Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 11 Januari 2024 - 10:01 WIB

Posko 31 FKM UNHAS Menggelar Seminar Awal PBL II: Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Biraeng

Doc. Seminar Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan PBL II Posko 31 (Istimewa)

Doc. Seminar Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan PBL II Posko 31 (Istimewa)

Dalam memulai rangkaian kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin posko 31 Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep telah menyelenggarakan seminar awal PBL 2, yang bertempat di aula Kantor lurah Biraeng pada hari Kamis, 11 Januari 2024.

7 mahasiswa yang tergabung dalam posko 31 sukses menggelar seminar awal PBL 2 berkat dukungan dari dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D, pengelola PBL Dian Saputra Marzuki, S.KM., M.Kes, dan Basir, S.KM., M.Sc selaku Supervisor Posko 31.

Hal tersebut tergambar dari kehadiran sebagian besar tamu undangan mulai dari perangkat desa dan jajarannya yakni lurah,sekretaris lurah, ketua tiap RW dan RT, jejaring Puskesmas, kader dan bidan penanggung jawab posyandu serta perwakilan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Biraeng. Antusiasme dari peserta kegiatan seminar awal juga menunjukkan respon yang baik, yakni aktif mengajukan pertanyaan di sesi diskusi yang berkaitan dengan teknis kegiatan PBL yang nantinya akan diselenggarakan.

Baca Juga  FKM UNHAS gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni Periode Juni Tahun 2023

Kegiatan Seminar diawali dengan sambutan dari koordinator Posko 31 (Angelina Toding) dilanjut dengan sambutan oleh Supervisor Posko 31 (Basir, S.KM., M.Sc) kemudian sambutan dan pembukaan secara resmi oleh lurah biraeng ( Rustam, S.IP) serta sambutan dari Babinsa (Serma Rudi) dan Bhabinkamtibmas Kel. Biraeng.

Kegiatan seminar awal kemudian dilanjut dengan sosialisasi mengenai program intervensi  di PBL 2 sebagai bentuk alternatif penyelesaian masalah dari output PBL 1 yang nantinya akan dilaksanakan di Kelurahan Biraeng.

Baca Juga  Mahasiswa PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan HIV/AIDS Melalui Media Poster Untuk Mendukung Tercapainya SDGs 3.3 di Kelurahan Attangsalo

Disampaikan pula terkait jenis-jenis program intervensi yang akan dilaksanakan nantinya, salah satunya adalah Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Anemia bagi Remaja Putri dengan Media Buku Saku dan Kartu Kontrol Konsumsi TTD. Program intervensi bagi rematri ini merupakan salah satu upaya dalam mencapai tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang ke- 3 yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan, hal mencakup inisiatif untuk meningkatkan kesehatan perempuan, termasuk peningkatan kadar darah atau kebutuhan gizi khusus selama masa rematri.

Oleh karena itu, melalui pelaksanaan Praktek Belajar Lapangan II (PBL II) yang dilakukan oleh mahasiswa Posko 31 FKM UNHAS diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di Kelurahan Biraeng, Kabupaten Pangkep.

Share :

Baca Juga

Berita

POSKO 14 PBL II FKM UNHAS Menggelar Intervensi Kesehatan : Menanggapi 5 Prioritas Masalah Kesehatan di Desa Alesipitto

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Rancang Peta Persebaran Stunting di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Unhas Melakukan Pengabdian kepada Masyarakat Di Yayasan Kesmas Sahabat Dhuafa (YKSD) Makassar

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Kembangkan Peta Sebaran dan Risiko Stunting di Desa Pamatata, Selayar

Berita

PBL II FKM UNHAS Sukses Gelar Intervensi Permainan Edukasi: Pentingnya Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri di Desa Coppo Tompong

Berita

Siap Raih Predikat Unggul : Revisitasi Akreditasi Prodi Magister Ilmu Gizi FKM Unhas

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Dampingi UMKM Kembangkan Keripik Pisang di Desa Saotengnga, Sinjai

Berita

Puncak Kegiatan Praktik Belajar Lapangan II, Mahasiswa FKM Unhas Gelar Exploring Creativity 2024