Home / Uncategorized

Minggu, 29 Juni 2025 - 16:41 WIB

PRESS RELEASE Evaluasi Hasil Penyuluhan Stunting Melalui Post-Test pada Siswa MTs dan SMP DDI Kassi

Jeneponto, 29 Juni 2025-Sebagai upaya untuk menilai efektivitas kegiatan penyuluhan mengenai stunting yang telah dilaksanakan sebelumnya, POSKO 34 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin melaksanakan evaluasi pasca-kegiatan (post-test) yang ditujukan kepada siswa kelas VII dan VIII MTs serta SMP DDI Kassi di Kelurahan Tonrokassi Barat, Kabupaten Jeneponto.

Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana informasi yang diberikan dalam penyuluhan dapat dipahami dan diingat oleh para peserta. Post-test diberikan langsung setelah sesi edukasi selesai, yang mencakup pertanyaan seputar definisi stunting, penyebab dan dampaknya, serta strategi pencegahan melalui konsumsi gizi seimbang dan penerapan pola hidup sehat.

Baca Juga  KUMAN PERGI, SEHAT DI HATI: EDUKASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) YANG BAIK DAN BENAR PADA IBU BADUTA

Berdasarkan hasil post-test, tercatat bahwa lebih dari 80% siswa menunjukkan tingkat pemahaman yang baik. Mayoritas peserta mampu menjawab dengan tepat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, terutama mengenai pentingnya gizi sejak usia remaja dan peran mereka dalam menjaga kesehatan untuk masa depan yang lebih baik.

Keberhasilan ini tidak lepas dari metode penyampaian yang menarik dan mudah dipahami, seperti pemutaran video edukatif, sesi diskusi santai, dan permainan interaktif “Ranking 1”. Pendekatan ini terbukti mampu meningkatkan antusiasme siswa serta memudahkan mereka dalam menerima materi yang tergolong baru namun krusial. Meskipun tidak dilakukan pre-test, hasil post-test ini memberikan indikasi kuat bahwa penyuluhan berdampak positif terhadap pengetahuan siswa, dan menjadi dasar awal dalam merancang kegiatan lanjutan dengan cakupan yang lebih luas.

Baca Juga  FKM Unhas Fokus Tingkatkan Mutu, Finalisasi Borang Akreditasi Prodi S3 Ilmu Kesmas Dimatangkan Melalui FGD

POSKO 34 berharap, hasil dari penyuluhan ini tidak berhenti pada peningkatan pengetahuan, tetapi juga mampu mendorong perubahan perilaku dan penyebaran informasi lebih lanjut di lingkungan rumah dan sekolah. Evaluasi ini juga menjadi acuan dalam pengembangan intervensi edukatif ke depan, sekaligus berkontribusi nyata dalam mendukung pencapaian SDGs 2: Tanpa Kelaparan dan SDGs 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Workshop Indonesian Center for Nutrition Studies (ICONS) FKM Unhas: Membangun Kolaborasi dan Visi Bersama untuk Masa Depan Gizi Indonesia

Uncategorized

POSKO 22 PBL III FKM UNHAS ADAKAN EVALUASI PELATIHAN PEMBUATAN ECOBRICK DI SDN 10 BANGKALA

Uncategorized

Langkah Kecil, Cegah Stunting dengan Media Buku Saku : Evaluasi Intervensi PBL II Posko 3 FKM Unhas di Kelurahan Bulujaya, Kabupaten Jeneponto

Uncategorized

KANTOR URUSAN INTERNASIONAL UNHAS BEKERJA SAMA DENGAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS HASANUDDIN MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI IISMA

Uncategorized

FKM Unhas Gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni Periode Mei 2025

Uncategorized

Pengabdian Masyarakat Berupa Sosialisasi Pendaftaran Mobile JKN di Desa Borikamase, Kabupaten Maros

Uncategorized

FKM Unhas Gelar Program Bina Desa: Wujud Nyata Pengabdian untuk Kesehatan dan Lingkungan

Uncategorized

Refleksi Masa Depan Remaja: Mahasiswa Posko 4 PBL 2 FKM Unhas Melaksanakan Bedah Film Terkait Dampak Pernikahan Dini di SMP 1 dan SMP 8 Bangkala Barat