Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 19 Januari 2024 - 22:02 WIB

Atasi Masalah Sampah, Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Demonstrasi Pengolahan Sampah Organik Bagi Ibu PKK Desa Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Doc. Demonstrasi Pengolahan Sampah Organik Bagi Ibu PKK Desa Bantimurung (Istimewa)

Doc. Demonstrasi Pengolahan Sampah Organik Bagi Ibu PKK Desa Bantimurung (Istimewa)

Bantimurung, 19 Januari 2024 – Hari ini, Mahasiswa PBL 2 FKM UNHAS Posko 30, sukses meyelenggarakan kegiatan demonstrasi pengolahan sampah organik dengan metode Takakura kepada Ibu PKK Desa Bantimurung.

Pengolahan sampah organik khususnya sampah rumah tangga masih sangat jarang dilakukan. Masyarakat lebih memilih membuang sampah rumah tangga ke belakang rumah atau diberikan pada hewan. Berdasarkan kondisi tersebut, mahasiswa PBL 2 FKM UNHAS kemudian melakukan intervensi terkait demonstrasi percontohan pengolahan sampah organik atau sampah rumah tangga dengan metode Takakura atau metode pengomposan yang melibatkan fermentasi pada ibu PKK.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 13 ibu PKK Desa Bantimurung yang dilakukan di rumah Kepala Desa Bantimurung. Kegiatan intervensi ini dimulai dengan memberikan gambaran awal terkait Takakura kemudian dlanjutkan dengan praktik pembuatan Takakura yang dilakukan oleh penanggung jawab program. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh ibu PKK dibuktikan dengan keaktifan ibu PKK dalam bertanya terkait metode, kelebihan Takakura, fungsi setiap bahan yang digunakan, serta waktu pengomposan yang dilakukan. Setelah demonstrasi dilakukan, Ibu PKK kemudian diberikan alat dan bahan yang sama untuk mencoba melakukan metode Takakura dari awal pembuatan hingga akhir. Ibu PKK mampu melakukan langkah yang benar dari awal sampai akhir tanpa dipandu oleh penanggung jawab.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Sosialisasi Rabies Secara Door to Door Di Desa Bontosunggu, Selayar

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pemberian leaflet kepada Ibu PKK terkait cara mengelola sampah dengan baik. Pada leaflet itu juga berisi panduan terkait pembuatan Takakura. Sehingga diharapkan leaflet tersebut dapat menjadi bekal ibu PKK sendiri dan juga untuk masyarakat lainnya.

Baca Juga  Mahasiswa Universitas Hasanuddin Gencar Dukung SDGs: Demonstrasi Keselamatan Penggunaan Tabung Gas di Desa Mandalle

Penanggung Jawab kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk upaya untuk mengatasi permasalahan sampah rumah tangga di Desa Bantimurung serta mendukung tercapainya Sustainable Development Goals Poin 12 yakni Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab. Ibu PKK sebagai sasaran dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan untuk memberikan percontohan kepada masyarakat terkait pengolahan sampah melalui pengomposan atau melalui Takakura.

 

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Akhir PBL III di Desa Kassiloe

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan acara Guest Lecture dalam rangka Dies Natalies FKM Unhas ke-41 Tahun 2023 dengan mengangkat tema “Health System Sustainability and Resilience”

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Gerakan Bersih Desa di Pamatata, Selayar

Berita

FKM UNHAS gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni Periode Desember Tahun 2023

Berita

Posko 21 PBL 2 FKM Unhas Menggelar Seminar Akhir PBL 2 : Pemaparan Hasil Intervensi Kesehatan di Desa Punranga

Berita

Pelatihan Pembuatan Filtrasi Air Sederhana sebagai Intervensi Non Fisik untuk Mengatasi Masalah Air Bersih oleh Mahasiswa PBL II FKM Unhas

Berita

Tim Unhas menggelar Pengabdian Masyarakat yang mengusung tema Peningkatan Kapasitas Tata Kelola (Urban Governance) bagi Tim Pembina dan Forum Kabupaten Sehat Pinrang

Berita

Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas mengadakan Workshop MBKM Mandiri dalam rangka Mendukung Implementasi Kurikulum 2023 (K-23)