Home / Uncategorized

Rabu, 11 Juni 2025 - 11:14 WIB

Perkuat Pelayanan Kesehatan, Dinkes Mamuju Tengah dan FKM Unhas Jalin Kerja Sama Survei Kepuasan Masyarakat

Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju Tengah bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) untuk menyelenggarakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di wilayah Mamuju Tengah. Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan publik. Penandatanganan dilakukan pada Rabu, 11 Juni 2025, di Ruang Dekan FKM Unhas, Makassar.

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Mamuju Tengah, Setya Bero, SKM.,M.M.Kes.Ketua Program Studi S1-Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM Unhas, Dr. Hasnawati Amqam, SKM.,M.Sc., dan Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH., Ph.D. Acara ini turut disaksikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi, Prof. Anwar Mallongi, SKM., MSc., Ph.D, serta perwakilan dosen yang ditugaskan oleh dekan sebagai tim ahli untuk mendukung pelaksanaan dan validasi teknis survei.

Baca Juga  Workshop S2 Ilmu Gizi: Penguatan Kapasitas Thematic Research Group (TRG) dan Publikasi Jurnal untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian Mahasiswa dan Dosen

Survei ini akan dilaksanakan di sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Mamuju Tengah. Tujuannya adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan yang diberikan, sekaligus mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan.

Dekan FKM Unhas menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk nyata peran akademisi dalam mendorong pelayanan kesehatan yang lebih responsif dan berbasis data. “Kami percaya, kolaborasi antara institusi pendidikan dan pemerintah daerah seperti ini akan menghasilkan rekomendasi yang kuat untuk kebijakan layanan publik yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga  Penandatanganan Kerjasama Strategis FKM Unhas dengan Pemerintah Kota Tarakan untuk Pengembangan SDM dan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mamuju Tengah menekankan pentingnya mendengarkan langsung suara masyarakat. “Survei ini menjadi instrumen penting untuk menilai kinerja layanan dan merumuskan langkah perbaikan secara objektif dan terukur,” tegasnya.

Survei Kepuasan Masyarakat ini direncanakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat, melibatkan tim dosen dari FKM Unhas dan didukung oleh tenaga kesehatan di lapangan.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Tim PPMU-Unhas Gelar Pelatihan Peer Group Educator “Sahabat Gizi” Dukung Pencegahan Kegemukan Anak di Parepare

Uncategorized

Program Bina Desa Mahasiswa Batch 1 Tahun 2025 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin: Kampanye dan Pengolahan Sampah “Sampah Kita, Tanggung Jawab Kita: Bersih-bersih untuk Masa Depan”

Uncategorized

Dosen dan Mahasiswa S2 Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM Unhas Ikuti APOSHO 38 di Bangkok

Uncategorized

Membangun Dunia Bebas Plastik: Panduan Pembuatan Ecobrick pada Masyarakat di Kelurahan Tonrokassi Timur, Kacamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto

Uncategorized

Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Awal Praktik Belajar Lapangan (PBL) I di Kelurahan Cabenge, Warga Antusias Sambut Program Pengabdian

Uncategorized

Mahasiswa EBL Ilmu Gizi Unhas Temukan Ketimpangan Frekuensi Pengangkutan Sampah di RW 5 Bira dan Inisiatif Warga dalam Mengatasi Pengelolaan Limbah

Uncategorized

FKM Unhas Rayakan Dies Natalis ke-43 dengan Edukasi Kreatif Cegah Narkoba di Takalar

Uncategorized

Mengubah Sampah Menjadi Sumber Daya: Edukasi Pengolahan Sampah Anorganik dengan Metode “Ecobrick” di Desa Pallantikang