Home / Berita / Pendidikan / Regional

Minggu, 1 Oktober 2023 - 05:52 WIB

Tim PKM E-Health School Report Gelar Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMAN 7 Takalar

Doc. Tim PKM-PM FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Tim PKM-PM FKM Unhas (Istimewa)

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada skim Pengabdian kepada Masyarakat (PM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Makassar menggelar kegiatan pengabdian yang dilaksanakan sebanyak 7 kali kunjungan ke SMAN 7 Takalar. Kegiatan PKM-PM ini dibimbing oleh Ibu Andi Selvi Yusnitasari, SKM., M.Kes., dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan dimulai pada tanggal 29 Juli 2023, yaitu sosialsiasi kegiatan kepada mitra, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pemilihan kader remaja (11 Agustus 2023), pelatihan kader dan pembagian buku saku (22 Agustus 2023), pelatihan kader dan pemberian alat kepada mitra (30 Agustus 2023), pengenalan aplikasi E-Health School Report (12 September 2023), pendampingan screening, recording dan reporting dan pembentukan Pos Kesehatan Siswa (20 September 2023), serta sosialisasi aplikasi kepada orang tua siswa (1 Oktober 2023).

Baca Juga  FKM Unhas:Raih Gelar Juara 1 dalam Lomba Bulutangkis antar Fakultas se-Unhas

Ketua Tim PKM-PM E-Health School Report, Andi Tis’a Ramadhani menyampaikan bahwa “Mitra sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh tim, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan”.

Tim E-Health School Report berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, sekolah memiliki database kesehatan siswa sehingga dapat dilakukan pemantauan masalah kesehatan oleh guru dan orang tua siswa. Salah satu orang tua siswa menyampaikan bahwa “Aplikasi E-Health School Report ini merupakan aplikasi yang bagus digunakan oleh sekolah karena orang tua dapat melihat status kesehatan anaknya”.

Baca Juga  Mahasiswa KKN-PK Universitas Hasanuddin Angkatan 63 Lakukan Program Penyuluhan dan Demonstrasi Kesehatan di Desa Pa’lalakkang untuk Cegah Stunting

Pihak sekolah juga menyampaikan bahwa “Kehadiran tim pengabdian dari mahasiswa FKM Unhas memberikan manfaat besar bagi sekolah, sehingga siswa mendapatkan literasi tentang kesehatan. Aplikasi yang diberikan juga membantu guru untuk memantau kesehatan siswa sehingga dapat dilakukan intervensi bersama oleh guru dan orang tua. Ke depannya, kegiatan ini akan menjadi program rutin yang akan dilaksanakan oleh sekolah.”

Share :

Baca Juga

Berita

CIHCS FKM Unhas Sukses Dampingi Implementasi HCD di Provinsi Maluku

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Ibu-ibu Cegah BBLR dan Stunting di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Posko 29 Desa Patallassang Sukses Gelar Seminar Akhir PBL III untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Gencarkan Penyuluhan Pencegahan Diare di Desa Kabba

Berita

Pemberian edukasi mengenai HIV/AIDS melalui metode nonton bareng yang di lakukan oleh mahasiswa PBL 2 posko 27 Desa Mandalle

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Menggelar Aksi Penanaman Bibit Pohon Ketapang Kencana di Desa Bontotangnga

Berita

BKKBN Supervisi Kegiatan Pendampingan Unhas dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bantaeng

Berita

Peningkatan Awareness HIV AIDS Di Desa Coppo Tompong Melalui Pemasangan Media Edukasi Poster Oleh Mahasiswa PBL II FKM UNHAS