Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) sukses menyelenggarakan kegiatan workshop yang membahas tentang “Update Rencana Proses Pembelajaran (RPS) dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM)”. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid dan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 13-14 Juli 2024.
Workshop ini dihadiri oleh Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D, Ketua Departemen Ilmu Gizi, Ketua Program Studi S1 dan S2 Ilmu Gizi serta dosen dan tenaga pendidik di lingkup Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FKM Unhas yang mengharapkan agar kegiatan workhsop ini dapat memberikan output dalam peningkatan kualitas proses belajar mengajar di Program Studi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas. “Sejatinya setiap semester evaluasi proses pembelajaran perlu dilakukan, ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan fakultas, prodi, hingga asosiasi terhadap tuntutan perubahan yang begitu dinamis”, paparnya.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi. Materi pertama membahas tentang Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dibawakan oleh Dr. Abdul Salam, SKM, M.Kes. selaku Ketua Program Studi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas dan dimoderatori oleh Ulfah Najamuddin, S.Si., M.Kes.
Dalam materinya, beliau menyampaikan hasil evaluasi mulai dari penyelenggaraan mata kuliah secara umum, evaluasi proses praktikum, evaluasi pelaksanaan Evidence Based Learning (EBL), hingga evaluasi dosen pengampu mata kuliah. Hal ini menjadi input berarti untuk peningkatan mutu proses perkuliahan ke depannya.
Dalam paparan berikutnya, Ketua Program Studi S1 Ilmu Gizi memetakan kembali tim pengampu masing-masing mata kuliah. Selanjutnya tim ini akan bekerja secara mandiri untuk memutakhirkan RPS dengan meninjau kembali bahan kajian, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), memformulasi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), Sub- Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK), deskripsi pertemuan 1-16, item penilaian beserta rubriknya masing-masing.
Pada hari kedua, RPS yang telah disempurnakan akan direview oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin. Pada sesi ini ditekankan penyusuaian RPS dengan Metode Pembelajaran Studi Kasus dan Project Based Learning yang dapat mendukung Indikator Capaian Utama (IKU) 7. Di akhir workshop ini, update RPS dikompilasi oleh panitia dan kegiatan ditutup dengan dokumentasi bersama.