Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 19 Oktober 2023 - 15:21 WIB

Kegiatan Sosial Operasi Phaco, RSUD Morowali bekerja sama Fakultas Kedokteran Unhas

Doc. Kegiatan Sosial Operasi Phaco,
RSUD Morowali bekerja sama Fakultas Kedokteran Unhas (Istimewa)

Doc. Kegiatan Sosial Operasi Phaco, RSUD Morowali bekerja sama Fakultas Kedokteran Unhas (Istimewa)

Banyaknya kasus Penyakit Katarak di Kabupaten Morowali, mendorong RSUD Morowali (RSMW) mengajak Bagian Mata Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas) untuk melakukan operasi Phacoemulsifikasi (Phaco). Kegiatan ini terutama dilakukan kepada penderita penyakit katarak, khususnya pada mereka yang tergolong keluarga kurang mampu.

Doc. Operasi Phacoemulsifikasi (Phaco) FK-Unhas di RSMW (Istimewa)

Operasi katarak dengan teknik phaco merupakan teknik operasi katarak yang menggunakan mesin bergelombang ultrasonik, bertujuan memperbaiki penglihatan pasien yang terganggu karena katarak. Teknik phaco ini memiliki kelebihan antara lain; sayatan sangat kecil, prosesnya cepat (sekitar 15 menit), tanpa jahitan dan pasien dapat langsung pulang setelah operasi.

Kegiatan sosial ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 di Kamar Operasi RSMW. Melibatkan Dokter Ahli yang tergabung dalam Tim Bagian Mata FK-Unhas yang dipimpin oleh Kepala Pusat Studi Bagian Mata dr. Abrar, Sp.M (K), didampingi oleh dr.Faisal, Sp.M, dr. Anisa dan dr. Bara. Tim operasi yang datang tersebut lengkap dengan 2 (dua) unit alat phaco yang saat ini belum tersedia di RSMW.

Baca Juga  Posko 5 PBL II melakukan Kegiatan Penyuluhan terkait BBLR dan MP-ASI guna Membangun Fondasi Kesehatan Optimal di Kalangan Masyarakat

Pasien yang akan dioperasi pada kegiatan sosial ini berjumlah 30 orang. Pasien tersebut merupakan pasien Poli Mata RSMW yang telah didaftar dan bersedia menjalani operasi phaco. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Medik RSMW, dr. Abdul Kadir, Sp. An. “Rencananya akan dilakukan operasi dengan teknik phaco pada 30 orang pasien katarak. Mereka memang merupakan pasien yang telah terdeteksi sebagai penderita katarak dan bersedia menjalani operasi dengan teknik phaco”.

Baca Juga  Launching Purwarupa Human Centered Design di Puskesmas Taar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi di Tual
Doc. Operasi Phacoemulsifikasi (Phaco) FK-Unhas di RSMW (Istimewa)

RSMW berencana untuk mengadakan alat operasi phaco pada tahun anggaran 2024. Rencana ini ditegaskan oleh Direktur RSMW, dr. Agus AS. Partang, Sp.B. “Kami sudah merencanakan untuk mengadakan alat operasi phaco pada tahun 2024. Hal ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya penderita katarak di Kabupaten Morowali. Terlebih lagi, kita sudah memiliki tenaga Dokter Ahli Mata yang telah kembali untuk mengabdi setelah selesai menjalani Pendidikan Dokter Spesialis Mata.”

(Bidkominfo-RSMW)

Share :

Baca Juga

Berita

Tim Pengabdian FKM Unhas Gelar Pelatihan Peer Educator di SMA Negeri 7 Takalar

Berita

Posko 31 PBL FKM UNHAS Sukses Menggelar Penyuluhan Dan Pembagian Buku Saku Bahaya Pemberian MPASI Terlalu Dini

Berita

Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas Adakan Seminar Program di Desa Bulu Cindea

Berita

Atasi Masalah Sampah, Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Demonstrasi Pengolahan Sampah Organik Bagi Ibu PKK Desa Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Berita

Posko 29 Desa Patallassang Sukses Gelar Seminar Akhir PBL III untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat

Berita

Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Training of Trainer KAP Unicef di Tangerang

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Kembangkan Peta Sebaran dan Risiko Stunting di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Posko 08 FKM Unhas Sukses Evaluasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Tekolabbua dengan Fokus pada Target 3 SDGs