Home / Berita / Regional

Sabtu, 29 Juni 2024 - 13:15 WIB

Wujudkan Wilayah Bebas AKI dan Stunting melalui Pelatihan TPK oleh Tim Pengabdian FKM Universitas Hasanuddin di Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar

Doc. Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (Istimewa)

Doc. Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (Istimewa)

Tim FKM Unhas melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dengan tema “Optimalisasi Peran Kader Pendamping Keluarga dalam Pemantauan Kesehatan Calon Pengantin dan Ibu Hamil untuk Pencegahan AKI dan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Mapilli Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat”. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh tim dosen dengan latar belakang keahlian. Ketua tim yakni Dr. Apik Indarty Moedjiono, SKM., M.Si (KIA dan Kesehatan Reproduksi) beranggotakan 2 Dosen yaitu Arif Anwar, SKM., M.Kes (Biostatistik/KKB) dan Safrullah Amir SGz., MPH (Ilmu Gizi) serta 3 mahasiswa, Devi Amalia, Alfiah Afifah Suroso, dan Dewi Apriyanti. Kegiatan ini merupakan wujud nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendapat dukungan pendanaan dana hibah Universitas Hasanuddin dengan skim PPMU-PK-M.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2024 di Aula MAN 1 Polewali Mandar dengan pertimbangan lokasi yang terjangkau bagi peserta dan resmi dibuka oleh kepala balai penyuluh KB Kecamatan Mapilli Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan keterampilan pada Tim Pendamping Keluarga (TPK) guna mendukung penurunan stunting dan Angka Kematian Ibu yang digencarkan oleh pemerintah pada target pembangunan berkelanjutan SDGs.

Baca Juga  Tim Pengabdian FKM Unhas Gelar Pelatihan Peer Educator di SMA Negeri 7 Takalar
Doc. Pengabmas FKM Unhas (Istimewa)

Pelatihan ini diikuti oleh  30 TPK terdiri dari  kader KB, bidan dan tim PKK di beberapa desa pada wilayah kerja Kecamatan Mapilli. Kegiatan ini penting dilakukan mengingat kematian ibu dan kejadian stunting di Kabupaten Polewali Mandar masih jauh dari target nasional. Selain itu, permasalahan yang ada pada mitra dalam hal ini adalah belum optimalnya layanan pencegahan yang dilakukan oleh TPK dalam deteksi atau penapisan faktor risiko kematian ibu dan stunting, layanan KIE dan konseling terkait faktor risiko kematian ibu dan stunting.

Baca Juga  Mahasiswa Posko 2 PBL II FKM UNHAS Sukses Melaksanakan Kegiatan Intervensi “Sosialisasi dan Pemasangan Stiker Larangan Merokok Secara Door to Door”

Menurut ketua tim pengabdian, Dr. Apik Indarty Moedjiono, SKM., M.Si, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peran TPK lebih optimal. Kegiatan ini dirancang dengan metode KAP yaitu pemberian materi yang dipadukan dengan permainan dan diskusi. Selain itu dilakukan assesment tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukannya pelatihan. TPK dilatih untuk melakukan edukasi terkait pentingnya layanan ANC, gizi ibu hamil dan remaja, serta penyakit-penyakit infeksi yang menyebabkan kematian ibu dan stunting. Monitoring terhadap evaluasi kegiatan diukur melalui kemampuan kader dalam melakukan praktek langsung kepada ibu hamil, WUS, atau remaja.

Share :

Baca Juga

Berita

Tim Dosen Unhas Bersama BKKBN Percepat Penurunan Stunting di Bantaeng

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Seminarkan Rencana Kegiatan di Desa Tompo Bulu, Kabupaten Pangkep

Berita

Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Cara Telaah Etik Penelitian yang Baik

Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION PENYUSUNAN BUKU KURIKULUM DOKTOR BERBASIS RISET FKM UNHAS

Berita

RESMI! IBU PJ BUPATI BONE MELUNCURKAN PROGRAM PPK ORMAWA LD AL-AAFIYAH DALAM MEWUJUDKAN DESA SEHAT AMAN LIMBAH

Berita

Peningkatan Kualitas Program Pelatihan Epidemiologi Lapangan melalui FETP CQI 2023

Berita

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Program Studi Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS: Memahami Visi dan Misi untuk Masa Depan yang Berkualitas

Berita

Dosen FKM Unhas Ajak Remaja SMP Berinternet Aman dan Sehat