Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 12 Januari 2024 - 13:38 WIB

Posko 2 FKM UNHAS Menyelenggarakan Seminar Awal PBL II Dengan Fokus Pada Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan Di Kelurahan Balocci Baru

Doc. Seminar Awal Posko 2 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Seminar Awal Posko 2 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Posko 2 Kelurahan Balocci Baru, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, memulai rangkaian kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin dengan menyelenggarakan seminar awal PBL II. Acara tersebut berlangsung di Kantor Lurah Balocci Baru pada hari Jumat, 12 Januari 2024.

Delapan mahasiswa yang tergabung dalam Posko 2 yaitu Dwi Kresno Dewantoro, Anisa Sahabuddin, Welsy Wulan Sari, Aisyah Azzahrah Arfajah, Virginia Randanan T.P., Fasya Nur Aisyah, Amirah Anisa Amatullah dan Widiyani berhasil menyelenggarakan seminar awal PBL 2 dengan dukungan penuh dari dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D, serta pengelola PBL Dian Saputra Marzuki, S.KM., M.Kes, dan A.Wahyuni, SKM, M.Kes, yang bertindak sebagai Supervisor Posko 2.

Hal tersebut terlihat dari kehadiran sebagian besar tamu undangan, termasuk perangkat desa seperti lurah, sekretaris lurah, ketua tiap RW dan RT, kader posyandu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, masyarakat umum serta mahasiswa KKNT STKIP Pangkep yang bertugas di Balocci Baru. Antusiasme peserta seminar awal juga tercermin dalam partisipasi yang aktif, terutama dalam sesi diskusi yang berkaitan dengan aspek teknis pelaksanaan Praktek Belajar Lapangan (PBL) yang akan dilaksanakan.

Baca Juga  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Membahas Peluang dan Diskusi Kerjasama Penelitian dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas)

Seminar dimulai dengan sambutan dari koordinator Posko 2, Dwi Kresno Dewantoro, dan dilanjutkan dengan sambutan resmi dari lurah Balocci Baru, Maryam, S.Pd. Selain itu, turut memberikan sambutan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Balocci Baru.Seminar awal diikuti oleh sosialisasi mengenai program intervensi dalam Praktek Belajar Lapangan II (PBL II) sebagai opsi penyelesaian masalah dari hasil PBL I. Program intervensi tersebut akan diimplementasikan di Kelurahan Balocci Baru.

Kegiatan yang diimplementasikan oleh Posko 2 FKM UNHAS, seperti Sosialisasi dan Pemasangan Stiker Larangan Merokok secara Door To Door, Penyuluhan HIV/AIDS melalui permainan kartu kuartet dan kalender edukasi, penyuluhan serta pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick, dan Program Intervensi Nutrisi (Pintar) dengan Tablet Tambah Darah, secara substansial berkontribusi pada pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs).

Pertama, Sosialisasi dan Pemasangan Stiker Larangan Merokok secara Door To Door mendukung SDG 3 (Kesehatan dan Kesejahteraan) dengan mempromosikan lingkungan bebas asap rokok, yang berpotensi meningkatkan kesehatan masyarakat setempat.

Kedua, Penyuluhan HIV/AIDS melalui permainan kartu kuartet dan kalender edukasi membantu mendukung SDG 3 dengan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap masalah kesehatan, khususnya HIV/AIDS.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Kembangkan Peta Sebaran dan Risiko Stunting di Desa Pamatata, Selayar

Ketiga, kegiatan Penyuluhan dan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Ecobrick dapat dikaitkan dengan SDG 12 (Produksi dan Konsumsi Bertanggung Jawab) dengan cara mengajarkan masyarakat untuk secara aktif terlibat dalam pengelolaan sampah plastik, yang pada gilirannya dapat mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Keempat, Program Intervensi Nutrisi (Pintar) dengan Tablet Tambah Darah mengarah ke pencapaian SDG 2 (Pangan yang Aman, Bergizi, dan Terjangkau) dengan memberikan solusi nutrisi dan mendukung kesehatan masyarakat.

Dengan demikian, melalui pendekatan holistik ini, Posko 2 FKM UNHAS tidak hanya berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat lokal di Kelurahan Balocci Baru, tetapi juga secara langsung atau tidak langsung turut mendukung upaya global untuk mencapai keberlanjutan di berbagai aspek kehidupan.Dengan melaksanakan Praktek Belajar Lapangan II (PBL II), mahasiswa Posko 2 FKM UNHAS berharap dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan tingkat kesehatan. Upaya ini dilakukan dengan memberdayakan masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang dihadapi di Kelurahan Balocci Baru, Kabupaten Pangkep.

Share :

Baca Juga

Berita

Seminar awal di Posko 16 Praktik Belajar Lapangan II Kelurahan Bonto-Bonto Sukses diselenggarakan dengan kehadiran langsung Camat Ma’rang

Berita

Lokakarya Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin: Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Kurikulum

Berita

Posko 08 FKM Unhas Sukses Evaluasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Tekolabbua dengan Fokus pada Target 3 SDGs

Berita

PBL II FKM UNHAS Sukses Gelar Intervensi Permainan Edukasi: Pentingnya Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri di Desa Coppo Tompong

Berita

Pelatihan Bibliometrik oleh Pusat Studi Manajemen Pelayanan Kesehatan (PS-MPK) FKM Unhas

Berita

Membentuk Generasi Berkualitas tanpa HIV/AIDS, Posko 32 PBL II FKM Unhas Menggelar Penyuluhan dengan Media Booklet

Berita

Mengatasi Kualitas Fisik Air di Desa Bulu Tellue, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melaksanakan Pelatihan dan Pembuatan Penjernihan Air Sederhana

Berita

Posko 16 PBL FKM Unhas Dorong Kesadaran Lingkungan: Demonstrasi dan Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik Bersama Ibu-Ibu Senam di Kelurahan Bonto-Bonto