Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 24 Juli 2023 - 22:25 WIB

PBL1 Posko 1 Kelurahan Balleangin FKM Unhas: Identifikasi Masalah Kesehatan dan Kontribusi terhadap SDGs

Doc. Posko 1 Kel. Balleangin PBL FKMUH (Istimewa)

Doc. Posko 1 Kel. Balleangin PBL FKMUH (Istimewa)

Balleangin, 24 Juli 2023 – Praktik Belajar Lapangan (PBL) adalah suatu bentuk proses belajar yang bertujuan untuk memperoleh kemampuan profesional di bidang kesehatan masyarakat. PBL melibatkan beberapa keterampilan khusus, seperti menerapkan diagnosis kesehatan komunitas, mengembangkan program pencegahan dan promosi kesehatan masyarakat, berperan sebagai manajer madya, melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat, serta bekerja dalam tim multidisipliner. Melalui PBL, individu akan dipersiapkan untuk menghadapi tugas-tugas profesional dalam bidang kesehatan masyarakat.

Doc. Kegiatan PBL1 (Istimewa)

Kegiatan PBL I melibatkan beberapa rangkaian kegiatan, termasuk penerimaan di Kantor Kecamatan Balocci pada 10 Juli 2023, dihadiri oleh para Supervisior perangkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan, serta peserta dari 6 posko di kecamatan tersebut. Selanjutnya, pada 12 Juli 2023, seminar awal yang dilakuakn secara hybrid di ruang pola kantor kelurahan Balleangin diikuti oleh Ibu Rizky Chaeratyy Syam, SKM., M.Kes selaku supervisior Posko 1 seluruh perangkat Kelurahan, Babinsa, Ketua RW, Ketua RT, dan Tokoh Masyarakat setempat. Kegiatan seminar awal ini bertujuan untuk memberikan informasi awal kepada masyarakat Balleangin mengenai PBL I.

Baca Juga  Mendorong Pencapaian SDGs, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan dan Pemasangan Poster Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Selama pelaksanaan PBL I, mahasiswa dari posko 1 mengumpulkan data sekunder dari berbagai instansi terkait, seperti kantor kelurahan dan puskesmas Balocci. Data tersebut mencakup berbagai aspek kesehatan masyarakat, seperti penyakit, gizi, sanitasi, dan asuransi kesehatan. Pengumpulan data primer juga dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner rumah tangga dan individu, melalui aplikasi Kobo.

PBL I memiliki relevansi dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Beberapa tujuan SDGs yang terkait dengan kegiatan PBL I di Kelurahan Balleangin adalah tujuan 1 (tanpa kemiskinan), tujuan 3 (kehidupan sehat dan sejahtera), tujuan 6 (air bersih dan sanitasi layak), dan tujuan 13 (penanganan perubahan iklim). Permasalahan seperti asuransi kesehatan, sanitasi, SPAL, dan perilaku cuci tangan di kelurahan ini berkaitan dengan tujuan- tujuan SDGs yang disebutkan.

Doc. Kegiatan PBL1 (Istimewa)

Hasil analisis data dari PBL I telah mengidentifikasi 16 masalah prioritas, termasuk penanganan sampah rumah tangga, konsumsi makanan berlemak, dan kesehatan bayi yang belum cukup umur untuk mengonsumsi MPASI. Hasil ini didiskusikan pada Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung pada 21 Juli 2023, yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait seperti Lurah Balleangin, Kader Posyandu, perwakilan Puskesmas dan Kecamatan, serta Tokoh Masyarakat dan Agama.

Baca Juga  DALAM WAKTU 2 MINGGU, POSKO 18 PBL FKM UNHAS SUKSES MELAKSANAKAN BERBAGAI INTERVENSI TERKAIT MASALAH KESEHATAN DI DESA PADANG LAMPE

Kegiatan PBL I dilangsungkan secara resmi dengan seminar akhir pada 22 Juli 2023, dihadiri oleh Ibu Rizky Chaeraty Syam,SKM., M.Kes selaku Supervisior Posko 1 dan  berbagai perangkat Kecamatan, Kelurahan,  Babinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tenaga Kependidikan, Organisasi Masyarakat dan Kesehatan. Seminar akhir ini menjadi sarana efektif untuk menyampaikan hasil pengumpulan data selama lebih dari satu minggu kepada masyarakat.

Doc. PBL1 (Istimewa)

Seluruh rangkaian kegiatan PBL I diakhiri dengan apel pagi di kantor Kecamatan Balocci pada 24 Juli 2023. Selama dua pekan kehadiran mahasiswa PBL I memberikan warna tersendiri bagi masyarakat di seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Balocci. Pihak kecamatan mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih atas partisipasi peserta PBL I dalam kegiatan ini.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Sosialisasi Dampak Negatif Pernikahan Dini di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

LD Al-Aafiyah FKM Unhas Bersama Pemerintah Desa Ulaweng Cinnong Siap Wujudkan Desa Sehat Aman Limbah

Berita

Tim Peneliti Departemen PKIP FKM Unhas Raih Hibah Internal LPPM Unhas untuk Penelitian Kesehatan Mental Pasien TB Komorbid di Makassar

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Berpartisipasi dalam Unhas Open Day 2024

Berita

Lokakarya Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin: Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Kurikulum

Berita

Akselarasi Peningkatan Cakupan Imunisasi di Kota Tual, Puskesmas Dullah Laut Lakukan Launching Purwarupa

Berita

Dosen FKM Unhas Ajak Remaja SMP Berinternet Aman dan Sehat

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Edukasi CTPS di SDN Padang 03, Selayar untuk Penurunan Stunting