Home / Berita / Pendidikan / Regional

Selasa, 8 Agustus 2023 - 22:28 WIB

Mahasiswa KKNT Unhas Bimbing Ibu-ibu Desa Bontotangnga dalam Pembuatan Makanan Sehat: Bolu Kukus Daun Kelor

Doc. KKNT (Istimewa)

Doc. KKNT (Istimewa)

Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar – Pada tanggal 8 Agustus 2023, Mahasiswa KKNT Gelombang 110 Universitas Hasanuddin (Unhas) telah mengadakan edukasi pembuatan makanan sehat berupa “Bolu Kukus Daun Kelor” di Dusun Subur, Desa Bontotangnga. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya penurunan stunting dan peningkatan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang. Edukasi ini diselenggarakan oleh Posko 3 Desa Bontotangnga dan dihadiri oleh ibu-ibu di Dusun Subur.

Doc. KKNT (Istimewa)

Edukasi ini dimulai dengan pemaparan mengenai pentingnya daun kelor sebagai salah satu sumber gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, serta bagaimana daun kelor mudah diperoleh di sekitar lingkungan sehari-hari dengan biaya yang terjangkau. Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 menjelaskan betapa pentingnya memanfaatkan bahan-bahan alami dan ketersediaan sumber gizi yang ada di sekitar kita.

Baca Juga  Seminar Awal Posko 35 PBL II FKM Unhas Desa Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkajene Kepulauan

Selanjutnya, para mahasiswa membimbing para ibu mengenai bahan-bahan yang diperlukan dan cara pembuatan bolu kukus daun kelor yang lezat dan bergizi. Dengan cermat, langkah-langkah dan teknik pembuatan makanan sehat ini dijelaskan, dari perpaduan tepung, daun kelor, hingga proses pengukusan yang tepat.

Ibu-ibu dengan antusias mengikuti edukasi ini, memberikan pertanyaan, dan berdiskusi tentang kandungan gizi dan manfaat dari makanan sehat yang dihasilkan. Edukasi ini diharapkan memberikan pengetahuan praktis kepada para ibu untuk mempersiapkan makanan bergizi bagi keluarga mereka, yang juga sejalan dengan upaya program penurunan stunting.

“Kami sangat senang memberikan edukasi pembuatan makanan sehat berupa ‘Bolu Kukus Daun Kelor’ di dusun subur. Kami percaya bahwa penggunaan bahan-bahan alami dan lokal dalam merancang makanan sehari-hari dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat,” ujar Naurah Fatiah Amaliah. Muhammad Rachmat, DPK KKNT Unhas dan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat menjelaskan berbagai manfaat daun kelor. Tanaman kelor atau Moringa oleifera merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Daun kelor atau moringa leaves memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya melancarkan produksi ASI, mengatasi anemia, dan memperkuat daya tahan tubuh.

Baca Juga  FKM UNHAS gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni Periode Desember Tahun 2023

Melalui edukasi pembuatan makanan sehat ini, diharapkan ibu-ibu di Desa Bontotangnga dapat lebih memahami cara memanfaatkan bahan-bahan alami dalam merancang makanan sehari-hari yang sehat dan bergizi, serta turut mendukung upaya penurunan stunting dan meningkatkan status kesehatan anak-anak di wilayah tersebut.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa PBL 1 Posko 33 FKM Unhas Gelar FGD Solusi Kesehatan Masyarakat di Balleangin, Kab. Pangkep

Berita

Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13: Menurunkan Insidensi Diare pada Baduta di Desa Panaikang sesuai SDGs 3.2

Berita

Pelatihan Pembuatan Filtrasi Air Sederhana sebagai Intervensi Non Fisik untuk Mengatasi Masalah Air Bersih oleh Mahasiswa PBL II FKM Unhas

Berita

SEMINAR AWAL DI POSKO 27 PRAKTIK BELAJAR LAPANGAN III (PBL III) DESA MANDALLE BERHASIL DISELESAIKAN DENGAN SUKSES

Berita

Mahasiswa FKM Unhas menggelar seminar akhir kecamatan terkait evaluasi program intervensi kesehatan di Aula Kantor Kecamatan Pangkajene

Berita

Seminar Awal di Posko 27 Praktik Belajar Lapangan II Desa Mandalle Berhasil Diselesaikan dengan Sukses

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Gelar PKKMB 2023: Memperkenalkan 7 Karakter Unggul Mahasiswa Baru

Berita

Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas mengadakan Workshop MBKM Mandiri dalam rangka Mendukung Implementasi Kurikulum 2023 (K-23)