Home / Uncategorized

Kamis, 4 Juli 2024 - 08:57 WIB

Mahasiswa Posko 31 PBL III FKM Unhas Melaksanakan Evaluasi Intervensi Edukasi Bahaya Gadget pada Anak, Dukung Tujuan SDGs 4

Doc. Evaluasi Intervensi Edukasi Bahaya Gadget pada Anak, Dukung Tujuan SDGs 4 (Istimewa)

Doc. Evaluasi Intervensi Edukasi Bahaya Gadget pada Anak, Dukung Tujuan SDGs 4 (Istimewa)

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) yang tergabung dalam Posko 31 Praktik Belajar Lapangan (PBL) III, kegiatan evaluasi intervensi penyuluhan edukasi bahaya penggunaan gadget pada anak di Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkep sukses dilaksanakan berkat dukungan dari Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D dan dosen supervisor Posko 31, Basir S.KM., M.Sc. Kegiatan ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4, yaitu Pendidikan Berkualitas.

Mahasiswa PBL III Posko 31 FKM Unhas, Aulia Arika Kamaluddin, Tri Anugrah Saputri Janna, Sabrina Salsabila Abdullah, Angelina Toding, Ulfa Amelia Rusli, Andi Mario Buana Subhan, dan Rina Timbang Langi, dibimbing oleh dosen supervisor Basir S.KM., M.Sc., telah melakukan penyuluhan edukasi bahaya penggunaan gadget pada anak di SD Negeri 59 Rea pada PBL II.

Baca Juga  Inovasi Game Tebak Gambar:Posko 15 Attangsalo PBL II FKM Unhas sebagai Media Edukasi Dini HIV/AIDS pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Attangsalo untuk mendukung Pencapaian SDG’s 3

Enam bulan kemudian, hari Senin 01 Juli 2024 mereka melakukan evaluasi untuk mengukur efektivitas intervensi. Evaluasi dilakukan dengan memberikan post-test kepada 14 peserta penyuluhan secara door to door. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan setelah intervensi, meskipun sedikit menurun setelah 6 bulan. Meskipun demikian, pengetahuan peserta tetap berada di atas nilai sebelum intervensi, menunjukkan dampak positif dari program edukasi. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi tentang bahaya penggunaan gadget pada anak perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk memaksimalkan manfaatnya.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Bina Baca Tulis Al-Qur’an Anaka TPA di Desa Kanrung, Sinjai

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4 bertujuan untuk memastikan pendidikan yang berkualitas inklusif dan adil, serta mempromosikan peluang belajar seumur hidup bagi semua. Kegiatan penyuluhan edukasi bahaya penggunaan gadget pada anak oleh Posko 31 PBL III FKM Unhas ini berkontribusi pada pencapaian target tersebut dengan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak-anak tentang bahaya penggunaan gadget yang berlebihan, sehingga mereka dapat menggunakan teknologi dengan lebih bertanggung jawab.

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Inovasi Game Tebak Gambar:Posko 15 Attangsalo PBL II FKM Unhas sebagai Media Edukasi Dini HIV/AIDS pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Attangsalo untuk mendukung Pencapaian SDG’s 3

Uncategorized

PEMBENTUKAN LEMBAGA PENGELOLA LIMBAH MANDIRI (PANGLIMA) OLEH TIM PPK ORMAWA LD AL-‘AAFIYAH UNHAS

Uncategorized

FKM UNHAS SIAP BUKA PROGRAM DOKTOR BERBASIS RISET

Uncategorized

Mahasiswa KKNT Unhas Bina Baca Tulis Al-Qur’an Anaka TPA di Desa Kanrung, Sinjai

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Pendampingan Kader Mengurangi Kejadian Unmet Need Kontrasepsi di Kelurahan Coppo, Barru: Langkah Konkrit Mendukung Pencapaian SDGs 3.1

Uncategorized

SEMINAR AWAL POSKO 13 PBL III FKM UNHAS

Berita

PELANTIKAN DAN RAKERWIL PERSAKMI PENGURUS DAERAH SULAWESI SELATAN TAHUN 2023: PENGUATAN PERAN PERSAKMI ERA TRANSFORMASI KESEHATAN MENUJU SULAWESI SELATAN LEBIH KUAT, TANGGUH, DAN MANDIRI

Uncategorized

Mahasiswa KKNT Unhas Desa Saotengnga, Sinjai, Berikan Pendampingan Uji Laboratorium dan Labelisasi Pupuk Organik