Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 10 Agustus 2023 - 22:53 WIB

Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas Turut Berperan dalam Penurunan Stunting dengan Dinas Kesehatan Pangkep

Doc. PPK ORMAWA BEM FKM Unhas (Istimewa)

Doc. PPK ORMAWA BEM FKM Unhas (Istimewa)

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) berpartisipasi dalam Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung KB dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Tahun 2023 di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan berkoordinasi dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB3A). Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Pangkep, Camat Bungoro, Puskesmas Bowong Cindea, Dokter Ahli Gizi dan berbagai pihak lainnya terkait kegiatan penurunan stunting di Kantor Desa Bulu Cindea pada hari Kamis (10/8/2023) pagi.

Doc. Kegiatan Percepatan Penurunan Stunting (Istimewa)

Kegiatan dibuka oleh H. Syahban Sammana, SH selaku Wakil Bupati Kabupaten Pangkep. Wakil Bupati mendukung penuh kegiatan penurunan stunting dengan bahan makanan lokal. “Salah satu upaya dalam menurunkan stunting yaitu dengan memberikan variasi makanan dengan menggunakan pangan lokal yang ada di sekitar dan diolah sedemikian rupa sehingga anak-anak menyukai makanan tersebut” ujar H. Syahban Sammana.

Baca Juga  Seminar awal di Posko 16 Praktik Belajar Lapangan II Kelurahan Bonto-Bonto Sukses diselenggarakan dengan kehadiran langsung Camat Ma’rang

Kepala Desa mengajak Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas untuk turut ikut serta dalam kegiatan ini yang sejalan dengan bidang ilmu kami yaitu kesehatan masyarakat. Terdapat beberapa rangkaian pada kegiatan ini yaitu pemeriksaan kesehatan massal, penyuluhan stunting, demo masak MP-ASI bagi anak usia 6-8 bulan, dan pembagian makanan untuk keluarga dengan anak stunting.

Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas mendukung penuh percepatan penurunan stunting dan siap mendampingi pelaksanaannya di lapangan. Pada  kegiatan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung KB di Desa Bulu Cindea para masyarakat sangat antusias. Hal ini dapat dilihat karena pada sekitar jam 8 pagi, Aula Kantor Desa Bulu Cindea sudah dipenuhi oleh warga Bulu Cindea untuk mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan. Di samping itu, banyak dihadiri oleh ibu-ibu yang memiliki bayi atau balita.

Baca Juga  Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Gizi:Praktek Pembuatan MPASI Berbasis Pangan Hewani Lokal di Posyandu Kecamatan Balocci Pangkep
Doc. Kegiatan (Istimewa)

Menurut Kepala Desa Bulu Cindea, Bapak Made Ali HB, SE. “Kegiatan Demo Masak MP-ASI yang dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa sangat cocok dan tepat sasaran dengan event yang dilaksanakan di Desa Bulu Cindea. Demo Masak MP-ASI mendapat respon yang sangat positif seiringan dengan penyampaian Wakil Bupati Pangkep, pihak Dinkes dan beberapa pihak yang lainnya karena sejalan dengan pembahasan Stunting yang sudah menjadi isu Nasional apalagi di Desa Bulu Cindea merupakan salah satu Lokus Stunting di Kabupaten Pangkep. Demo Masak sangat membantu pemerintah desa dalam memahamkan dan mengedukasi masyarakat terkait makanan-makanan apa saja yang tepat dan bergizi untuk dikonsumsi”.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa PBL III Posko 09 FKM Unhas Evaluasi Program Prioritas untuk Dukung Tercapainya SDGs di Kelurahan Tumampua

Berita

Dosen FKM Unhas Jadi Fasilitator KAP Mentor Tim Pendamping Keluarga Regional Sulawesi

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Berhasil Melakukan Pemasangan Papan Wicara terkait Informasi Jenis-Jenis Sampah dan Waktu Penguraiannya

Berita

Posko 29 Desa Patallassang Sukses Gelar Seminar Akhir PBL III untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat

Berita

FKM UNHAS MENERIMA PENDANAAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 8 BIDANG TAHUN 2023

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Murid SD di Desa Pamatata Selayar untuk Budayakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Berita

Kolaborasi Program Kosabangsa UNHAS dan UKIM Untuk Daerah 3T Mendukung Target SDG’s Satu dan Lima di Kab.Maluku Barat Daya

Berita

Inovasi Mahasiswa KKNT Unhas: ‘Kelor Seduh’ Melawan Stunting di Desa Bontosunggu, Selayar