Home / Berita / Pendidikan / Regional

Sabtu, 16 September 2023 - 08:32 WIB

Mahasiswa PKIP FKM Unhas Dibekali Keterampilan KAP Sebelum Magang

Doc. Pembekalan KAP (Istimewa)

Doc. Pembekalan KAP (Istimewa)

Sabtu, 16 September 2023 bertempat di lapangan Bulutangkis Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas), sejumlah mahasiswa PKIP FKM Unhas menerima pembekalan terkait Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi atau singkat dengan KAP. Pembekalan ini fokus pada sejumlah permainan pembelajaran yang dapat diterapkan ketika melakukan edukasi kesehatan pada berbagai kelompok sasaran.

Doc. Pembekalan KAP (Istimewa)

Fasilitator pada kegiatan ini adalah Muhammad Rachmat selaku dosen penanggung jawab mata kuliah Magang Promosi Kesehatan yang juga telah mengikuti Standarisasi Fasilitator KAP oleh Kementerian Kesehatan dan Training of Trainer Intensif 1 oleh Pokja RCCE+ dan Forum Pelatih KAP yang difasilitasi oleh Unicef Indonesia.

Baca Juga  Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Gelar Kegiatan PBL 1 di Kecamatan Balocci, Pangkajene dan Kepulauan

Komunikasi Antar Pribadi atau KAP merupakan salah satu metode komunikasi yang dianggap efektif dan efisien dikarenakan komunikasi dilakukan secara langsung dan tidak hanya dengan verbal (kata-kata) namun juga melibatkan non verbal (seperti kontak mata, suara, gerakan, dsb). Untuk itu, keterampilan tersebut diharapkan dapat menguatkan teknik komunikasi efektif bagi mahasiswa ketika melakukan penyuluhan atau edukasi pada saat magang.

Mahasiswa PKIP FKM Unhas terlihat sangat aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa contoh topik simulasi KAP yang diberikan yaitu pentingnya imunisasi rotavirus sebagai salah satu langkah pencegahan diare berat, pentingnya ASI eksklusif, dan pencegahan anemia pada remaja putri.

Baca Juga  Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan 2 Posko 23 FKM Unhas Melaksanakan Program Penyuluhan dan Praktik Pijat Laktasi dalam Upaya Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs): Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui di Desa Tamangapa, Kabupaten Pangkep

“Tiga langkah dalam melakukan edukasi kelompok, yaitu pemanasan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bermain dan belajar, dan diakhiri dengan kunci komitmen sebagai penegasan atas perilaku yang harus dilakukan oleh sasaran,” jelas Muhammad Rachmat.

Nurul Amaliah salah seorang mahasiswa PKIP FKM Unhas merasa sangat senang dengan adanya pembekalan ini. “Kami semakin bersemangat untuk menerapkan permainan-permainan pembelajaran yang telah dilakukan tadi saat melakukan edukasi selama menjalani magang nantinya,” tutup Nurul Amaliah mahasiswa¬†angkatan¬†2020.

Share :

Baca Juga

Berita

Langkah Inovatif: Pemasangan Papan Wicara Terkait Penguraian Sampah dalam Mendorong Kesadaran Lingkungan di Desa Punranga

Berita

Tingkatkan Cakupan Imunisasi, Mahasiswa PBL II Posko 09 FKM Unhas Bagikan Kalender Jadwal Imunisasi Posyandu di Kelurahan Kalabbirang

Berita

Pencapaian Luar Biasa 10 Tim PKM FKM Unhas dalam PKM Skema Insentif Tahun 2023

Berita

Launching Purwarupa di Puskesmas Watdek, Dorong Peningkatan Cakupan Imunisasi di Kabupaten Maluku Tenggara

Berita

PENGENALAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI BIDANG PERTANIAN: MAHASISWA POSKO 21 PBL FKM UNHAS TERJUN LANGSUNG KE PETANI DI DESA PUNRANGA

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Bimbing Ibu-ibu Desa Bontotangnga dalam Pembuatan Makanan Sehat: Bolu Kukus Daun Kelor

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Gelar Edukasi Antenatal Care Untuk Ibu Hamil dan Ibu Balita

Berita

Prodi S2K3 FKM Unhas adakan Penyambutan Mahasiswa Baru