Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 12 Januari 2024 - 18:38 WIB

Posko 28 PBL II FKM UNHAS Sukses Selenggarakan Seminar Awal, Menghadirkan Program Edukasi Kreatif dan Pemanfaatan Teknologi Untuk Mencegah HIV/AIDS

Doc. Seminar Awal Posko 28 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Seminar Awal Posko 28 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Manggalung, 12 Januari 2024 – Posko 28 PBL II FKM Unhas berhasil menyelenggarakan kegiatan seminar awal yang dihadiri oleh perangkat desa dan bidan desa yang ada di Desa Manggalung, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 13.00 hingga 15.00 WITA yang berlokasikan di Kantor Desa Manggalung.

Kegiatan seminar awal yang telah dilaksanakan bertujuan untuk memaparkan jenis-jenis program yang akan dilakukan dalam jangka waktu 14 hari dan dalam rangka menyambut kembali mahasiswa Posko 28 yang datang kembali untuk melakukan kegiatan Praktik Belajar Lapangan. Program yang dirancang dan dipaparkan merupakan hasil prioritas masalah yang telah didapatkan saat melakukan PBL I. Program-program tersebut terdiri dari penyuluhan, permainan edukasi interaktif, games, hingga bekerjasama dengan karangtaruna setempat untuk pembuatan video edukasi.

Baca Juga  Dosen FKM Unhas Jadi Fasilitator KAP Mentor Tim Pendamping Keluarga Regional Sulawesi

Seminar awal tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Manggalung, Bambinsa Desa Manggalung, Bidan Desa Manggalung, Ketua BPD Desa Manggalung, Ketua RK/RW Desa Manggalung, Ketua dan Anggota Karang Taruna Desa Manggalung. Acara ini diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama diawali oleh Koordinator Desa Posko 28, dilanjutkan dengan sambutan oleh Babinsa Desa Manggalung dan kemudian diakhiri oleh sambutan Kepala Desa Manggalung sekaligus membuka kegiatan PBL II yang akan dilaksanakan oleh Posko 28.

Antusiasme dari peserta undangan sangat tinggi dimana kegiatan diskusi dan tanya jawab berlangsung dengan aktif. Bidan desa dan pihak karang tarunan memberikan dukungan pada program yang direncanakan dan mendukung kemitraan dalam proses pelaksanaan program.

Baca Juga  Mahasiswa PBL 1 Posko 33 FKM Unhas Gelar FGD Solusi Kesehatan Masyarakat di Balleangin, Kab. Pangkep

Salah satu intervensi yang dijelaskan adalah Pembuatan Video Edukasi HIV/AIDS yang akan dilaksanakan dengan memberdayakan remaja-remaja di Desa Manggalung. Program ini disambut baik oleh pihak desa mengingat Desa Manggalung sendiri memiliki channel Youtube yang sangat aktif. Program ini juga berkaitan dengan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang ke-3 yakni Kesehatan yang baik dan kesejahteraan.

“Pembuatan video untuk program yang dijalankan sangat bagus, dapat menjadi wadah belajar dan juga menjadi program berkelanjutan untuk Desa serta pemanfaatn teknologi yang bermanfaat.”- Ucap Kepala Desa Manggalung, bapak Patahuddin. Program pembuatan video yang akan dilaksanakan tentunya dapat menjadi program berkelanjutan dan dapat digunakan untuk program yang berkaitan selanjutnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Inovasi Mahasiswa KKNT Unhas: ‘Kelor Seduh’ Melawan Stunting di Desa Bontosunggu, Selayar

Berita

Yayasan Kesmas Sahabat Dhuafa Wisuda 10 Santri RQSD Putri Angkatan I dan Terima 6 Santri Baru Angkatan II

Berita

Workshop Update RPS dan Proses Belajar Mengajar: Program Studi S2 Ilmu Gizi FKM Unhas Menghadirkan Kolaborasi dan Inovasi Tingkat Internasional

Berita

Seminar Awal Mahasiswa PBL 2 Posko 12 FKM Unhas: Upaya Peningkatan Kesehatan di Desa Kabba

Berita

Posko 31 FKM UNHAS Menggelar Seminar Awal PBL II: Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Biraeng

Berita

MENJAGA KESEHATAN GENERASI MENDATANG, POSKO 21 PBL II FKM UNHAS MENGGELAR PENYULUHAN HIV-AIDS PADA PESERTA POSYANDU MILENIAL DI DESA PUNRANGA

Berita

FKM Unhas Sukses Menyelenggarakan Edukasi Gizi Seimbang dan Pengukuran Antropometri dalam Program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2024

Berita

Implementasi SDGs Desa melalui Intervensi Kesehatan Posko 19 PBL II FKM Unhas 2024 di Desa Pitu Sunggu