Home / Berita / Pendidikan / Regional

Minggu, 29 Oktober 2023 - 16:33 WIB

Dosen FKM Unhas Jadi Fasilitator KAP Mentor Tim Pendamping Keluarga Regional Sulawesi

Doc. Workshop Pendampingan Calon Pengantin dan Keluarga Berisiko Stunting bagi Mentor Tim Pendamping Keluarga (TPK) (Istimewa)

Doc. Workshop Pendampingan Calon Pengantin dan Keluarga Berisiko Stunting bagi Mentor Tim Pendamping Keluarga (TPK) (Istimewa)

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan Workshop Pendampingan Calon Pengantin dan Keluarga Berisiko Stunting bagi Mentor Tim Pendamping Keluarga (TPK). Pelaksanaan workshop ini dilakukan di 5 regional yaitu Sumatera, Jawa – Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Wilayah Timur. Workshop regional Sulawesi berlangsung selama 8 hari dari tanggal 22–29 Oktober 2023 di Swiss Belhotel, Makassar.

Doc. Praktek KAP (Istimewa)

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan komitmen mitra lini lapangan dalam rangka kolaborasi dan konvergensi percepatan penurunan stunting untuk meningkatkan pendampingan kepada calon pengantin dan keluarga berisiko stunting. Pesertanya terdiri dari tim pendamping keluarga yang akan dipersiapkan jadi mentor di wilayah masing-masing. Peserta berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Baca Juga  Mahasiswa FKM UNHAS meraih prestasi di Final The 2nd Indonesian Public Health Olympiad (IPHO)

Pendampingan kepada calon pengantin merupakan langkah strategis dalam upaya pencegahan stuting. Pencegahan dari hulu dianggap lebih efektif dan efisien, yaitu dengan memberikan pengetahuan dan pelayanan kesehatan yang akan mempersiapkan calon pengantin ini agar siap untuk hamil dan melahirkan anak sehat dan cerdas.

Kegiatan ini didukung oleh Forum Pelatih Komunikasi Antar Pribadi (KAP) yang khusus pada hari kelima workshop menyampaikan materi “Praktik KAP”. Forum Pelatih KAP mengutus fasilitator di regional Sulawesi yaitu Dr. Kasman Makkasau dari Dinas Kesehatan Kota Parepare dan Muhammad Rachmat, MKes dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas).

“Para mentor diberi bekal untuk dapat melakukan penyampaian pesan secara baik dan menyentuh sasaran, baik kelompok maupun individu. Oleh karena itu, peserta dibekali keterampilan komunikasi antarpribadi yang menyenangkan dan menambah akrab, bermain dan belajar, semua berbicara dan mendengarkan, dan kunci komitmen untuk mengamalkan perilaku sehat,” ujar Muhammad Rachmat yang merupakan dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Baca Juga  Seminar Awal di Posko 27 Praktik Belajar Lapangan II Desa Mandalle Berhasil Diselesaikan dengan Sukses

Menurut peserta, kegiatan ini sangat baik dan bisa membantu mereka menggunakan cara-cara, bahan, dan teknis komunikasi yang selama ini masih kurang maksimal mereka gunakan di lapangan. Peserta dibekali berbagai permainan dan lagu edukatif. Mereka berharap pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka miliki dapat diterapkan di wilayah mereka masing-masing dan siap menjadi mentor-mentor KAP Stunting yang hebat.

Share :

Baca Juga

Berita

Tim Dosen Unhas Perkuat Keterampilan Emo-Demo Kader Pendamping Keluarga di Bantaeng

Berita

Mahasiswa PBL III FKM Unhas Posko 31 Tingkatkan Kesehatan Masyarakat dengan Senam Sehat Anti Hipertensi: Evaluasi Menunjukkan Hasil Positif

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Berhasil Melakukan Pemasangan Papan Wicara terkait Informasi Jenis-Jenis Sampah dan Waktu Penguraiannya

Berita

Launching Purwarupa di Puskesmas Watdek, Dorong Peningkatan Cakupan Imunisasi di Kabupaten Maluku Tenggara

Berita

TIM PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) FKM UNHAS MENERIMA BANTUAN MODAL USAHA

Berita

MENJAGA KESEHATAN GENERASI MENDATANG, POSKO 21 PBL II FKM UNHAS MENGGELAR PENYULUHAN HIV-AIDS PADA PESERTA POSYANDU MILENIAL DI DESA PUNRANGA

Berita

FKM Unhas Menggelar Acara Pelepasan Mahasiswa MBKM PMM Batch 4, MSIB Batch 6, dan KM batch 7 Tahun 2024

Berita

Mahasiswa Posko 2 PBL II FKM UNHAS Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS di Balocci Baru Melalui Penyuluhan Interaktif dan Kreatif