Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 12 Januari 2024 - 14:19 WIB

Posko 21 PBL 2 FKM Unhas Menggelar Seminar Awal PBL 2: Pemaparan Program Intervensi Kesehatan di Desa Punranga

Doc. Seminar Awal Posko 21 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Seminar Awal Posko 21 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Posko 21 Praktik Belajar Lapangan (PBL) 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menggelar seminar awal PBL 2 terkait program intervensi kesehatan di Kantor Desa Punranga, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep pada hari Jumat, 12 Januari 2024 pada pukul 09.45 WITA. Seminar awal ini dimaksudkan untuk memaparkan program intervensi yang akan dilakukan oleh Mahasiswa Posko 21 PBL 2 FKM Unhas di Desa Punranga.

Posko 21 PBL 2 FKM Unhas terdiri dari 1 Dosen Supervisor yaitu Rismayanti, SKM., MKM. dan 7 mahasiswa FKM Unhas yaitu Nurpanasita dari Departemen PKIP, Indah Damayanti dari Departemen Epidemiologi, Suci Amaliah Syuaib dari Departemen Manajemen Rumah Sakit, Alifia Meilani Arli Lewa dari Departemen AKK, A. Muh. Rezky Anugrah dari Departemen Kesehatan Lingkungan, Dhiza Az-Zahra Umar dan Atiqah Nurfaradiba dari Departemen K3.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH., Ph.D. dan Pengelola PBL, Dian Saputra Marzuki, SKM., M.Kes.

Baca Juga  Rekomendasi Kebijakan (Policy Brief) dalam Implementasi Safety Leadership pada sektor Konstruksi yang disusun oleh A.Wahyuni, salah satu mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat FKM Unhas

Kegiatan seminar awal ini dihadiri oleh tamu undangan mulai dari perangkat desa dan jajarannya yaitu Kepala Desa Punranga, Ketua BPD Punranga, Kepala Dusun, Ketua RK dan RT Desa Punranga serta Kepala Sekolah SDN 10 Botto, Babinsa Desa Punranga, Kader Posyandu dan Bidan Penanggungjawab Posyandu. Kegiatan seminar awal diikuti oleh 18 tamu undangan. Masyarakat Desa Punranga menyambut baik kedatangan mahasiswa Posko 21 PBL 2 FKM Unhas dan peserta seminar awal aktif mengajukan pertanyaan serta saran membangun yang berkaitan dengan kegiatan intervensi yang akan dilakukan di Desa Punranga.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Koordinator Desa Posko 21 (Nurpanasita) dilanjut dengan sambutan oleh Kepala Desa Punranga (Hajji), kemudian sambutan oleh Babinsa Desa Punranga (Kopda Hendri). Selanjutnya dilakukan pemaparan terkait program intervensi yang akan dilakukan di PBL 2 di Desa Punranga sebagai bentuk alternatif penyelesaian masalah dari prioritas masalah saat PBL 1. Disampaikan pula jenis program intervensi yang akan dilakukan, salah satunya adalah Penyuluhan terkait Pencegahan HIV/AIDS dan Pembagian Buku Saku. Program tersebut merupakan salah satu upaya dalam mendukung tercapainya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yang ke-3 yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia sebagaimana yang tercantum dalam sasaran 3.3 yaitu pada tahun 2030, mengakhiri epidemi AIDS, TB, Malaria dan penyakit tropis yang terabaikan serta memerangi hepatitis, penyakit yang ditularkan melalui air dan penyakit menular lainnya.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Lakukan Program Rematri Bebas Anemia di MTsN 2 Selayar untuk Cegah Stunting

Oleh karena itu, melalui pelaksanaan Praktik Belajar Lapangan (PBL) 2 yang dilakukan oleh mahasiswa Posko 21 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin diharapkan dapat memberikan kontribusi dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya melalui pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan di Desa Punranga, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep.

Share :

Baca Juga

Berita

Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas mengadakan Workshop MBKM Mandiri dalam rangka Mendukung Implementasi Kurikulum 2023 (K-23)
Pra Workshop (Istemewa)

Pendidikan

Pra Workshop Pemutakhiran Kurikulum K-23 Prodi S1 dan S2 Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas.

Berita

Berkah Ramadan, Prodi S2K3 FKM Unhas Raih Predikat Unggul

Berita

Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana FKM Unhas Hadirkan Pakar Healthy Cities Dunia dari Korea Selatan

Berita

Cegah BBLR, Posko 30 PBL II FKM Unhas Lakukan Permainan Edukasi “Isi Piringku” pada Wanita Usia Subur (WUS)

Berita

Seminar Awal PBL III FKM Unhas di Balleangin: Posko 1 dan 33 Bahas Evaluasi Program Kesehatan

Berita

FKM Unhas Sukses Menyelenggarakan Edukasi Gizi Seimbang dan Pengukuran Antropometri dalam Program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2024

Berita

Target Akreditasi Unggul, Prodi Magister Ilmu Gizi FKM Unhas Divisitasi Tim Asesor LAM-PTKes