Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 28 Juli 2023 - 13:29 WIB

Mahasiswa KKNT Unhas Sukses Sosialisasi Pentingnya Konsumsi Protein Hewani untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak di Desa Bontotangnga

Doc. Kegiatan KKNT (Istimewa)

Doc. Kegiatan KKNT (Istimewa)

Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar – Pada tanggal 28 Juli 2023, tim dari mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Desa Bontotangnga telah mengadakan sebuah sosialisasi edukasi pentingnya konsumsi protein hewani bagi tumbuh kembang anak, sebagai bagian dari upaya untuk menurunkan angka stunting pada anak-anak di kecamatan Bontoharu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Posko 3, dan diikuti oleh anak kelas 3-6 MIN 5 Kepulauan Selayar

Sosialisasi ini dimulai dengan uji fokus dan tepuk semangat, yang bertujuan untuk menggerakkan semangat anak-anak dalam mengikuti kegiatan edukatif yang disiapkan oleh para mahasiswa. Dengan penuh semangat, anak-anak siap mengikuti serangkaian kegiatan menarik yang telah dipersiapkan dengan cermat.

Rangkaian acara dimulai dengan pre-test, yang berfungsi untuk mengukur pengetahuan dasar para murid seputar manfaat konsumsi protein hewani bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Setelah pre-test, dilakukan pemaparan materi mengenai pentingnya protein hewani, yang disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Materi ini berisi informasi mengenai sumber-sumber protein hewani, nutrisi yang terkandung di dalamnya, serta dampak positifnya bagi tumbuh kembang dan kesehatan mereka.

Baca Juga  FKM Unhas Gelar Edukasi Jajanan Sehat Bagi Siswa SDN Lakkang dalam Program Bina Desa

Sesi berikutnya adalah post-test, yang bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pengetahuan anak-anak telah meningkat setelah mendapatkan materi edukasi. Hasil post-test ini juga menjadi acuan untuk menilai keberhasilan sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang konsumsi protein hewani.

Tak hanya memberikan pengetahuan melalui pemaparan materi, mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 juga menyajikan permainan “Tebak Hewan Apakah Saya?” yang melibatkan anak-anak secara aktif. Permainan ini memberikan keseruan sekaligus mengajarkan tentang hewan-hewan yang mengandung protein hewani dan manfaatnya bagi tubuh.

Acara mencapai puncaknya dengan mengadakan quiz singkat, yang menantang para murid untuk mengingat informasi yang telah mereka terima. Para pemenang quiz diberikan hadiah-hadiah menarik sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka dalam acara tersebut. Selain itu, semua murid yang hadir juga mendapatkan bingkisan khusus sebagai hadiah kecil sebagai tanda terima kasih dari mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 atas partisipasi dan antusiasme mereka dalam mengikuti sosialisasi ini.

Baca Juga  Generasi Baru Kesehatan Masyarakat : Yudisium Mei 2024 FKM Unhas

Yuyun Yuliani Fajriya selaku penanggung jawab mengatakan “Sosialisasi edukasi mengenai pentingnya konsumsi protein hewani ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi tumbuh kembang anak-anak di Desa Bontotangnga. Semoga partisipasi yang antusias dari semua pihak dapat memberikan dampak positif dalam menurunkan angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak”.

Muhammad Rachmat, DPK KKNT Unhas dan dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas, menjelaskan hubungan antara stunting dengan asupan protein hewani. Asupan protein hewani dapat meningkatkan tinggi badan dan menurunkan angka stunting. Mengkonsumsi protein hewani dengan kejadian stunting pada balita mempunyai hubungan yang signifikan. Protein hewani berperan besar dalam mencegah stunting pada balita.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Warga Ber-PHBS Melalui Pemasangan Poster

Berita

Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Cara Telaah Etik Penelitian yang Baik

Berita

Pengalaman Belajar Lapangan Mendorong Kemajuan SDG’s Melalui Program Intervensi Kesehatan

Berita

UNHAS PEDULI BENCANA SULSEL 2024

Berita

Peningkatan Kualitas Program Pelatihan Epidemiologi Lapangan melalui FETP CQI 2023

Berita

Siap Raih Predikat Unggul : Revisitasi Akreditasi Prodi Magister Ilmu Gizi FKM Unhas

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Lepas Peserta Program Magang dan Pengajaran di Bawah Program Kampus Merdeka Belajar

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Gizi Seimbang dan Rembuk Stunting di Desa Pamatata, Selayar