Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 20 Juli 2023 - 21:31 WIB

Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Besar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Doc. Launching Purwarupa Human Center Design (Istimewa)

Doc. Launching Purwarupa Human Center Design (Istimewa)

Sebagai bagian dari komunitas yang peduli terhadap kesehatan dan kesejahteraan, kita telah menyaksikan peran kritis yang dimainkan oleh posyandu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Posyandu merupakan pelayanan dasar bagi kesehatan masyarakat yang dikelola masyarakat dengan dukungan dari pemerintah daerah melalui pusat kesehatan masyarakat. Keberadaan posyandu juga penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil, sekaligus membentuk generasi penerus bangsa yang mampu bersaing ditingkat global.

Salah satu upaya guna meningkatkan cakupan imunisasi yakni melalui metode Human Centered Design yang merupakan pendekatan yang berfokus pada kebutuhan, harapan dan aspirasi pengguna sebagai pusat dari proses perancangan dan pengembangan layanan. Dalam hal ini pengguna adalah masyarakat terutama ibu dan anak yang menjadi sasaran utama dari pelayanan posyandu.

Dengan mengadopsi Human Centered Design Puskesmas Air Besar bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon telah meluncurkan purwarupa diantaranya Tempat Bermain Anak di Posyandu  (TABEA Posyandu), Layar Tancap Pemutaran Video Lewat Infocus (TAMU VIP), Wisudawan/ Wisudawati Imunisasi Rutin Lengkap di Posyandu (WARUNG POSYANDU), Denah Lokasi Posyandu  (DELPOS), Info Posyandu dari TOA Masjid (INFORMA), Grup WA Posyandu (PANDU), Sosialisasi oleh Nakes dan Tokoh Agama (SONETA), dan Sweping Imunisasi (SIM).

Baca Juga  Antusiasme Semangat Mahasiswa Baru pada Hari Kedua Pelaksanaan PKMMB FKM Unhas: Serangkaian Materi dan Kegiatan Inspiratif Terus Bergulir
Doc. Kegiatan (Istimewa)

Kegiatan launching purwarupa ini berlangsung pada hari Kamis (20/7/2023) di Posyandu Dahlia, dan turut dihadiri oleh para pemangku kepentingan, termasuk Ketua TP. PKK Kota Ambon, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Kepala BAPPEDA Litbang Kota Ambon, Pj. Negeri Batu Merah, PKK Negeri Batu Merah, Ketua IAD wilayah Maluku, Perwakilan UNICEF di wilayah Maluku, Fasilitator HCD Provinsi Maluku, Fasilitator HCD Kota Ambon, Ketua RT/RW di wilayah posyandu Dahlia Gunung Malintang, Kader Posyandu dan tim Puskesmas Air Besar. Bersamaan dengan kegiatan launching purwarupa ini selain pemberian imunisasi bagi anak juga dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi lansia yang ada di wilayah posyandu Dahlia.

Dalam sambutannya Riki Samson menyampaikan bahwa Wisudawan/wisudawati Imunisasi Rutin lengkap di posyandu akan diterapkan bukannya hanya di posyandu Dahlia saja tapi nantinya akan dilaksanakan di seluruh posyandu yang ada di Kota Ambon, sehingga ibu-ibu dihimbau agar buku KIA jangan sampai hilang. Masyarakat yang hadir pun merasa antusias dengan penerapan purwarupa ini, sehingga diharapkan angka cakupan imunisasi akan meningkat dan sehingga tercipta masyarakat yang sehat di Kota Ambon.

Baca Juga  Melalui FGD, Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas bersama Pemdes Bulu Cindea dan DLH Kab. Pangkep Komitmen untuk Mengaktifkan Kembali Bank Sampah

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan bagian dari Implementasi Human-Centered Design (HCD) pada tiga kabupaten/kota di Provinsi Maluku. Implementasi HCD ini didampingi oleh Pusat Studi Kota Sehat Indonesia atau Center for Indonesian Healthy Cities Studies (CIHCS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan UNICEF. Menurut Muhammad Rachmat, perwakilan CIHCS FKM Unhas, setiap pihak perlu mengambil peran dalam meningkatkan cakupan imunisasi rutin wajib di Indonesia. Vaksinasi merupakan salah satu intervensi kesehatan yang lebih murah dan lebih efektif.

“Dari banyak penyakit ada beberapa di antaranya yang sudah secara pasti bisa kita cegah dengan imunisasi atau vaksinasi yang biasa disebut PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi), tutup Muhammad Rachmat yang merupakan dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Share :

Baca Juga

Berita

FKM UNHAS GELAR PENERIMAAN REWARD UNTUK MAHASISWA BERPRETASI NASIONAL DAN INTERNASIONAL SERTA EVALUASI KEGIATAN PEMBINAAN PRESTASI MAHASISWA

Berita

KKNT Unhas di Desa Saotengnga, Sinjai, Lakukan Edukasi Pembukuan Keuangan Sederhana

Berita

Posko 30 PBL III FKM UNHAS Rekonstruksi Papan Wicara Menjadi Leaflet untuk Edukasi Siswa SDN 24 Taraweang tentang Penanganan Sampah

Berita

AIPTKMI Regional Timur Gelar kegiatan Public Health Competiton (PHC)

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Bimbing Ibu-ibu Desa Bontotangnga dalam Pembuatan Makanan Sehat: Bolu Kukus Daun Kelor

Berita

Launching Purwarupa Human Centered Design di Puskesmas Taar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi di Tual

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Keluarga Berisiko Stunting Tentang ASI dan MP-ASI di Desa Bontosunggu

Berita

Dosen FKM Unhas Kenalkan Metode KAP pada Mahasiswa UIT dalam Praktikum Promosi Kesehatan