Home / Berita / Pendidikan / Regional

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 12:42 WIB

Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Lakukan Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Anak SD di Balleangin, Pangkep

Doc. Pengabdian Masyarakat Departemen Biostatistik/KKB (istimewa)

Doc. Pengabdian Masyarakat Departemen Biostatistik/KKB (istimewa)

Dalam upaya peningkatan kesadaran mengenai kesehatan reproduksi, Departemen Biostatistik/KKB Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk edukasi tentang pubertas dan kekerasan seksual.

Pengabdian tersebut dilaksanakan sebagaian rangkaian perayaan hari Dies Natalis FKM Unhas ke-41 tahun di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 14 Oktober 2023 di SDN 5 Padangtangalau, Kecamatan Balocci dan dihadiri siswa/i kelas VI A sebanyak 17 orang.

Dosen penanggung jawab tim yang sempat hadir yakni Dr. dr. Apik Indarty Moedjiono, SKM, M. Si, Rahma, SKM. M.Sc(PHC)  dan Arif Anwar, SKM, M.Kes serta beberapa mahasiswa S1 dari departemen Biostatistik/KKB yang menjadi fasilitator.

Baca Juga  FKM Unhas Sukses Menyelenggarakan Edukasi Gizi Seimbang dan Pengukuran Antropometri dalam Program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2024

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan anak-anak mengenai kesehatan reproduksi sehingga mempunyai sikap dan kesadaran untuk mencegah terjadinya perilaku seksual yang dapat berisiko bagi dirinya maupun orang lain serta bagaimana cara menjaga diri khususnya terkait dengan kesehatan dari sistem reproduksi.

Edukasi dilaksanakan dengan metode ceramah menggunakan pop-up book untuk materi pubertas dan media yang berisikan anggota tubuh laki-laki/perempuan dilengkapi dengan alat bantu untuk menunjukkan bagian tubuh yang boleh atau tidak boleh untuk disentuh maupun dilihat oleh orang lain. Media pop-up book ini merupakan hasil inovasi mahasiswa Arie Rifki dan Adinda Ratu bimbingan Rahma, SKM. M.Sc(PHC). Media ini mendapat juara 2 pada LKTI gagasan tertulis 1st IPHO AIPTKMI.

Baca Juga  Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas adakan Gerakan Sadar Gizi
Doc. Lakukan Edukasi Kesehatan Reproduksi
bagi Anak SD di Balleangin (Istimewa)

Di akhir kegiatan tersebut, diberikan kuis mengenai materi yang telah dijelaskan sebelumnya kepada peserta serta bingkisan sebagai bentuk apresiasi bagi siswa/i yang telah mengikuti pembelajaran hingga akhir.

“Usia remaja adalah masa transisi yang ditandai dengan perubahan fisik dan mental, sehingga penting bagi anak untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang kesehatan reproduksi,” ujar Devi Amalia setelah penyuluhan diberikan.

Kegiatan ini dapat mendukung tercapainya target 3 dari Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan, spesifik mengenai menjamin akses universal terhadap layanan kesehatan seksual dan reproduksi termasuk informasi dan pendidikan.

Share :

Baca Juga

Berita

Sukses Menerapkan Metode Door-to-Door, Posko 9 Kelurahan Kalabbirang Praktik Belajar Lapangan (PBL) II, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Sosialisasikan Bahaya Merokok Dalam Ruangan

Berita

Departemen K3 FKM Unhas dan Kalla Beton Adakan Penandatanganan MOA dan Presentasi Kolaborasi

Berita

Posko 26 Desa Coppo Tompong PBL II FKM Unhas Tahun 2024 Menggelar Seminar Awal: Masyarakat Bersama Mahasiswa FKM Unhas Berupaya Cegah BBLR dan Dukung SDGs

Berita

Launching Purwarupa: Tingkatkan Cakupan Imunisasi di Puskesmas Ibra, Maluku Tenggara

Berita

Ditjen Dikti Kemendikbudristek Lakukan Visitasi Desa Sehat Winslow Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas

Berita

Edukasi Penyuluhan Menggunakan Metode Emo Demo Pentingnya Zat Besi dan Tablet Tambah Darah

Berita

Universitas Hasanuddin Menggelar Kuliah Tamu Bertema “Ekuitas Termal: Perlunya Pendinginan yang Adil dan Inklusif Untuk Mengatasi Krisis Iklim di Perkotaan Asia Tenggara

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Lakukan Program Rematri Bebas Anemia di MTsN 2 Selayar untuk Cegah Stunting