Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 13 Juli 2023 - 19:16 WIB

Dinas Kesehatan Intan Jaya Tingkatkan Kapasitas Staf Melalui Pelatihan Bersama FKM UNHAS

Doc. Kegiatan Pelatihan (Istimewa)

Doc. Kegiatan Pelatihan (Istimewa)

Makassar – Dalam upaya meningkatkan kapasitas staf Dinas Kesehatan Intan Jaya, para pegawai dari dinas tersebut mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM UNHAS). Pelatihan ini akan berlangsung mulai tanggal 13 hingga 17 Juli 2023 di Laboratorium Komputer FKM UNHAS dan telah dibuka secara resmi oleh Dekan FKM UNHAS, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D.

Doc. Kegiatan Pelatihan (Istimewa)

Kegiatan pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Kesehatan Intan Jaya dan FKM UNHAS yang diinisiasi oleh Kaprodi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan kepada staf dinas kesehatan dalam menghadapi tantangan yang ada di bidang kesehatan.

Baca Juga  Launching Purwarupa Human Centered Design di Puskesmas Taar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi di Tual

Peserta pelatihan, yang merupakan staf Dinas Kesehatan, terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti seluruh proses pelatihan. Mereka berharap materi yang diberikan dapat diaplikasikan di lapangan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Pelatihan ini difasilitasi oleh lima orang trainer yang merupakan dosen dari FKM UNHAS. Setiap trainer memiliki keahlian dalam bidang yang sesuai dengan materi yang diberikan, yaitu: sistem informasi kesehatan (SIK), aplikasi GIS (Geographic Information System), software analisis data SPSS, pengolah data MS Excel, dan manajemen website. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk mempelajari semua materi tersebut, sehingga mereka dapat menguasai keterampilan yang relevan dengan pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga  Launching Purwarupa di Puskesmas Watdek, Dorong Peningkatan Cakupan Imunisasi di Kabupaten Maluku Tenggara

Prof. Sukri Palutturi, dalam sambutannya, menyatakan harapannya bahwa kegiatan positif seperti ini harus terus dilakukan dan ditingkatkan serta kerjasama antara Dinas Kesehatan Intan Jaya dan FKM UNHAS dapat dilanjutkan di berbagai aspek. Ia juga menekankan pentingnya penerapan ilmu dan teknologi dalam bidang kesehatan masyarakat guna meningkatkan pelayanan dan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut.

Melalui pelatihan ini, diharapkan staf Dinas Kesehatan Intan Jaya akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam menjalankan tugas mereka. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Intan Jaya.

Share :

Baca Juga

Berita

Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Cara Telaah Etik Penelitian yang Baik

Berita

FKM Unhas Adakan FGD untuk Rancang Konsep PBL 2023

Berita

FKM Unhas dan Pertamina-Medco Tomori Kolaborasi dalam MBKM Riset Mandiri untuk Dukung SDG’s 1 dan 2

Berita

Mahasiswa PBL III FKM Unhas di Kelurahan Bonto Matene Evaluasi Program yang Mendorong Pencapaian SDGs

Berita

Perkuat Kompetensi Mahasiswa : FKM Unhas Gelar Sosialisasi MKPK Kepada Pengurus Lembaga Mahasiswa

Berita

Inisiasi Pengembangan Konsentrasi, S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas Laksanakan FGD

Berita

Mendorong Pencapaian SDGs, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan dan Pemasangan Poster Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Seminarkan Rencana Kegiatan di Desa Tompo Bulu, Kabupaten Pangkep