Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 26 April 2024 - 10:52 WIB

FKM Unhas Menggelar Pertemuan Finalisasi Draft Penyelarasan Kurikulum Program Magister dan Doktor Tahun 2024

Doc. Pertemuan Finalisasi Draft Penyelarasan Kurikulum Program Magister dan Doktor Tahun 2024 (Istimewa)

Doc. Pertemuan Finalisasi Draft Penyelarasan Kurikulum Program Magister dan Doktor Tahun 2024 (Istimewa)

Jum’at, 26 April 2024 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin melaksanakan kegiatan finalisasi draft penyelarasan kurikulum Program Magister dan Doktor Tahun 2024 (K-24) di ruang Prof. Dr. Nur Nasry Noor, lantai 2 di FKM Unhas. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dekan FKM Unhas Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, MSc.PH dan dipandu oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan yakni Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes. Pertemuan ini juga turut dihadiri oleh masing-masing Ketua prodi S2 dan S3 untuk memaparkan terkait dengan progress draft kurikulum K24 pada 6 prodi S2 dan 1 prodi S3 yang ada di FKM Unhas.

Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes pada awal kegiatan menjelaskan bahwa ada 41 orang dari 7 tim pada masing-masing prodi S2 dan S3 yang sudah di SK-kan oleh dekan untuk penyelasaran kurikulum bersama  GPM-PR FKM. Panduan penyelarasan sudah disebarluaskan dan berharap agar semua tim sudah memegang pedoman tersebut. Untuk struktur kurikulum program Magister tersedia minimal 54 SKS dan maksimal 72 SKS, sementara itu untuk struktur kurikulum program Doktor minimal 60 SKS maksimal 78 SKS. Beliau juga turut menyampaikan bahwa “tim reviewer LPMPP sudah bertugas dan telah melakukan penilaian terkait draft yang sudah dikirim semua program studi dan indikator penilaian draft bisa diperhatikan”, tutur pak Wahid.

Baca Juga  Lokakarya Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin: Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Kurikulum
Doc. Finalisasi Penyelarasan Kurikulum Program Magister dan Doktor Tahun 2024 (K-24) (Istimewa)

Perlu diketahui bahwa kegiatan penyelarasan K-24 ini terdiri dari 10 rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan sosialisasi untuk prodi S2 dan S3, dilanjutkan dengan workshop prodi S2 dan prodi S3, penyusunan draft penyelarasan kurikulum prodi S2 dan prodi S3, pemeriksaan oleh tim GPM-PR Fakultas, pengesahan senat fakultas, penilaian tim reviewer LPMPP, pengesahan senat akademik Universtas Hasanuddin, penerbitan SK Kurikulum, penginputan kurikulum di Neosia, dan kegiatan penyelarasan ini diakhiri dengan pengimplementasian kurikulum yang direncanakan akan dilakukan pada semester awal tahun akademik 2024/2025.

Baca Juga  Perkuat Kompetensi Mahasiswa : FKM Unhas Gelar Sosialisasi MKPK Kepada Pengurus Lembaga Mahasiswa

Sesi berikutnya adalah masing-masing kaprodi dan tim menyampaikan terkait dengan sejauh mana perkembangan draft kurikulum K-24 yang telah disusun oleh masing-masing tim di setiap program studi. Diakhir pertemuan, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, MSc.PH, Ph.D kembali menekankan bahwa “mata kuliah ilmu kesehatan masyarakat lanjut di programkan mulai dari semester I. Untuk mata kuliah yang berkaitan dengan metodologi penelitian perlu ditonjolkan kecirian dari mata kuliah tersebut. Misalnya, perlu memperlihatkan perbedaan antara S2 AKK di FKM Unhas dengan S2 AKK ditempat lain itu yang barangkali harus menjadi kecirian entah itu misalnya sks-nya yang bisa ditambahkan) bisa sks-nya saja yang dinaikkan dan tidak harus dilakukan penambahan mata kuliah”, ucap Prof Sukri.

Share :

Baca Juga

Berita

Posko 28 PBL II FKM UNHAS Sukses Selenggarakan Seminar Akhir dengan Penayangan Video Edukasi Pencegahan HIV/AIDS

Berita

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) PROGRAM STUDI KESEHATAN LINGKUNGAN FKM UNHAS

Berita

Dukung SDGs: Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas Edukasi Pemanfatan Kelor pada Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Berita

Mahasiswa KKNT Gelombang 110 Ajak Murid SD Desa Bontotangnga Gemar Makan Buah dan Sayur

Berita

Tingkatkan Wawasan Mahasiswa Mengenai Kesehatan Global, Departemen AKK FKM Unhas Menggelar Kuliah Tamu Internasional

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Lakukan Program Rematri Bebas Anemia di MTsN 2 Selayar untuk Cegah Stunting

Berita

Departemen PKIP FKM Unhas Adakan FGD Pengembangan Kurikulum 2023

Berita

Delegasi FKM Unhas Berpartisipasi Tunjukkan Kualitas Penelitian di APACPH 2023, Kuching, Sarawak, Malaysia