Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 11 Januari 2024 - 16:15 WIB

Posko 32 PBL II FKM UNHAS Laksanakan Seminar Awal: Membahas Solusi Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Fisik Air di Desa Bulu Tellue Kecamatan Tondong Tallasa

Doc. Seminar Awal Posko 32 PBLII FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Seminar Awal Posko 32 PBLII FKM Unhas (Istimewa)

Bulu Tellue, 11 Januari 2024 – Sebanyak 7 mahasiswa yang tergabung dalam posko 32 berhasil melaksanakan seminar awal PBL 2 dengan dukungan dari dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D, pengelola PBL Dian Saputra Marzuki, S.KM., M.Kes, dan Fajaruddin Natsir, S.KM., M.Kes selaku Supervisor Posko 32.

Dalam memulai serangkaian kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) 2 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, posko 32 Desa Bulu Tellue, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep telah mengadakan seminar awal PBL 2. Seminar ini diadakan di Kantor Desa Bulu Tellue pada pukul 09.30-10.30.

Keberhasilan seminar ini terlihat dari partisipasi tamu undangan, dimana di dalamnya terdapat Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Kepala BPD, Kepala Pustu, Ketua Posyandu Desa Bulu Tellue, dan perwakilan setiap RK di desa tersebut. Peserta seminar awal juga menunjukkan antusiasme yang tinggi, terlibat aktif dalam sesi diskusi dengan memberikan masukan dan saran terkait kegiatan intervensi yang akan dilaksanakan oleh posko 32 selama 14 hari yang akan datang.

Baca Juga  Departemen PKIP FKM UNHAS Gelar Pra-Lokakarya Pengembangan Kurikulum 2023

Koordinator Posko 32, Restyanti Paarrang, memberikan sambutan pembukaan seminar, diikuti oleh sambutan dari Bhabinkamtibmas yaitu Bripka Abd. Kadir, S.Psi dan Kepala Desa Bulu Tellue, Hariadi S.Sos. Selanjutnya, seminar awal merupakan sosialisasi mengenai program intervensi di PBL 2 sebagai alternatif penyelesaian masalah yang dihasilkan dari PBL 1. Salah satu intervensi yang akan dilaksanakan yaitu Pelatihan dan Pembuatan Penjernihan Air Sederhana dengan media booklet dan praktek pembuatan alat penjernihan air. Berdasarkan data yang didapatkan dari hasil PBL 1, masih ada beberapa rumah tangga memiliki kondisi fisik air yang termasuk dalam kategori keruh, berbau, dan berlumut. Oleh sebab itu, posko 32 menghadirkan intervensi dalam bentuk pelatihan dan pembuatan penjernihan air sederhana sebagai solusi sederhana yang dapat diterapkan oleh masyarakat desa Bulu Tellue. Program ini juga merupakan langkah konkrit untuk mencapai tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) ke-6, yaitu Air Bersih dan Sanitasi Layak, dengan fokus pada peningkatan kualitas fisik air.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Gerakan Bersih Desa di Pamatata, Selayar

Dengan demikian, melalui pelaksanaan Praktik Belajar Lapangan II (PBL II) oleh mahasiswa Posko 32 FKM UNHAS, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Bulu Tellue, Kabupaten Pangkep, melalui pemberdayaan dan penyelesaian permasalahan kesehatan yang ada.

Share :

Baca Juga

Berita

Pelatihan Kader Remaja di Posyandu Desa Kaseralau, Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang oleh Tim Pengabdian FKM Unhas

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Gelar PKKMB 2023: Memperkenalkan 7 Karakter Unggul Mahasiswa Baru

Berita

Departemen Epidemiologi FKM Unhas Menggelar FGD untuk Penyusunan Dokumen Pembukaan Prodi S3 Epidemiologi

Berita

Pelatihan Pengukuran Antropometri bagi Kader Posyandu Menjadi Pusat Perhatian Departemen Ilmu Gizi di Wilayah Kerja Puskesmas Bontomarannu Kecamatan Galesong Selatan

Berita

Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas adakan Gerakan Sadar Gizi

Berita

Dukung Agenda SDGs, Tim Departemen PKIP FKM Unhas Latih KAP Kader Posyandu untuk Tingkatkan Cakupan Imunisasi Rotavirus

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Menggelar Aksi Penanaman Bibit Pohon Ketapang Kencana di Desa Bontotangnga

Berita

Mahasiswa S3 Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unhas raih juara 1 Kategori Rintisan dalam Kegiatan Talenta Wirausaha