Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 13 Juli 2023 - 20:30 WIB

Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas Membantu Masyarakat Dusun Padang-padange Mengadopsi Jamban Sehat dan Hentikan Perilaku BABS

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Dusun Padang-padange, Desa Bulu Cindea – Pada hari Kamis, 13 Juli 2023, Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas yang terdiri dari 15 mahasiswa S1 FKM Unhas, mengadakan penyuluhan mengenai jamban sehat dan menghentikan perilaku buang air besar sembarangan (BABS) di Masjid Nurul Shalihin, Dusun Padang-padange. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja tim yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik sanitasi yang baik.

Dalam penyuluhan tersebut, Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas menjelaskan konsep jamban sehat yang mencakup pembangunan, penggunaan, dan pemeliharaan jamban yang higienis. Mereka juga memberikan informasi tentang bahaya penyakit yang dapat ditularkan melalui perilaku BABS, seperti diare, cacingan, dan penyakit lainnya.

Penyuluhan ini dihadiri oleh sekitar 50 warga desa, anggota BPD dusun Padang-padange, serta tokoh-tokoh masyarakat seperti imam dusun dan bapak rukun kampung. Tujuan utama dari penyuluhan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat Dusun Padang-padange tentang pentingnya memiliki jamban sehat sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI dan dampak negatif dari perilaku BABS terhadap kesehatan dan lingkungan.

Baca Juga  Pelepasan Mahasiswa Program KKN Internasional di Fukuoka dan Internasional Student Exchange di Okayama University, Japan
Doc. Kegiatan Penyuluhan (Istimewa)

Warga Dusun Padang-padange secara aktif berpartisipasi dalam penyuluhan ini, menunjukkan minat yang tinggi dalam memahami konsep jamban sehat dan pentingnya menghentikan perilaku BABS. Beberapa warga bahkan mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait pembangunan jamban sehat di rumah mereka. Selain itu, warga juga menyampaikan kesulitan akses air bersih di dusun mereka, dan mereka berharap kegiatan ini dapat membantu memecahkan masalah tersebut sehingga praktik sanitasi yang baik dapat diterapkan secara berkelanjutan di dusun tersebut.

Selain menggunakan metode penyuluhan, Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas juga menyampaikan pesan promosi jamban sehat dan menghentikan perilaku BABS melalui permainan ular tangga. Permainan ini diikuti secara aktif oleh ibu-ibu dan anak-anak Dusun Padang-padange. Setelah permainan selesai, tim memberikan alat peraga ular tangga kepada pihak Dusun Padang-padange agar pesan informasi mengenai jamban sehat dan stop perilaku BABS dapat terus disampaikan melalui permainan tersebut.

Baca Juga  Seminar Awal Posko 35 PBL II FKM Unhas Desa Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkajene Kepulauan

Bapak Rasdu, anggota BPD Dusun Padang-padange, memberikan apresiasi kepada Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas atas penyuluhan yang telah dilakukan. Ia menyatakan dukungan penuh terhadap upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya jamban sehat dan menghentikan perilaku BABS. Bapak Rasdu juga berharap agar warga desa dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas menyampaikan terima kasih kepada warga Dusun Padang-padange yang hadir dan berpartisipasi aktif dalam penyuluhan dan permainan ular tangga. Mereka berharap informasi yang disampaikan dapat membantu masyarakat Dusun Padang-padange meningkatkan sanitasi rumah tangga dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Diharapkan penyuluhan dan permainan ular tangga mengenai jamban sehat dan menghentikan perilaku BABS di Dusun Padang-padange ini menjadi langkah awal yang signifikan dalam mendorong perubahan perilaku masyarakat terkait sanitasi. Dengan pengetahuan dan kesadaran yang lebih baik, diharapkan Dusun Padang-padange dapat mencapai keadaan yang lebih sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sanitasi yang memadai.

Share :

Baca Juga

Berita

Tim Peneliti Departemen PKIP FKM Unhas Raih Hibah Internal LPPM Unhas untuk Penelitian Kesehatan Mental Pasien TB Komorbid di Makassar

Berita

DOSEN FKM UNHAS GELAR FGD CYBER SAFETY BERSAMA REMAJA

Berita

Optimalkan Lingkungan Hidup: Sosialisasi Efektif Pengelolaan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Melangkah Lebih Jauh dalam Peningkatan Bahasa Inggris Mahasiswa dengan Resmi Membentuk Winslow English Club (WEC)

Berita

Mahasiswa PKIP FKM Unhas Dibekali Keterampilan KAP Sebelum Magang

Berita

MENJAGA KESEHATAN GENERASI MENDATANG, POSKO 21 PBL II FKM UNHAS MENGGELAR PENYULUHAN HIV-AIDS PADA PESERTA POSYANDU MILENIAL DI DESA PUNRANGA

Berita

Kabupaten Maluku Tenggara Tingkatkan Cakupan Imunisasi Melalui Peluncuran Purwarupa di Puskesmas Ngilngof

Berita

Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Cara Telaah Etik Penelitian yang Baik