Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 19 Juni 2023 - 09:41 WIB

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Membahas Peluang dan Diskusi Kerjasama Penelitian dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas)

Doc: Istimewa

Doc: Istimewa

19 Juni 2023 — Dalam upaya meningkatkan kolaborasi dan peningkatan penelitian di bidang kesehatan masyarakat, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan kunjungan resmi ke Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) pada hari ini.

Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki peluang kerjasama penelitian antara BRIN dan FKM Unhas dalam rangka mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan masyarakat di Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, perwakilan BRIN diwakili oleh Kepala Pusat Riset Kesehatan Masyarakat dan Gizi BRIN, Dr. Wahyu Pudji Nugraheni, SKM., M.Kes dan Peneliti Ahli Utama Organisasi Riset Kesehatan BRIN, Prof. Dr. Dede Anwar Musadad, SKM., M.Kes, sedangkan FKM Unhas diwakili oleh Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.ScPH., PhD.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan hangat dari Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.ScPH., PhD., yang menyambut baik kunjungan BRIN dan menyampaikan apresiasi atas upaya BRIN dalam mendorong kolaborasi dan inovasi di bidang penelitian. Selanjutnya, Dr. Wahyu Pudji Nugraheni, SKM., M.Kes memberikan gambaran tentang peluang kolaborasi dan pendanaan research di BRIN serta komitmen mereka untuk mendorong penelitian yang berkualitas dan berdampak bagi masyarakat.

Baca Juga  Posko 31 FKM UNHAS Menggelar Seminar Awal PBL II: Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Biraeng

Dalam diskusi yang dilakukan, kedua belah pihak membahas berbagai topik yang relevan dengan kesehatan masyarakat, termasuk epidemiologi, promosi kesehatan, kesehatan reproduksi, penyakit menular, dan isu-isu kesehatan terkini. Mereka juga membahas peluang kolaborasi dalam hal penelitian bersama, pertukaran peneliti, serta pengembangan program penelitian yang berkesinambungan.

Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.ScPH., PhD., menyatakan keinginan FKM Unhas untuk bekerja sama dengan BRIN dalam upaya meningkatkan kapasitas penelitian di kampus dan menghasilkan pemecahan masalah yang berdampak luas dalam bidang kesehatan masyarakat. Ia juga mengungkapkan bahwa FKM Unhas siap berperan sebagai mitra yang kuat dalam kerjasama ini.

Baca Juga  Berkah Ramadan, Prodi S2K3 FKM Unhas Raih Predikat Unggul

Prof. Dr. Dede Anwar Musadad, SKM., M.Kes menyambut positif minat FKM Unhas dalam mengembangkan kolaborasi penelitian. Beliau menyampaikan komitmen BRIN untuk menyediakan dukungan teknis dan sumber daya yang diperlukan guna mendukung penelitian yang inovatif dan berkualitas di FKM Unhas. Kolaborasi ini diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu kesehatan masyarakat di Indonesia.

Kunjungan ini juga sekaligus bertujuan untuk menjajaki peluang kerjasama penelitian antara BRIN dan FKM Unhas dalam rangka mendukung pencapaian SDGs terutama dalam bidang kesehatan masyarakat.

Menutup akhir kegiatan, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.ScPH., PhD., berterima kasih atas kunjungan BRIN dan mengapresiasi komitmen BRIN dalam mendorong kolaborasi penelitian untuk mencapai SDGs di Indonesia. Beliau juga menekankan pentingnya peran penelitian dalam menghasilkan solusi inovatif untuk masalah kesehatan masyarakat yang berkelanjutan.

Share :

Baca Juga

Berita

Posko 28 PBL II FKM UNHAS Sukses Menyelenggarakan Penyuluhan Pencegahan Sampah Bersama Karang Taruna Desa Manggalung di SDN 30 Manggalung

Berita

BIOSTATISTIK/KKB FKM UNHAS DETEKSI DINI KANKER SERVIKS: PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI BALLEANGIN, PANGKEP

Berita

Tim FKM Unhas terbanyak Meraih Pendanaan Insentif Program Kegiatan Mahasiswa Tahun 2024

Berita

Mahasiswa PBL FKM Unhas Mengadakan Intervensi Terkait Bahaya Merokok dengan Tema PINTAR; “Pelajar Interaktif Tolak Asap Rokok” di SDN 38 TamarUPA, Desa Tamarupa

Berita

DOSEN FKM UNHAS GELAR FGD CYBER SAFETY BERSAMA REMAJA

Berita

Departemen K3 FKM Unhas dan Kalla Beton Adakan Penandatanganan MOA dan Presentasi Kolaborasi

Berita

Posko 08 FKM Unhas Sukses Evaluasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Tekolabbua dengan Fokus pada Target 3 SDGs

Berita

Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Gizi:Praktek Pembuatan MPASI Berbasis Pangan Hewani Lokal di Posyandu Kecamatan Balocci Pangkep