Home / Berita / Pendidikan / Regional

Rabu, 15 Mei 2024 - 21:22 WIB

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Menggelar Bina Desa di Kelurahan Lakkang Kecamatan. Tallo Kota Makassar 2024

Doc.

Doc. "Edukasi Pemilihan dan Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik” di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar (Istimewa)

Makassar, 15 Mei 2024 – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan Bina Desa dengan pogram “Edukasi Pemilihan dan Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik” di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan sampah ini dihadiri oleh Lurah Kelurahan Lakkang, Mansyur, S.H, beserta sejumlah tokoh masyarakat dan warga setempat.

Lurah Kelurahan Lakkang, dalam sambutannya menyatakan apresiasinya atas inisiatif mahasiswa FKM Unhas yang berkontribusi dalam penanganan masalah sampah di wilayahnya. “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga mampu mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah,” ujarnya. Acara dimulai dengan sesi sambutan dari Lurah Lakkang dan Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes. mengenai pentingnya memilah sampah sejak dari rumah. Pelakasanaan program  ini di dampingi oleh dosen Departemen Kesehatan Lingkungan Bapak Basir, SKM., M.Sc.

Baca Juga  BKKBN Supervisi Kegiatan Pendampingan Unhas dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bantaeng
Doc. Pelatihan pengolahan sampah-membuat kompos (Takakura) (Istimewa).

Mahasiswa FKM Unhas memberikan penjelasan tentang perbedaan antara sampah organik dan anorganik serta cara-cara efektif mengolahnya. Sampah organik dapat diolah menjadi kompos yang bermanfaat bagi pertanian, sementara sampah anorganik seperti plastik dan kaca harus didaur ulang untuk mengurangi dampak lingkungan. Selain penyuluhan, dilakukan juga praktik langsung pengolahan sampah. Warga diberi kesempatan untuk mencoba membuat kompos (Takakura) dari sampah dapur. Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat yang hadir.

Baca Juga  Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Salobar Untuk Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Pelaksanaan Bina Desa FKM Unhas 2024 di Kelurahan Lakkang merupakan bagian dari komitmen universitas dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Dengan program edukasi seperti ini, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan mampu mengelola sampah secara mandiri dan berkelanjutan.

Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah serta menjalin kedekatan dengan masyarakat. Kedepannya, FKM Unhas berencana untuk terus mengadakan program-program serupa di berbagai daerah di Sulawesi Selatan guna mendukung pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan semangat gotong royong dan kolaborasi antara akademisi dan masyarakat, Kelurahan Lakkang diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pengelolaan sampah yang efektif dan ramah lingkungan.

Share :

Baca Juga

Berita

Yayasan Kesehatan Masyarakat Sahabat Dhuafa Menggelar Kegiatan Pra Raker untuk Mempersiapkan Program Terbaik bagi Kaum Dhuafa

Berita

FKM Unhas dan Pertamina-Medco Tomori Kolaborasi dalam MBKM Riset Mandiri untuk Dukung SDG’s 1 dan 2

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Lepas Peserta Program Magang dan Pengajaran di Bawah Program Kampus Merdeka Belajar

Berita

FKM Unhas Adakan FGD untuk Rancang Konsep PBL 2023

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Sosialisasi Dampak Negatif Pernikahan Dini di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM UNHAS Menggelar FGD Pemuktahiran RPS Mata Kuliah

Berita

FKM UNHAS MENERIMA PENDANAAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 8 BIDANG TAHUN 2023

Berita

Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13: Pemberdayaan Keluarga, Menuju Rumah Sehat tanpa Kehadiran Asap Rokok