Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 14 Agustus 2023 - 13:45 WIB

Workshop Pemutakhiran Kurikulum K-23 Prodi S1 dan S2 Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS

Doc. Workshop Kesehatan Lingkungan FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Workshop Kesehatan Lingkungan FKM Unhas (Istimewa)

Departemen Kesehatan Lingkungan Program Studi Ilmu S1 Kesmas dan Program Studi S2 Kesehatan Lingkungan menyelenggarakan Workshop Pemutakhiran Kurikulum K23. Kegiatan berlangsung di Hotel Harper, Senin (14/8/2023).

Pada kegiatan tersebut turut hadir Ketua Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi FKM Unhas, Ketua Prodi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ketua Prodi S2 Kesehatan Lingkungan, Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan, para stakeholder, serta panitia pelaksana workshop pemutakhiran.

Kegiatan berlangsung mulai pukul pukul 09.00 Wita dengan diawali dengan laporan ketua panitia, dan sambutan-sambutan dari Ketua Program Studi S2 Kesehatan Lingkungan, Ketua Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi, serta Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan.

Dekan FKM Unhas dalam hal ini diwakili oleh Ketua Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi; Prof. dr. Hasanuddin Ishak, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan workshop kurikulum penting dilakukan untuk menyelaraskan kurikulum K23 yang menjadi pedoman dalam pembuatan kurikulum yang sudah dibuat oleh DIKTI. Selain itu juga turut serta Ketua Prodi Magister Kesehatan Lingkungan; Prof Anwar Daud juga menyampaikan bahwa Prodi S2 Kesehatan Lingkungan siap menjadi Pusat Unggulan Pengembangan Ilmu Kesehatan Lingkungan Kawasan Pesisir dan Kepulauan Terbaik di Indonesia pada tahun 2030. Selanjutnya, Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan; Dr. Erniwati Ibrahim, S.KM., M.Kes dalam sambutannya juga menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran para stakeholder yang akan memberikan saran dan masukan untuk kurikulum Kesehatan Lingkungan baik S1 maupun S2. Stakeholder tersebut berasal dari beberapa instansi kesehatan, institusi pendidikan, negeri, dan swasta diantaranya dari Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Poltekkes Makassar, UIN Alauddin Makassar.

Baca Juga  Prodi S2K3 FKM Unhas Adakan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024

Tepat pukul 10.00 WITA dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ketua Program Studi S2 Kesehatan Lingkungan Prof Dr. Anwar Daud, S.KM., M.Kes yang membahas tentang Kebijakan Kurikulum Program Studi S2 Kesehatan Lingkungan dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dr. R. Azizah, SH., M.Kes dari Universitas Airlangga bagian kesehatan lingkungan. Kedua pemateri tersebut memberikan gambaran akan output lulusan ke depannya serta kurikulum yang akan digunakan nantinya. Dr. Azizah dalam penyampaian materi nya juga memperlihatkan tentang program desa binaan yang mereka bentuk sejak beberapa tahun terakhir yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mengembangkan keilmuannya khususnya ilmu kesehatan lingkungan.

Baca Juga  Target Akreditasi Unggul, Prodi Magister Ilmu Gizi FKM Unhas Divisitasi Tim Asesor LAM-PTKes

Setelah ISHOMA, dilanjutkan dengan FGD bersama stakeholder yang dipimpin langsung oleh moderator Ruslan, S.KM., MPH. Dalam FGD tersebut beberapa masukan disampaikan diantaranya diperlukan sertifikat kompetensi untuk mahasiswa kesehatan lingkungan, memperjelas nilai aktual dalam kurikulum kesehatan lingkungan, penerapan sanitasi total berbasis masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan, Pengembangan teknologi tepat guna dan teknologi modern, Aplikasi artificial inteligen yang menggunakan data sekunder, dapat meminimalisir pemanfaatan laboratorium (aplikasi IoT pada bidang kesehatan lingkungan), serta perlu adanya peningkatan penerapan regulasi PP No. 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Pelaksanaan Workshop berjalan khidmat dan lancar. Tepat pukul 16.00 WITA dilanjutkan dengan penutupan dan para panitia melanjutkan kegiatan kerja mandiri berdasarkan masukan-masukan yang disampaikan oleh stakeholder. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.

Share :

Baca Juga

Berita

Melalui FGD, Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas bersama Pemdes Bulu Cindea dan DLH Kab. Pangkep Komitmen untuk Mengaktifkan Kembali Bank Sampah

Berita

Mahasiswa Posko 20 PBL II FKM Unhas Menggelar Penyuluhan Pengolahan Sampah dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) di SDN 6 Pitue, Kabupaten Pangkep

Berita

Seminar Awal PBL III FKM Unhas Sukses Digelar di Posko 20 Desa Pitue

Berita

Peserta Training of Trainer KAP Unicef Indonesia Lakukan Praktik Lapangan

Berita

Posko 30 PBL III FKM UNHAS Rekonstruksi Papan Wicara Menjadi Leaflet untuk Edukasi Siswa SDN 24 Taraweang tentang Penanganan Sampah

Berita

Inovasi Mahasiswa KKNT Unhas: ‘Kelor Seduh’ Melawan Stunting di Desa Bontosunggu, Selayar

Berita

Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan FKM Unhas siap menggelar The 1st International Conference on Health Policy and Public Health (ICHP-PH) 2024

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Tanam Pohon Kelor dengan Media Polybag di Desa Bontosunggu