Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 14 Juli 2023 - 16:00 WIB

Puluhan Tim Penjaminan Mutu Unhas Ikuti Pelatihan Audit Mutu Internal di Yogyakarta

Doc. Kegiatan Pelatihan (Istimewa)

Doc. Kegiatan Pelatihan (Istimewa)

Yogyakarta, 14 Juli 2023 – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanuddin (LPMPP Unhas) bekerja sama dengan Kantor Jaminan Mutu Universitas Gadjah Mada (KJM UGM) telah sukses menyelenggarakan Pelatihan Audit Mutu Internal di The Alana Yogyakarta Hotel pada tanggal 13-14 Juli 2023.

Acara ini dihadiri oleh 32 orang dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) yang menjabat sebagai ketua dan sekretaris Gugus Penjaminan Mutu Fakultas di lingkungan Unhas. Pelatihan ini juga diikuti oleh perwakilan dari beberapa kampus di Indonesia dan dibagi menjadi dua kelas. Setiap kelas terdiri dari lima kelompok dengan jumlah peserta 6-7 orang per kelompok.

Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta agar mampu: 1) melaksanakan audit mutu internal secara profesional, independen, dan objektif; 2) mengidentifikasi kesesuaian, kecukupan, dan efektivitas sistem mutu terkait kegiatan akademik; dan 3) mengidentifikasi peluang perbaikan dan pengembangan standar mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan.

Materi pelatihan mencakup pengertian audit mutu internal, perencanaan audit mutu internal, pelaksanaan audit, rapat tinjauan manajemen, dan kode etik auditor. Para peserta juga diperkaya dengan best practice Audit Mutu Internal di Universitas Gadjah Mada (UGM). Metode pelatihan yang digunakan meliputi ceramah dan diskusi, diskusi kerja kelompok, penugasan individu, serta praktik audit. Pada akhir kegiatan, peserta juga mengikuti ujian tertulis.

Prof. Dr. drg. Asmawati Amin, MKes, selaku Ketua Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas, memberikan testimoni mengenai pelatihan ini. Menurutnya, menjadi seorang auditor internal melalui pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) memberikan kesempatan bagi dirinya untuk berperan sebagai auditor internal yang dapat membantu menjaga tingkat kepatuhan, keandalan, dan kualitas di institusi. Dengan demikian, pelatihan ini dapat membangun dan meningkatkan keterampilan dalam melakukan audit mutu internal.

Pelatihan Audit Mutu Internal yang diselenggarakan oleh LPMPP Unhas dan KJM UGM di The Alana Yogyakarta Hotel telah memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada para peserta mengenai pentingnya audit mutu internal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Share :

Baca Juga

Berita

TIM PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) FKM UNHAS MENERIMA BANTUAN MODAL USAHA

Berita

Sinergi untuk Kesehatan: MoA antara FKM Unhas, Dinkes Mamuju Tengah, dan STIKES Baramuli

Berita

Posko 29 Desa Patallassang Sukses Gelar Seminar Akhir PBL III untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat

Berita

Posko 21 PBL 2 FKM Unhas Menggelar Seminar Awal PBL 2: Pemaparan Program Intervensi Kesehatan di Desa Punranga

Berita

Mahasiswa Posko 15 FKM Unhas Lakukan Seminar Akhir PBL I di Kelurahan Attangsalo untuk Prioritaskan Masalah Kesehatan

Berita

Tim Dosen Unhas Perkuat Keterampilan Emo-Demo Kader Pendamping Keluarga di Bantaeng

Berita

“Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Siswa SMP Cegah Pernikahan Anak di Kabupaten Kepulauan Selayar

Berita

Sukses Menerapkan Metode Door-to-Door, Posko 9 Kelurahan Kalabbirang Praktik Belajar Lapangan (PBL) II, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Sosialisasikan Bahaya Merokok Dalam Ruangan