Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 6 November 2023 - 16:45 WIB

Ditjen Dikti Kemendikbudristek Lakukan Visitasi Desa Sehat Winslow Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas

Doc. Visitasi Desa Sehat Winslow Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Visitasi Desa Sehat Winslow Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas (Istimewa)

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek melaksanakan kegiatan visitasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (BEM FKM Unhas).

Doc. Tim Ditjen Dikti Kemendikbudristek dan Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas (Istimewa)

Visitasi dilakukan sebagai serangkaian pelaksanaan PPK Ormawa BEM FKM Unhas di Desa Bulu Cindea, Kec. Bungoro, Kab. Pangkep, Senin (06/11/2023) yang melakukan pengembangan Desa Sehat Winslow sebagai upaya mendukung pencapaian SDGs.
Tim visitor, Soecipto mengatakan, tim PPK Ormawa yang divisitasi merupakan 160 tim terbaik dari total 608 tim yang telah melalui serangkaian proses seleksi.
“Sebanyak 2.110 proposal yang mengunggah ke Belmawa dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, kemudian terseleksi menjadi 608 tim PPK Ormawa yang berhasil didanai. Setelah berjalan kurang lebih 4 bulan, terseleksi lagi menjadi 160 tim terbaik yang divitasi oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek.”, ungkap Soecipto.

Baca Juga  Mahasiswa PBL II FKM Unhas Berhasil Gelar Program Intervensi Anti-Merokok di Desa Kabba

Tim visitor lain, Abd. Gafur L. menambahkan, 160 tim yang divisitasi akan diundang ke kegiatan Abdidaya Ormawa yang merupakan ajang perlombaan nasional program pemberdayaan dan pengabdian yang dilakukan organisasi mahasiswa kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Abdidaya Ormawa akan dilakukan pada 7-10 Desember 2023 di Universitas Negeri Jember.
Penerimaan tim visitor digelar di kediaman Ketua BPD Desa Bulu Cindea, H. Muksin dengan didampingi oleh Fajaruddin Natsir, S.KM., M.Kes. selaku Dosen Pendamping Tim. Penerimaan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kab. Pangkep, H. Syahban Sammana, SH., Kepala Desa Bulu Cindea, I Made Ali, SE., Babinsa, Kepala UPT SD 26 Dusun Jollo, Aparatur Desa, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Desa Bulu Cindea.

Baca Juga  Cegah anemia, mahasiswa PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan dan Pembagian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri Di SMPN 3 Satap Tondong Tallasa

Wakil Bupati Kab. Pangkep, H. Syahban Sammana, SH. menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan PPK Ormawa BEM FKM Unhas yang dilakukan di Desa Bulu Cindea.
“Kegiatan pengabdian masyarakat harus berkesinambungan demi menyelesaikan permasalahan kesehatan masyarakat, dan untuk mencapai hal tersebut diperlukan upaya kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti yang dilakukan oleh teman-teman mahasiswa dari Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas”.

Pada kegiatan visitasi ini, Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas memperlihatkan capaian program, mulai dari gerakan sadar gizi melalui demo masak dan penyuluhan stunting dengan media kwartet, upaya mengatasi permasalahan sampah melalui budidaya maggot dan pelatihan ecobrick, sanitasi air bersih melalui pendampingan pembuatan Instalasi Pengolahan Air Sederhana (IPAS), dan upaya penanganan DBD melalui pelatihan pembuatan ovitrap dan pemilihan duta juru pemantau jentik cilik di Sekolah Dasar di Desa Bulu Cindea.

Share :

Baca Juga

Berita

Posko 5 PBL II melakukan Kegiatan Penyuluhan terkait BBLR dan MP-ASI guna Membangun Fondasi Kesehatan Optimal di Kalangan Masyarakat

Berita

Posko 16 PBL FKM Unhas Dorong Kesadaran Lingkungan: Demonstrasi dan Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik Bersama Ibu-Ibu Senam di Kelurahan Bonto-Bonto

Berita

Inisiasi Pengembangan Konsentrasi, S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas Laksanakan FGD

Berita

Mahasiswa PBL FKM UNHAS Posko 21 Cegah Hipertensi dengan Upaya Penyuluhan dorong Masyarakat Desa Punranga Menuju Gaya Hidup Berkualitas

Pendidikan

Inovasi Game Tebak Gambar:Posko 15 Attangsalo PBL II FKM Unhas sebagai Media Edukasi Dini HIV/AIDS pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Attangsalo untuk mendukung Pencapaian SDG’s 3

Berita

Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas Membantu Masyarakat Dusun Padang-padange Mengadopsi Jamban Sehat dan Hentikan Perilaku BABS

Berita

Dosen FKM Unhas Ajak Mahasiswa Universitas Mandala Waluya Kendari Terapkan KAP

Berita

FKM UNHAS MENYELENGGARAKAN KEGIATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI MAGISTER KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA