 - 10:38 WIB

Mahasiswa Universitas Hasanuddin Sukses Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Sampah di Desa Mandalle: Upaya Konkrit Mendukung SDGs No. 12

Doc. Pelatihan Pengolahan Organik dan Anorganik (Istimewa)

Doc. Pelatihan Pengolahan Organik dan Anorganik (Istimewa)

Mandalle, 15 Januari 2024 – Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan (PBL) 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin, dari posko 27, berhasil menyelenggarakan kegiatan Pelatihan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah organik dan anorganik menjadi kompos dan ecobrick. Kegiatan ini didukung oleh Ibu PKK desa Mandalle dan dilaksanakan di Kantor Desa Mandalle pada hari ini, mulai jam 13.30 WITA hingga 15.00 WITA.

Pelatihan tersebut merupakan upaya konkrit dalam mendukung salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) No. 12, yang fokus pada konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, khususnya dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Penyuluhan dan Pembagian Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri di Desa Pamatata, Selayar

Dalam kegiatan ini, mahasiswa PBL 2 FKM Universitas Hasanuddin memberikan pemahaman yang mendalam kepada para Ibu PKK tentang pentingnya mengelola sampah secara efisien dan ramah lingkungan. Para peserta aktif terlibat dalam pembuatan kompos dan ecobrick, merespons positif kegiatan tersebut sebagai langkah nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Salah satu Ibu PKK menyoroti kurangnya kesadaran masyarakat sekitar terhadap pengelolaan sampah yang baik. “Kegiatan ini sangat bermanfaat dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat sekitar untuk mengelola sampah dengan baik. Sejauh ini, warga hanya membakar dan membuang sampah tanpa mengelolanya dengan baik,” ucap salah satu peserta.

Baca Juga  Implementasi SDGs Desa melalui Intervensi Kesehatan Posko 19 PBL II FKM Unhas 2024 di Desa Pitu Sunggu

Program intervensi ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata dalam mengubah perilaku masyarakat terkait pengelolaan sampah. Dukungan dari Ibu PKK menjadi kunci keberhasilan kegiatan, di mana mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi juga aktif terlibat dalam praktik pengelolaan sampah.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Gerakan Bersih Desa di Pamatata, Selayar

Berita

FKM Unhas Menggelar Acara Pelepasan Mahasiswa MBKM PMM Batch 4, MSIB Batch 6, dan KM batch 7 Tahun 2024

Berita

Posko 31 PBL FKM UNHAS Sukses Menggelar Penyuluhan Dan Pembagian Buku Saku Bahaya Pemberian MPASI Terlalu Dini

Berita

Ditjen Dikti Kemendikbudristek Lakukan Visitasi Desa Sehat Winslow Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas

Berita

Bina Desa Batch 2 FKM Unhas Melakukan Edukasi Gizi Seimbang di SD Negeri 12 Bangkala

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Kembangkan Aplikasi “StuntingCare” Dukung Penurunan Stunting di Selayar

Berita

Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan FKM Unhas Berperan Aktif dalam Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Program BIAS

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelar Women Volleyball Tournament Tingkat Desa Pamatata, Selayar