Home / Berita / Pendidikan / Regional

Rabu, 12 Juli 2023 - 22:01 WIB

Posko 1 dan Posko 33 Kelurahan Balleangin Bersinergi Selenggarakan Seminar Awal PBL 1 FKM Unhas

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Balleangin, 12 Juli 2023 – Posko 1 dan Posko 33 Kelurahan Balleangin bekerja sama dalam menyelenggarakan seminar awal Praktik Belajar Lapangan (PBL) 1 oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas). Seminar awal ini diselenggarakan secara hybrid di Ruang Pola Kantor Kelurahan Balleangin pada hari Rabu, 12 Juli 2023, pukul 08.30 hingga 10.00 pagi. Tujuan dari acara ini adalah memberikan informasi awal kepada masyarakat Balleangin mengenai kegiatan PBL 1, yang mencakup observasi, identifikasi masalah, menyusun prioritas masalah, dan menyusun alternatif pemecahan masalah.

Seminar awal ini dihadiri oleh Supervisor Posko 1, Ibu Rizky Chaeraty Syam, SKM., M. Kes, Supervisor Posko 33, Bapak Arif Anwar, SKM., M. Kes, Sekretaris Lurah, Ketua LPM Kelurahan Balleangin, Babinsa, para ketua RW dan ketua RT, Ibu PKK, Tokoh Masyarakat, serta Tokoh Agama. Acara ini dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan penyanyian lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, terdapat sambutan dari koordinator kelurahan, supervisor, dan sekretaris lurah.

Baca Juga  Departemen Epidemiologi FKM Unhas Menggelar FGD untuk Rekonstruksi Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Doc. Kegiatan Seminar Awal (Istimewa)

Antusiasme yang tinggi terlihat dari partisipasi hampir semua tamu undangan dalam acara ini. Seminar awal ini diharapkan dapat menjadi platform yang efektif untuk menginformasikan dan melibatkan semua instansi dan lapisan masyarakat di Kelurahan Balleangin dalam mendukung pelaksanaan PBL 1 FKM Unhas.

Dalam konteks Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), kegiatan PBL 1 ini salah satunya adalah poin 6 SDGs, yaitu air bersih dan sanitasi layak, karena dalam kuesioner rumah tangga yang ditetapkan, terdapat banyak pertanyaan yang membahas mengenai hal ini. Selain itu, isu kesehatan juga menjadi perhatian utama dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin 3, yaitu kehidupan sehat dan sejahtera. Melalui observasi yang cermat, identifikasi masalah yang akurat, dan penyusunan alternatif pemecahan masalah yang inovatif, PBL 1 diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan berkelanjutan di Kelurahan Balleangin.

Baca Juga  Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Akhir PBL III di Kelurahan Bone, Pangkep

Semoga kegiatan PBL 1 ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Balleangin serta berkontribusi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan secara keseluruhan.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Tuntaskan Pembuatan Peta Desa Pamatata, Selayar

Berita

Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Berupaya Meningkatkan Kesehatan Lansia Di Desa Coppo Tompong Melalui Penyuluhan Hipertensi Dan Pemeriksaan Kesehatan

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Ibu-ibu Cegah BBLR dan Stunting di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Membangun Kesehatan Generasi Mendatang: PBL II FKM UNHAS Lakukan Pencegahan BBLR melalui Edukasi Door to Door di Desa Coppo Tompong Kabupaten Pangkep

Berita

FKM Unhas Sukses Laksanakan Workshop Tata Kelola Dinas Kesehatan Maluku Tengah

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan HIV/AIDS Melalui Media Poster Untuk Mendukung Tercapainya SDGs 3.3 di Kelurahan Attangsalo

Berita

Penandatanganan IA/MoA Antara Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin dengan Universitas Okayama

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Gizi Seimbang dan Rembuk Stunting di Desa Pamatata, Selayar