Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 15 Januari 2024 - 10:31 WIB

Mahasiswa PBL FKM Unhas Mengadakan Intervensi Terkait Bahaya Merokok dengan Tema PINTAR; “Pelajar Interaktif Tolak Asap Rokok” di SDN 38 TamarUPA, Desa Tamarupa

Doc. Intervensi Terkait Bahaya Merokok (Istimewa)

Doc. Intervensi Terkait Bahaya Merokok (Istimewa)

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas yang sedang mengikuti Praktik Belajar Belajar Lapangan (PBL) II mengadakan intervensi kesehatan mengenai bahaya merokok dengan tema Pelajar Interaktif Tolak Asap Rokok (PINTAR) di SDN 38 Tamarupa, Desa Tamarupa, Kabupaten Pangkep, Senin (15/1).

Program PINTAR  disertai dengan demonstrasi sederhana mengenai bahaya merokok diberikan kepada siswa-siswi kelas 4 & 5 Sekolah Dasar 38 Tamarupa. Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi para generasi muda mengenai bahaya merokok.

Kegiatan penyuluhan bahaya merokok disertai dengan demonstrasi yang dilakukan di dalam perpustakaan SDN 38 Tamarupa ini merupakan program intervensi yang disusun oleh osko 29 Desa Tamarupa. Kegiatan ini merupakan bentuk upaya pemberdayaan melalui penyuluhan untuk menambah pengetahuan siswa-siswi tentang pentingnya menghindari rokok.

Baca Juga  FKM Unhas Gelar Edukasi Jajanan Sehat Bagi Siswa SDN Lakkang dalam Program Bina Desa

Kegiatan ini mendapat dukungan positif dari para guru serta Kepala Sekolah Dasar 38 Tamarupa. Siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa perlu ditanamkan mengenai bahaya merokok sejak dini untuk menghindari perilaku mrokok, menjauhkan diri dari pergaulan merokok dan menerapkan pola hidup yang sehat.

Baca Juga  Dosen FKM Unhas Jadi Fasilitator KAP Mentor Tim Pendamping Keluarga Regional Sulawesi

Program PINTAR berfokus pada peningkatan pengetahuan serta kesadaran mengenai dampak buruk perokok aktif dan perokok pasif, dengan harapan agar siswa-siswi terdorong untuk menajaga kesehatan dan menjauhkan diri dari pengaruh rokok.

Setelah pemberian materi penyuluhan, dilakukan juga penempelan poster mengenai Dampak Buruk Perokok Aktif & Perokok Pasif yang dilakukan bersama-sama dengan salah satu perwakilan siswa kelas 5 di depan perpustakaan SDN 38 Tamarupa. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dengan aktif dan terlaksana dengan baik dan lancar.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa S3 Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unhas raih juara 1 Kategori Rintisan dalam Kegiatan Talenta Wirausaha

Berita

Delegasi FKM Unhas Berpartisipasi Tunjukkan Kualitas Penelitian di APACPH 2023, Kuching, Sarawak, Malaysia

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Sukses Sosialisasi Pentingnya Konsumsi Protein Hewani untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak di Desa Bontotangnga

Berita

Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana FKM Unhas Hadirkan Pakar Healthy Cities Dunia dari Korea Selatan

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Penyuluhan dan Pembagian Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Mahasiswa KKNT Gelombang 110 Ajak Murid SD Desa Bontotangnga Gemar Makan Buah dan Sayur

Berita

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat agar Pentingnya Menguras Bak Air, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melaksanakan Penyuluhan secara Door to Door

Berita

Kualitas Proposal PKM 2024 Makin Dimatangkan, FKM Unhas Gelar Finalisasi Draft dan Submit Proposal PKM