Home / Berita / Pendidikan / Regional

Minggu, 8 Oktober 2023 - 21:37 WIB

Mahasiswa Magister Ilmu Gizi UNHAS Berperan Aktif dalam Kegiatan Bakti Sosial Hari Kesehatan Angkatan Laut Tahun 2023 di RSGM Ladokgi Makassar

Doc. Bakti Sosial Mahasiswa Magister Ilmu Gizi Hari Kesehatan Angkatan Laut (Istimewa)

Doc. Bakti Sosial Mahasiswa Magister Ilmu Gizi Hari Kesehatan Angkatan Laut (Istimewa)

Makassar, 8 Oktober 2023 — Mahasiswa Magister Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin (UNHAS) mengambil bagian dalam sebuah upaya bakti sosial yang bersejarah pada Hari Kesehatan Angkatan Laut Tahun 2023 yang diadakan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Ladokgi Makassar. Acara prestisius ini dihadiri oleh Walikota Makassar, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNHAS, serta pimpinan Letnan Angkatan Laut.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan kolaborasi antara RSGM Ladokgi Makassar dan Universitas Hasanuddin dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perawatan kesehatan gigi dan mulut, terutama di kalangan angkatan laut. Sebanyak 6 (enam) Mahasiswa Magister Ilmu Gizi UNHAS bersama dengan dosen pendamping, Laksmi Trisasmita, S.Gz., M.K.M secara aktif terlibat dalam berbagai aspek kegiatan ini, salah satunya dengan melakukan pengukuran status gizi terhadap balita untuk mendeteksi risiko stunting.

Salah satu peran utama yang diambil oleh mahasiswa Magister Ilmu Gizi UNHAS adalah memberikan edukasi tentang pentingnya pencegahan dan penanganan balita stunting. Mereka memberikan informasi kepada peserta tentang hubungan antara makanan dan penentuan kesehatan serta memberikan saran gizi yang sesuai.

Baca Juga  FKM Unhas:Raih Gelar Juara 1 dalam Lomba Bulutangkis antar Fakultas se-Unhas

Selain itu, mahasiswa Magister Ilmu Gizi UNHAS juga turut membantu dalam penyelenggaraan layanan kesehatan gigi dan mulut kepada peserta acara. Mereka bekerja sama dengan tenaga medis di RSGM Ladokgi Makassar untuk memastikan bahwa peserta acara mendapatkan perawatan gigi dan mulut yang berkualitas dan edukasi kesehatan lainnya.

Pada acara ini, Walikota Makassar mengapresiasi peran aktif mahasiswa Magister Ilmu Gizi UNHAS dalam mendukung kegiatan bakti sosial ini. Beliau menyatakan, “Partisipasi mahasiswa Magister Ilmu Gizi UNHAS dalam acara ini sangat berharga. Kesehatan gizi adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan, dan edukasi serta perawatan dan pencegahan yang mereka berikan sangat berarti bagi masyarakat kita.”

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Bimbing Ibu-ibu Desa Bontotangnga dalam Pembuatan Makanan Sehat: Bolu Kukus Daun Kelor
Doc. Bakti Sosial (Istimewa)

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH., PhD juga mengungkapkan kebanggaannya atas kontribusi mahasiswa dalam acara ini. “Kegiatan ini adalah contoh nyata bagaimana mahasiswa kami dapat berperan aktif dalam masyarakat. Ini adalah pengalaman berharga yang akan membentuk mereka menjadi pemimpin yang peduli terhadap kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Pimpinan Letnan Angkatan Laut menambahkan, “Kami sangat menghargai dukungan dari Universitas Hasanuddin dan mahasiswanya dalam upaya menjaga kesehatan angkatan laut. Kerjasama seperti ini memperkuat ikatan antara universitas dan komunitas militer.”

Kegiatan bakti sosial ini adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara universitas, rumah sakit, dan komunitas dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Mahasiswa Magister Ilmu Gizi UNHAS terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya-upaya positif seperti ini yang berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Berhasil Melakukan Pemasangan Papan Wicara terkait Informasi Jenis-Jenis Sampah dan Waktu Penguraiannya

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan acara Guest Lecture dalam rangka Dies Natalies FKM Unhas ke-41 Tahun 2023 dengan mengangkat tema “Health System Sustainability and Resilience”

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Kembangkan Aplikasi “StuntingCare” Dukung Penurunan Stunting di Selayar

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Perkenalkan Makanan Kaya Zat Besi dan Cara Pencucian Luka Gigitan Anjing di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Mahasiswa Promkes FKM Unhas Lakukan Simulasi Implementasi Budaya Lokal pada Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak di Kelurahan Balleangin Kecamatan Balocci

Berita

Tim Peneliti FKM Unhas dan Pemerintah Polewali Mandar Bersinergi Cegah AKI dan Stunting, Dukung SDGs Poin 2 dan 3

Berita

Antusiasme Semangat Mahasiswa Baru pada Hari Kedua Pelaksanaan PKMMB FKM Unhas: Serangkaian Materi dan Kegiatan Inspiratif Terus Bergulir

Berita

Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13: Menurunkan Insidensi Diare pada Baduta di Desa Panaikang sesuai SDGs 3.2