Home / Berita / Pendidikan / Regional

Rabu, 12 Juli 2023 - 14:49 WIB

Posko 26 FKM Unhas Gelar Seminar Awal PBL 1 di Desa Coppo Tompong, Pangkep

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Coppo Tompong, 12 Juli 2023 – Posko 26, sebuah tim mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas), telah menyelenggarakan seminar awal untuk Praktik Belajar Lapangan (PBL) 1. Acara ini berlangsung di Baruga Kantor desa Coppo Tompong. Tujuan utama dari seminar ini adalah memberikan informasi awal kepada masyarakat Desa Coppo Tompong mengenai kegiatan PBL 1, yang melibatkan observasi, identifikasi masalah, penentuan prioritas masalah, dan penyusunan alternatif pemecahan masalah.

Seminar awal ini dihadiri oleh Dr. Nurzakiyah, S.KM., M.KM., Supervisor dari Posko 26, serta perwakilan dari berbagai pihak, termasuk Camat, Sekretaris Desa, Puskesmas, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Babinsa, ketua RW, ketua RT, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Acara dimulai dengan pembukaan, diikuti oleh penyanyian lagu Indonesia Raya. Setelah itu, perwakilan camat, puskesmas, sekretaris desa, koordinator desa, dan supervisor memberikan sambutan.

Doc. Seminar Awal (Istimewa)

Seminar awal ini berjalan dengan sukses dan masyarakat Desa Coppo Tompong menyambut mahasiswa PBL 1 dengan antusias. Dalam seminar ini, diadakan sesi diskusi yang memberikan kesempatan kepada semua peserta untuk bertanya dan memberikan masukan terkait pelaksanaan PBL 1 yang akan datang. Harapannya, seminar awal ini menjadi langkah awal yang baik bagi mahasiswa PBL 1 FKM Unhas dalam menjalankan kegiatan PBL di Desa Coppo Tompong dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat di desa tersebut.

PBL merupakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan profesional dalam bidang kesehatan masyarakat. Tahap PBL terdiri dari tiga tahap yang mengikuti siklus perencanaan dan evaluasi, yaitu PBL 1, 2, dan 3. Melalui pelaksanaan PBL ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis situasi dengan mengidentifikasi, merumuskan, memecahkan, dan mengevaluasi masalah kesehatan masyarakat. PBL juga merupakan salah satu kegiatan yang mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Isu-isu kesehatan yang terkait dengan SDGs diintegrasikan dalam Tujuan Nomor 3, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia. Dengan melaksanakan PBL ini, diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah kesehatan, terutama di Desa Coppo Tompong, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep.

Share :

Baca Juga

Berita

Semarakkan Gerakan Unhas Hijau, FKM Unhas Bagikan Bibit Pohon pada Penutupan Penerimaan Mahasiswa Baru

Berita

Posko 08 FKM Unhas Sukses Evaluasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Tekolabbua dengan Fokus pada Target 3 SDGs

Berita

Universitas Hasanuddin Menggelar Kuliah Tamu Bertema “Ekuitas Termal: Perlunya Pendinginan yang Adil dan Inklusif Untuk Mengatasi Krisis Iklim di Perkotaan Asia Tenggara

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Berhasil Gelar Program Intervensi Anti-Merokok di Desa Kabba

Berita

Puncak Kegiatan Praktik Belajar Lapangan II, Mahasiswa FKM Unhas Gelar Exploring Creativity 2024

Berita

Mahasiswa Posko 4 PBL I FKM Unhas Gelar Seminar Akhir di Kantor Desa Tompo Bulu, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Berita

SEMINAR AWAL DI POSKO 27 PRAKTIK BELAJAR LAPANGAN III (PBL III) DESA MANDALLE BERHASIL DISELESAIKAN DENGAN SUKSES

Berita

Mendukung Tercapainya Tujuan SDGs Ke-3, Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Intervensi Senam Hipertensi dan Edukasi Isi Piringku