Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 20 Juli 2023 - 21:31 WIB

Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Besar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Doc. Launching Purwarupa Human Center Design (Istimewa)

Doc. Launching Purwarupa Human Center Design (Istimewa)

Sebagai bagian dari komunitas yang peduli terhadap kesehatan dan kesejahteraan, kita telah menyaksikan peran kritis yang dimainkan oleh posyandu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Posyandu merupakan pelayanan dasar bagi kesehatan masyarakat yang dikelola masyarakat dengan dukungan dari pemerintah daerah melalui pusat kesehatan masyarakat. Keberadaan posyandu juga penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil, sekaligus membentuk generasi penerus bangsa yang mampu bersaing ditingkat global.

Salah satu upaya guna meningkatkan cakupan imunisasi yakni melalui metode Human Centered Design yang merupakan pendekatan yang berfokus pada kebutuhan, harapan dan aspirasi pengguna sebagai pusat dari proses perancangan dan pengembangan layanan. Dalam hal ini pengguna adalah masyarakat terutama ibu dan anak yang menjadi sasaran utama dari pelayanan posyandu.

Dengan mengadopsi Human Centered Design Puskesmas Air Besar bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon telah meluncurkan purwarupa diantaranya Tempat Bermain Anak di Posyandu  (TABEA Posyandu), Layar Tancap Pemutaran Video Lewat Infocus (TAMU VIP), Wisudawan/ Wisudawati Imunisasi Rutin Lengkap di Posyandu (WARUNG POSYANDU), Denah Lokasi Posyandu  (DELPOS), Info Posyandu dari TOA Masjid (INFORMA), Grup WA Posyandu (PANDU), Sosialisasi oleh Nakes dan Tokoh Agama (SONETA), dan Sweping Imunisasi (SIM).

Baca Juga  Departemen PKIP FKM Unhas Adakan FGD Pengembangan Kurikulum 2023
Doc. Kegiatan (Istimewa)

Kegiatan launching purwarupa ini berlangsung pada hari Kamis (20/7/2023) di Posyandu Dahlia, dan turut dihadiri oleh para pemangku kepentingan, termasuk Ketua TP. PKK Kota Ambon, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Kepala BAPPEDA Litbang Kota Ambon, Pj. Negeri Batu Merah, PKK Negeri Batu Merah, Ketua IAD wilayah Maluku, Perwakilan UNICEF di wilayah Maluku, Fasilitator HCD Provinsi Maluku, Fasilitator HCD Kota Ambon, Ketua RT/RW di wilayah posyandu Dahlia Gunung Malintang, Kader Posyandu dan tim Puskesmas Air Besar. Bersamaan dengan kegiatan launching purwarupa ini selain pemberian imunisasi bagi anak juga dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi lansia yang ada di wilayah posyandu Dahlia.

Dalam sambutannya Riki Samson menyampaikan bahwa Wisudawan/wisudawati Imunisasi Rutin lengkap di posyandu akan diterapkan bukannya hanya di posyandu Dahlia saja tapi nantinya akan dilaksanakan di seluruh posyandu yang ada di Kota Ambon, sehingga ibu-ibu dihimbau agar buku KIA jangan sampai hilang. Masyarakat yang hadir pun merasa antusias dengan penerapan purwarupa ini, sehingga diharapkan angka cakupan imunisasi akan meningkat dan sehingga tercipta masyarakat yang sehat di Kota Ambon.

Baca Juga  Pencapaian Luar Biasa 10 Tim PKM FKM Unhas dalam PKM Skema Insentif Tahun 2023

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan bagian dari Implementasi Human-Centered Design (HCD) pada tiga kabupaten/kota di Provinsi Maluku. Implementasi HCD ini didampingi oleh Pusat Studi Kota Sehat Indonesia atau Center for Indonesian Healthy Cities Studies (CIHCS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan UNICEF. Menurut Muhammad Rachmat, perwakilan CIHCS FKM Unhas, setiap pihak perlu mengambil peran dalam meningkatkan cakupan imunisasi rutin wajib di Indonesia. Vaksinasi merupakan salah satu intervensi kesehatan yang lebih murah dan lebih efektif.

“Dari banyak penyakit ada beberapa di antaranya yang sudah secara pasti bisa kita cegah dengan imunisasi atau vaksinasi yang biasa disebut PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi), tutup Muhammad Rachmat yang merupakan dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Share :

Baca Juga

Berita

Seminar Awal Mahasiswa PBL 2 Posko 12 FKM Unhas: Upaya Peningkatan Kesehatan di Desa Kabba

Berita

Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Salobar Untuk Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Akhir PBL III di Kelurahan Bone, Pangkep

Berita

Dosen K3 FKM Unhas Melaksanakan Pengabdian Masyarakat dalam Menangani Kelelahan dan Stres Kerja pada Perawat di RSUD Lasinrang Pinrang

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Menggelar Bina Desa di Kelurahan Lakkang Kecamatan. Tallo Kota Makassar 2024

Berita

Mahasiswa Universitas Hasanuddin Sukses Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Sampah di Desa Mandalle: Upaya Konkrit Mendukung SDGs No. 12

Berita

Kolaborasi Mahasiswa Posko-19 PBL II FKM Unhas dan Karang Taruna Desa Pitu Sunggu dalam Edukasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular

Berita

Departemen Epidemiologi FKM Unhas Menggelar FGD untuk Penyusunan Dokumen Pembukaan Prodi S3 Epidemiologi