Home / Berita / Pendidikan / Regional

Selasa, 18 Juli 2023 - 16:44 WIB

Launching Purwarupa: Tingkatkan Cakupan Imunisasi di Puskesmas Ibra, Maluku Tenggara

Doc. Launching Purwarupa (Istimewa)

Doc. Launching Purwarupa (Istimewa)

Pandemik COVID-19 sangat berdampak bagi sistem kesehatan termasuk penurunan angka cakupan imunisasi yang cukup signifikan. Hal ini menjadi salah satu penyebab anak-anak tidak mendapatkan layanan imunisasi.Melalui pendekatan berbasis Human Centered Designed (HCD) Puskesmas Ibra bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara yang berkolaborasi dengan Pemerintah Ohoi Ibra melakukan launching purwarupa.

Kegiatan launching ini dilakukan pada hari Selasa (18/7/2023) bertempat di Posyandu Kirkes Ohoi Ibra dan dihadiri langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Malra, Kepala Ohoi Ibra, Perangkat Ohoi Ibra, Fasilitator HCD Kabupaten Malra,Kepala Puskesmas Ibra Kader Posyandu, PKK, Tim Puskesmas Ibra dan Masyarakat setempat.

Doc. Kegiatan (Istimewa)

“HCD ini diterapkan di Ohoi Ibra karena cakupan di Ohoi Ibra sangatlah rendah untuk itu Puskesmas Ibra menjadi salah satu lokus penerapan HCD, harapannya semoga dengan adanya HCD cakupan imunisasi di Ohoi Ibra bisa meningkat,” jelas Kepala Puskesmas Ibra.

Baca Juga  Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana FKM Unhas Hadirkan Pakar Healthy Cities Dunia dari Korea Selatan

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan aktivitas posyandu sekaligus meresmikan secara simbolik purwarupa yang telah dihasilkan. Purwarupa tersebut seperti BEEN TEMIAR RUBIL (Bermain Busur Panah), MOU bersama Ohoi, SIA-P (Sahabat Ibu Anak dan Patner) dan KIS (Kerabat Imunisasi Sehat). Inovasi yang dihasilkan oleh puskesmas ini diharapkan sudah sesuai dengan keinginan masyarakat dan dapat mendorong peningkatan cakupan imunisasi rutin serta kunjungan ke posyandu di wilayah kerja Puskesmas Ibra.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan bagian dari Implementasi Human-Centered Design (HCD) pada tiga kabupaten/kota di Provinsi Maluku. Implementasi HCD ini didampingi oleh Pusat Studi Kota Sehat Indonesia atau Center for Indonesian Healthy Cities Studies (CIHCS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan UNICEF.

Baca Juga  Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Besar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Menurut Muhammad Rachmat, perwakilan CIHCS FKM Unhas, setiap pihak perlu mengambil peran dalam meningkatkan cakupan imunisasi rutin wajib di Indonesia. Vaksinasi merupakan salah satu intervensi kesehatan yang lebih murah dan lebih efektif. “Dari banyak penyakit ada beberapa di antaranya yang sudah secara pasti bisa kita cegah dengan imunisasi atau vaksinasi yang biasa disebut PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi), tutup Muhammad Rachmat yang merupakan dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Posko 29, Laksanakan Seminar Akhir PBL II di Kantor Desa Tamarupa

Berita

“Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Siswa SMP Cegah Pernikahan Anak di Kabupaten Kepulauan Selayar

Berita

Berkah Ramadan, Prodi S2K3 FKM Unhas Raih Predikat Unggul

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Penyuluhan dan Pembagian Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Yayasan Kesmas Sahabat Dhuafa Wisuda 10 Santri RQSD Putri Angkatan I dan Terima 6 Santri Baru Angkatan II

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Perkenalkan Makanan Kaya Zat Besi dan Cara Pencucian Luka Gigitan Anjing di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Pemberian edukasi mengenai HIV/AIDS melalui metode nonton bareng yang di lakukan oleh mahasiswa PBL 2 posko 27 Desa Mandalle

Berita

Peserta Training of Trainer KAP Unicef Indonesia Lakukan Praktik Lapangan