Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 1 Maret 2024 - 07:19 WIB

Berkah Ramadan, Prodi S2K3 FKM Unhas Raih Predikat Unggul

Doc. Foto Pembukaan Visitasi Prodi S2K3 FKM Unhas 19 Februari 2024 (Istimewa)

Doc. Foto Pembukaan Visitasi Prodi S2K3 FKM Unhas 19 Februari 2024 (Istimewa)

Makassar, 13 Maret 2024. Program Studi Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (Prodi S2K3 FKM Unhas) mendapatkan status “terakreditasi” dengan peringkat “Unggul” berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) Nomor 0125/LAM-PTKES/Akr/Mag/III/2024 per tanggal 1 Maret 2024. Keputusan ini berlaku selama 5 (lima) tahun.

SK LAM-PTKes ini diberikan kepada pengelola program studi bertepatan dengan hari kedua bulan ramadan. Peringkat Unggul ini merupakan cerminan hasil pengelolaan Prodi S2K3 mulai dari: rumusan visi misi, tata pamong, tata kelola, dan kerjasama, kualitas mahasiswa, kualitas sumber daya manusia, pengelolaan keuangan, sarana, dan prasarana yang baik, kualitas pendidikan (kurikulum), kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat termasuk luaran, serta capaiannya.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Gelar Penyuluhan dan Pembagian Tablet Tambah Darah di Desa Pamatata, Selayar

Prodi S2K3 FKM Unhas merupakan Prodi S2K3 ketiga di Indonesia, dan Prodi S2K3 Pertama di Luar Jawa yang meraih predikat “Unggul”. Predikat ini merupakan hasil kerja keras dari civitas akademik FKM Unhas, khususnya Departemen K3, dan dukungan dari Pimpinan FKM Unhas termasuk GPM-PR (Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi) FKM Unhas. Prodi S2K3 FKM Unhas didukung pengajar 6 orang berkualifikasi professor, dan 5 orang Doktor.

Prodi S2K3 FKM Unhas memiliki visi: “Menjadi pusat unggulan pengembangan ilmu, teknologi, dan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berbasis Benua Maritim Indonesia”. Visi tersebut selaras dengan visi Unhas, dan FKM Unhas. Prodi S2K3 memiliki profil lulusan yang disingkat MORE (Manager, Educator, Researcher, & Leader). Profil ini mendukung visi prodi dengan menghadirkan beberapa mata kuliah penciri atau keunikan seperti mata kuliah Manajemen K3, dan K3 Kelautan Lanjut.

Baca Juga  Mahasiswa FKM UNHAS meraih prestasi di Final The 2nd Indonesian Public Health Olympiad (IPHO)

Prodi S2K3 FKM Unhas memiliki beberapa mata kuliah wajib selain mata kuliah penciri, diantaranya: Metodologi Penelitian K3, Higiene dan Toksikologi Industri, Promosi K3 dan Psikologi Industri, Fisiologi, dan Pencegahan Kecelakaan Kerja. Untuk memberi penguatan terhadap profil lulusan, prodi juga menyajikan mata kuliah pilihan, antara lain: K3 Konstruksi, K3 Pertambangan dan Migas, K3 Transportasi dan Penerbangan, Ekonomi dan produktivitas K3, K3 Rumah Sakit, K3 Pertanian dan Perkebunan, Penyakit Akibat Kerja, Residensi Industri, dan Manajemen Penanggulangan Bencana, dan Proteksi Kebakaran.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Remaja Putri untuk Cegah Anemia dan Bagikan Tablet Tambah Darah di SMPN 14 Tanabau, Selayar

Berita

Posko 3 di Kelurahan Jagong Melakukan Evaluasi Program Kesehatan yang Mendukung Gerakan SDGs pada Praktik Belajar Lapangan III FKM Unhas 2023

Berita

PENGENALAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI BIDANG PERTANIAN: MAHASISWA POSKO 21 PBL FKM UNHAS TERJUN LANGSUNG KE PETANI DI DESA PUNRANGA

Berita

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM UNHAS berhasil mendapatkan Pendanaan Program Penguatan Kapasita Organisasi Kemahasiswaan (PPK-Ormawa)

Berita

FKM UNHAS gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni Periode Desember Tahun 2023

Berita

PENINGKATAN KESADARAN DAN POLA ASUH ORANG TUA SEBAGAI ALTERNATIF MENGURANGI RESIKO KEJADIAN STUNTING DI DESA MALAKA

Berita

Posko 30 PBL FKM Unhas Membuka Inisiatif Orang Tua melalui Pemberian Informasi dan Lembar Monitoring Strategi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Secara Door to Door

Berita

KKNT Posko 1 Desa Pamatata Gelar Seminar Program Kerja: Akselerasi Penurunan Stunting di Kabupaten Kepulauan Selayar